Comscore Tracker

DPW PAN Kalbar Usung Erick Thohir- Zulkifli Hasan Jadi Capres 2024

PAN telah bergabung Koalisi Indonesia Bersatu

Jakarta, IDN Times - DPW Partai Amanat Rakyat (PAN) Kalimantan Barat (Kalbar) sukses menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda), di antara hasilnya mengusulkan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, dan Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan (Zulhas) dicalonkan sebagai bakal calon presiden pada Pilpres 2024.

“Kami telah melakukan Rakerda se-Kalbar dan dari daerah mengerucut kedua nama capres,” ujar Sekretaris DPW PAN Kalbar, Zulfydar Zaidar Mochtar, dalam keterangan tertulis, Sabtu, 2 Juli 2022.

Dalam Rakerda yang dihadir Ketua DPW PAN Kalbar, Boyman Harun, serta sejumlah partai dari KIB di daerah, yang juga membahas program internal partai dan persiapan Pemilu 2024.

Baca Juga: Arus Bawah PAN Usung Erick Thohir-Zulhas di Pilpres 2024

1. Usulan dua nama berasal dari akar rumput

DPW PAN Kalbar Usung Erick Thohir- Zulkifli Hasan Jadi Capres 2024Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Zulfydar mengatakan usulan itu memang berasal dari bawah dan kader juga menyerap aspirasi, keinginan, dan kemauan masyarakat. Ia menyebut usulan yang ada dari Rakerda memang tidak dibatasi dan sesuai keinginan dari bawah. Hal itu akan dibawa kembali ke Rakerwil PAN Kalbar yang akan digelar pada Juli 2022.

“PAN menganut aspirasi dari bawah. Hasil Rakerda dibawa ke Rakerwil PAN Kalbar. Setelah itu disampaikan ke Rakernas yang rencananya digelar pada Agustus 2022,” ucap dia.

2. PAN Kalbar mulai persiapan Pilpres dan Pileg 2024

DPW PAN Kalbar Usung Erick Thohir- Zulkifli Hasan Jadi Capres 2024Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan atau Zulhas saat berpidato dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) II PAN, Selasa (31/8/2021). (dok. PAN)

Terkait Pilpres 2024, PAN Kalbar yang menjadi bagian Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) terus memperkuat dan menjalin silaturahmi, serta komunikasi politik. Hal itu untuk memastikan agar dari pusat dan daerah, KIB terus bergerak dan kuat.

Selain soal Pilpres, PAN Kalbar juga tengah menyiapkan pemilihan legislatif (Pileg). Bahkan nama-nama sudah masuk untuk berlaga di tingkat kabupaten hingga pusat.

“Persiapan politik untuk Pilpres dan Pileg 2024 makin dimaksimalkan. Bahkan untuk saksi juga sudah digarap,” ujar Zulfydar.

Baca Juga: Elite PPP: Prabowo dan Cak Imin Tak Mungkin Diusung KIB

3. PAN telah bergabung dengan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB)

DPW PAN Kalbar Usung Erick Thohir- Zulkifli Hasan Jadi Capres 2024Ketua Projo Budi Arie Setiadi (pojok kanan) menghadiri pertemuan Koalisi Indonesia Bersatu di Jakarta, Sabtu (4/6/2022). (IDNTimes/Melani Putri)

Diketahui, PAN kini telah menjadi bagian dari pendukung pemerintah Presiden Joko Widodo. Partai yang diketuai Zulkifli Hasan itu juga sudah bergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang terdiri dari Partai Golkar, PPP, dan PAN.

Kendati, KIB hingga kini belum mendaklarasikan bakal pasangan capres-cawapres untuk Pilpres 2024. Golkar sendiri akan mendorong ketua umumnya, Airlangga Hartarto, sebagai bakal capres.

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya