Megawati Ingin Bangun Kantor PDIP di 4 Titik Perbatasan RI

Kantor partai dinilai simbol eksistensi dan kedaulatan

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri, menginginkan pembangunan kantor partai di empat titik perbatasan Indonesia.

"Beliau (Megawati) berharap di Sabang, Merauke, Miangas, dan Pulau Rote, empat titik pulau terluar dan perbatasan kita dapat berdiri kantor partai sebagai pusat pengorganisasian kegiatan partai. Kantor partai harus jadi rumah rakyat, pusat pembangunan strategi, rekrutmen, dan pelatihan calon pemimpin kita," kata Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto, saat peletakan batu pertama kantor PDIP Kota Sabang, dilansir ANTARA, Sabtu (24/9/2022).

Baca Juga: Demokrat Tuding Utusan Jokowi Incar Wagub, PDIP: Isu Orang Frustasi

1. Kantor partai merupakan simbol eksistensi dan kedaulatan partai

Megawati Ingin Bangun Kantor PDIP di 4 Titik Perbatasan RIKetum PDIP Megawati Soekarnoputri, Ketua DPP PDIP Puan Maharani, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto berfoto bersama awak media di hari terakhir rakernas. (dok. PDIP)

Menurut Hasto, kantor partai merupakan simbol eksistensi dan kedaulatan partai. Dia pun menceritakan bagaimana ketika Orde Baru berusaha mengganggu kedaulatan partai, dimana terjadi penyerangan kantor PDI pada 27 Juli 1996.

"PDI Perjuangan dan masyarakat Aceh ini kan sama-sama korban Orde Baru," ujarnya.

Dengan pembangunan kantor partai itu, PDIP berharap semakin memotivasi kader partai kepala banteng moncong putih itu dari Sabang sampai Merauke, untuk semakin memperkuat kehadiran di tengah rakyat.

Menurut Hasto, senjata paling baik dalam politik adalah turun ke rakyat dan menyatu dengan rakyat.

"Itu senjata paling hebat. Ketua DPC Sabang tak perlu khawatir soal berpidato. Yang penting pendekatan ke rakyat. Berkomunikasi dengan rakyat adalah yang utama. Jika ada rakyat sedih karena keluarganya meninggal, maka langsung datang membantu apa yang bisa dibantu," ucapnya.

2. Kader PDIP diharapkan semakin bergotong royong dengan rakyat

Megawati Ingin Bangun Kantor PDIP di 4 Titik Perbatasan RIKetua Umum PDIP Megawati Seokarnoputri dan sejumlah kader PDIP. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Karena itu, kata Hasto, perlunya memperkuat semangat gotong royong dan mendekat kepada rakyat, melakukan kerja kerakyatan, membahasakan seluruh ideologi partai dan pemikiran Bung Karno dengan bahasa serta perilaku yang dipahami rakyat.

Hasto berharap kantor partai yang baru di Sabang akan memperkuat optimisme kader partai untuk semakin bergotong royong dengan rakyat.

"Terus berjuang dengan penuh keyakinan tanpa pernah mengenal lelah. Terus pererat persahabatan dengan partai lokal di Aceh dan membangun kesepahaman bersama mereka," kata Hasto.

Baca Juga: Demokrat Minta Hasto PDIP Berhenti Sebar Hoaks Soal SBY

3. DPC PDIP siap menangkan Kota Sabang

Megawati Ingin Bangun Kantor PDIP di 4 Titik Perbatasan RIKetua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri beserta elite PDIP. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Pada kesempatan yang sama, Ketua DPD PDIP Provinsi Aceh, Muslahuddin Daud, mengatakan kader PDIP di provinsi paling barat Indonesia itu menampilkan semangat serta wajah baru.

"Dari ujung barat Indonesia ini kita bangun agar partai kita betul-betul punya peran signifikan dalam mengorganisasikan rakyat di Aceh. Kita ambil roh dan semangat yang selalu dikobarkan Ibu Ketua Umum dan Pak Sekjen, sehingga menjadi spirit kita bersama untuk semakin rajin turun ke masyarakat dan membantu mencari solusi atas permasalahan rakyat. Tiada hari, tiada henti turun ke rakyat," kata Muslahuddin.

Sementara itu, Ketua DPC PDIP Kota Sabang, Azharuddin, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Hasto atas kehadirannya di Sabang. "Semoga perjuangan kami berhasil di Sabang, memenangkan PDI Perjuangan di Kota Sabang," kata dia.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya