Namanya Masuk di TPS 10 Mlatiharjo, Mendagri Berkunjung ke Semarang

#Pilkada2018 Kok bisa sih?

Jakarta, IDN Times - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mendatangi tempat pemungutan suara (TPS) 10 Mlatiharjo, Semarang Timur, Jawa Tengah, untuk meminta pencabutan setelah mendapat informasi namanya masih tercantum dalam daftar pemilih tetap (DPT) Pilkada Jawa Tengah 2018.

"Untung nya saya dapat informasi itu dan proaktif mendatangi TPS tersebut bersama Ketua Bawaslu Pusat (Abhan), dan dicabut nama saya di DPT itu, serta memastikan (Formulir C-6) tidak dipakai)," kata Tjahjo di Semarang, seperti dilansir kantor berita Antara, Rabu (27/6).

1. Penyebab terdaftar di TPS Semarang 

Namanya Masuk di TPS 10 Mlatiharjo, Mendagri Berkunjung ke SemarangIDN Times/Reza Iqbal

Menurut Tjahjo hal itu bisa terjadi karena Komisi Pemilihan Umum (KPU) tidak menggunakan data daftar penduduk potensial pemilih pemilu (DP4) untuk menetapkan DPT, sehingga Mendagri yang sudah memiliki KTP Jakarta masih tercatat di DPT Pilkada Jateng 2018.

"KPU tidak pakai data DP4 Kemendagri yang diserahkan ke KPU, padahal di aplikasi KPU data saya di TPS Semarang, tempat tinggal saya yang lama. NIK saya sudah pindah Jakarta dan saya ber-KTP Jakarta," kata Tjahjo.

2. Menggunakan data Pileg 2014

Namanya Masuk di TPS 10 Mlatiharjo, Mendagri Berkunjung ke SemarangIDN Times/Abraham Herdyanto

Mendagri menyayangkan kinerja KPU yang menentukan DPT tidak berdasarkan data DP4, melainkan menggunakan data DPT pada saat Pemilu 2014.

"Sayangnya KPU tidak pakai data NIK DP4 Kemendagri, tapi masih ada yang pakai data DPT Pileg 2014. Masalah sudah dicatat langsung oleh Ketua Bawaslu dan akan ditanyakan ke KPU," ujar dia.

3. Pilkada Jateng

Namanya Masuk di TPS 10 Mlatiharjo, Mendagri Berkunjung ke SemarangANTARA FOTO/R. Rekotomo

Pilkada Jateng diikuti dua pasangan calon yakni Ganjar Pranowo-Taj Yasin Maimoen dan Sudirman Said-Ida Fauziyah.

Berdasarkan situs resmi KPU, hampir 27 juta pemilih atau sekitar 26.442.514 terdiri dari 13.153.696 laki laki dan 13.288.818 perempuan. Sekitar 69.827 TPS akan disediakan KPU untuk memeriahkan pesta demokrasi di Jawa Tengah.

KPU juga menyasar pemilih muda. Pada Pilkada serentak 2018 di Jawa Tengah, tercatat ada pemilih pemula laki-laki 743.192 orang dan pemilih pemula perempuan 708.076 orang. Total jumlah pemilih pemula di Jateng 1.451.268 orang.

Ganjar-Yasin mendapat restu dari PDIP, PPP, Demokrat, Nasdem dan Golkar dan mendapatkan nomor urut 1. Sementara Sudirman-Ida diusung oleh Gerindra, PKB, PKS dan PAN memperoleh nomor urut 2.  

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya