Potret Kesenjangan Banjir di Jakarta Jadi Perbincangan di Twitter

Banjir mengepung Jakarta dan sekitarnya

Jakarta, IDN Times - Banjir yang melanda hampir seluruh wilayah Jakarta pada awal 2020, menjadi perhatian serius bagi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Ibu kota nyaris lumpuh akibat bencana tahunan ini, karena permukiman hingga jalanan terendam banjir.

Di tengah ramainya banjir yang melanda Jakarta di media sosial, muncul potret yang ramai diperbincangkan warganet di Twitter. Foto tersebut menunjukkan kesenjangan mencolok antara kompleks elite dengan perumahan biasa di kawasan Jakarta Pusat.

Foto tersebut pertama kali diunggah pemilik akun @hhaanniiyy pada Rabu (1/1) pukul 10.57 WIB. Hingga pukul 15.15 WIB, unggahan foto tersebut sudah mendapat 3,7 ribu dan 4,5 ribu retweets.

Dalam unggahan foto tersebut, pemilik akun @hhaanniiyy menuliskan kalimat yang menunjukkan kesenjangan di Jakarta benar-benar nyata. "Jika Anda berpikir kesenjangan itu tidak nyata, pikirkan lagi," cuit @hhaanniiyy dengan berbahasa Inggris.

Dari foto yang diunggah menunjukkan ada sebuah kompleks permukiman mewah dengan kolam renang yang berwarna kehijauan, sementara di sekitarnya dikelilingi banjir. Terlihat juga sebuah masjid yang berdiri megah di antara banjir di permukiman warga.

Potret Kesenjangan Banjir di Jakarta Jadi Perbincangan di Twitter(Google Map)

Sementara, dari hasil penelusuran IDN Times di Google Map, lokasi foto banjir tersebut berada di Jalan Karet, H Abdul Jalil, RT.10 RW 09, Karet Tengsin, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Warganet menanggapi foto ini dengan beragam komentar. Ada yang berusaha menjelaskan letak lokasi banjir tersebut. Ada juga warganet yang menanggapi dengan komentar lucu seperti pemilik akun @indahsiha.

"Anda tinggal pilih saja, modern swimming pool atau traditional swimming pool," cuit pemilik akun @indahsiha yang membalas komentar to@hhaanniiyy dan
@BiLLYKHAERUDIN.  

Komentar lucu juga diunggah pemilik akun @sofiaazzahria yang menyebut hidup ini tidak adil. "Hidup memang tidak adil, jadi biasakanlah -Patrick Star-," cuit dia di kolom komentar.

Pemilik akun @felicious_felix juga tak kalah lucu mengomentari unggahan foto ini, "Untung gw pernah kuliah di UI yg udah ngasih tau realita ketimpangan berdasarkan parkiran kendaraan, jadi pas ngeliat kehidupan pasca kampus tidak kaget lagi 😬."

Ada juga warganet yang menanggapi dengan bijak, seperti komentar @yourshippou. "I see it as mana yg dibangun dengan perencanaan yg baik dan mana yg tidak."

Ada juga komentar bernada sindiran, seperti yang diungkapkan @wirianto_pw.
"Alhamdulilah, swimming pool skrg tidak hanya bisa dinikmati oleh orang berduit saja, namun semua warga bisa menikmatinya. Terima kasih bapak @aniesbaswedan, skrg tidak ada lagi kebe RP ihakan 🙏👍."


Baca Juga: [FOTO] Mobil-mobil yang Terjebak Banjir di Jakarta dan Kota Sekitarnya

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya