Presiden PKS Beri Sinyal Dukung Pasangan Anies-AHY pada Pilpres 2024

PKS belum tahu sosok bakal cawapres Anies

Jakarta, IDN Times - Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Ahmad Syaikhu, memberi sinyal menyetujui duet antara Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), sebagai pasangan capres dan cawapres pada Pilpres 2024.

Menurut Syaikhu, AHY merupakan sosok yang banyak memiliki pengalaman. Putra sulung mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu belasan tahun berkarier di dunia militer, hingga terjun ke dunia politik sebagai calon gubernur pada Pilkada DKI Jakarta 2017. Selain itu, AHY juga tengah menjabat Ketua Umum Partai Demokrat.

"AHY seperti yang saya katakan, sosok yang sudah tertempa dengan berbagai pengalaman, dan ini membuat dia semakin matang, sehingga insyaallah kita juga optimis dengan perjalanan hidup beliau," ujar dia usai peluncuran buku Tetralogi Transformasi AHY di Djakarta Theater, Jakarta, Kamis (10/8/2023) malam.

Baca Juga: AHY di Mata Anies Baswedan: Sosok yang Mau Mendengarkan

1. PKS belum tahu sosok pendamping Anies

Presiden PKS Beri Sinyal Dukung Pasangan Anies-AHY pada Pilpres 2024Anies Baswedan (Dok. Tim Gubernur DKI Jakarta)

Syaikhu mengatakan PKS telah memandatkan Anies untuk menentukan cawapres pendampingnya pada Pilpres 2024. Selain PKS, dua partai politik pendukung Anies lainnya, yaitu NasDem dan Demokrat, juga menyerahkan keputusan final penentuan cawapres ke Anies.

Menurut Syaikhu ketiga partai pendukung pencapresan Anies hanya memberikan masukan-masukan dalam penentuan cawapres. Untuk itu, dia juga menyatakan tak tahu kapan secara pasti cawapres Anies akan diumumkan.

"Pak Anies akan memberikan pernyataan kapan akan diputuskan (cawapres). Kami hanya memberikan pertimbangan-pertimbangan," katanya.

2. PKS optimistis Anies pilih cawapres terbaik

Presiden PKS Beri Sinyal Dukung Pasangan Anies-AHY pada Pilpres 2024Ilustrasi - Presiden PKS Ahmad Syaikhu dan Sekjen PKS Habib Aboe Bakar membacakan ikrar PKS saat rakernas di Jakarta Pusat, Selasa (21/6/2022). (IDN Times/Melani Putri)

Syaikhu optimistis Anies akan memilih cawapres yang terbaik agar bisa memenangkan Pilpres 2024. PKS mempercayakan pada Anies sepenuhnya soal calon pendamping.

"Kami juga melihat Pak Anies menjadi pribadi yang matanglah. Kapan kami mengumumkan, siapa orangnya, saya kira kami percayakanlah sepenuhnya dengan Pak Anies," ucap dia.

3. KPU segera buka pendaftaran capres-cawapres

Presiden PKS Beri Sinyal Dukung Pasangan Anies-AHY pada Pilpres 2024Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia. (IDN Times/Ilyas Mujib)

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan jadwal tahapan Pemilu 2024. Sesuai tahapan, pendaftaran bakal calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) dijadwalkan mulai 19 Oktober hingga 25 November 2023.

Saat ini, ada tiga bakal capres yang muncul jelang Pemilu 2024, mereka adalah Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto. Ketiganya belum memiliki bakal cawapres  hingga kini.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya