SKD di Beberapa Daerah Dijadwal Ulang akibat Gangguan Jaringan Laut

BKN sudah koordinasi dengan PT Telkom

Jakarta, IDN Times - Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara (BKN) Satya Pratama mengatakan, lembaganya akan menjadwal ulang pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS, 20-21 September 2021, di sejumlah titik lokasi akibat gangguan jaringan internet.

"Untuk sejumlah wilayah yang terdampak, BKN akan menjadwalkan ulang pelaksanaan SKD," kata Satya dilansir ANTARA, Selasa (21/9/2021).

Baca Juga: SKD CPNS 2021 Sempat Tertunda Gegara Server Cloud Alami Gangguan

1. Titik lokasi yang terdampak gangguan

SKD di Beberapa Daerah Dijadwal Ulang akibat Gangguan Jaringan LautIlustrasi tes CPNS (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)

Titik lokasi yang terdampak adalah titik lokasi Mandiri BKN Balikpapan untuk instansi Kejaksaan Agung dan instansi Kementerian Pertanian. Beberapa titik lokasi Mandiri Instansi Daerah juga terdampak gangguan teknis.

"Kedua instansi tersebut (Kejaksaan Agung dan Kementerian Pertanian) dapat mempublikasikan kembali jadwal ulang sesuai dengan waktu yang diberikan BKN," ucap Satya.

Sementara, bagi titik lokasi Mandiri Instansi Daerah, kata Satya, dapat segera bersurat ke BKN agar penjadwalan ulang, setelah berkoordinasi dengan kepala kantor regional BKN setempat.

2. Gangguan teknis akibat jaringan bawah laut

SKD di Beberapa Daerah Dijadwal Ulang akibat Gangguan Jaringan LautIlustrasi laut (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)

Adapun gangguan teknis yang mengganggu pelaksanaan SKD adalah gangguan pada sistem komunikasi kabel bawah laut yang melalui Pulau Jawa, Sumatra, dan Kalimantan, ruas Batam-Pontianak, Minggu (19/9/2021) mulai pukul 17.33 WIB.

Gangguan tersebut telah dikonfirmasi dalam keterangan resmi PT Telkom Group, dan berdampak pada penurunan kualitas layanan ISP PT Telkom Group di beberapa wilayah di Indonesia.

3. BKN meminta PT Telkom menambah kapasitas dan mempercepat pemulihan jaringan

SKD di Beberapa Daerah Dijadwal Ulang akibat Gangguan Jaringan LautDirektur Network & IT Solution Telkom Herlan Wijanarko (kiri) melakukan peninjauan infrastruktur jaringan akses Telkom. Dok.Telkom

Satya mengatakan BKN telah meminta PT Telkom untuk menambah kapasitas dan mempercepat pemulihan jaringan.

"BKN mengambil langkah mitigasi berupa pemanfaatan koneksi jaringan dari provider lain, sebagai alternatif pada beberapa titik lokasi SKD yang memungkinkan," ucap dia.

Titik lokasi Mandiri Instansi diharapkan dapat menyiapkan provider internet lain yang dapat digunakan sewaktu-waktu, jika provider utama mengalami gangguan. Antisipasi ini sudah diimplementasikan di sejumlah titik lokasi Mandiri BKN yang tersebar di 13 kota.

"BKN juga akan terus melakukan monitoring dan koordinasi terkait dengan perkembangan pemulihan jaringan oleh PT Telkom Group," kata Satya.

Baca Juga: 2500 Peserta Ujian SKD CPNS Tulungagung Berebut 171 Formasi

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya