Timika Jadi Wilayah Paling Aman di Papua, TNI Siagakan 300 Prajurit

HUT ke-74 TNI di Timika digelar sederhana

Jakarta, IDN Times - Komandan Brigade Infantri 20 Ima Jaya Keramo/Divisi 3 Kostrad Kolonel Inf Charles Sagala mengatakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di Timika, merupakan di antara wilayah paling kondusif di Papua saat ini.

"Di antara seluruh wilayah di Papua, Timika yang paling kondusif. Ini berkat kerja keras kewilayahan, dalam hal ini Polres dan Kodim 1710 Mimika, dan didukung oleh unsur-unsur TNI dan Polri yang lain seperti Lanud, Lanal, Satuan Radar, Detasemen Kaveleri 3, Batalyon 754 ENK, Batalyon B Brimob Polda Papua, serta peran serta pemerintah daerah dan masyarakat Mimika," kata Sagala di Timika, Sabtu (5/10).

Selaku unsur pimpinan satuan TNI jabatan tertinggi di Timika, Kolonel Sagala bertindak sebagai inspektur upacara saat upacara peringatan HUT Ke-74 TNI di Lapangan Timika Indah, Sabtu pagi.

Baca Juga: Panglima TNI dan Sejumlah Menteri Akan Segera Kunjungi Wamena

1. TNI berusaha menjaga keamanan agar kerusuhan tidak sampai ke Timika

Timika Jadi Wilayah Paling Aman di Papua, TNI Siagakan 300 PrajuritANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Brigif 20 IJK kini menyiapkan pasukan TNI dengan kekuatan tiga Satuan Setingkat Kompi (SSK) atau berjumlah 300 prajurit, untuk mengantisipasi kemungkinan terjadi peningkatan eskalasi keamanan di wilayah Timika.

"Yang jelas kami semua berupaya agar kerusuhan tidak sampai menjalar ke Timika. Dengan segala upaya kita akan mencegah itu. Hal itu juga merupakan perintah langsung oleh Panglima Divisi 3 Kostrad kepada kami," tutur Sagala, seperti dilansir kantor berita Antara.

2. Keamanan di Timika terjaga berkat kerja sama semua pihak

Timika Jadi Wilayah Paling Aman di Papua, TNI Siagakan 300 PrajuritANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Sagala berharap semua pihak mendukung terwujudnya situasi kamtibmas di Timika yang aman, damai, dan kondusif, agar semua warga masyarakat bisa beraktivitas secara bebas tanpa rasa takut dan khawatir dengan keamanan serta keselamatan mereka.

Situasi kamtibmas di Timika yang kondusif itu, kata dia, juga berkat sinergitas yang baik antara jajaran TNI dengan Kepolisian setempat, sebagai satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.

3. Prajurit TNI harus bekerja profesional

Timika Jadi Wilayah Paling Aman di Papua, TNI Siagakan 300 PrajuritANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Pada perayaan HUT TNI, Sagala berpesan, agar prajurit TNI di wilayah Timika menjadi prajurit TNI yang profesional, menjadi kebanggaan rakyat, serta mampu melaksanakan tugas dengan penuh dedikasi dan tanggung jawab demi tegaknya kedaulatan NKRI.

4. Peringatan HUT ke-73 TNI di Timika digelar sederhana

Timika Jadi Wilayah Paling Aman di Papua, TNI Siagakan 300 PrajuritANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Upacara peringatan HUT ke-74 TNI di Timika tahun ini dilaksanakan secara sederhana, tanpa atraksi tambahan seperti tahun-tahun sebelumnya.

Menurut Sagala, perayaan HUT TNI yang sederhana kali ini merupakan cerminan jiwa prajurit TNI, yang mengutamakan kesederhanaan dan agar lebih berbaur dengan rakyat.

Baca Juga: Kisah Heroik Pierre Tendean dalam Misi Intelijen ke Malaysia

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya