UIII Terima 228 Mahasiswa Baru dari 23 Negara

UIII mulai tahun akademik 2023

Jakarta, IDN Times - Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) menerima 228 mahasiswa yang berasal dari 23 negara, untuk Tahun Akademik 2023-2024. Mereka merupakan mahasiswa megister dan doktoral.

Secara rinci, terdapat 175 mahasiswa program magister yang diterima di tujuh program studi dari empat fakultas di UIII. Selain itu, UIII juga menerima 53 mahasiswa program doktoral untuk keempat fakultas tersebut.

1. Mahasiswa diminta berinteraksi dengan berbagai kalangan

UIII Terima 228 Mahasiswa Baru dari 23 NegaraRektor Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) Prof. Komaruddin Hidayat (IDN Times/Rochmanudin)

Dalam sambutannya, Rektor UIII, Prof. Komaruddin Hidayat, mengucapkan selamat kepada mahasiswa baru yang akan memulai studinya di UIII. Ia mengungkapkan sebagai mahasiswa UIII, mereka akan memulai perjalanan yang lebih bermakna yang akan membuka pintu menuju dunia yang lebih kompleks.

“Jadi, pembelajaran melampaui ruang kelas. Manfaatkan kesempatan untuk bersosialisasi, berteman, dan berinteraksi dengan orang-orang dari berbagai lapisan masyarakat," ujar Komaruddin, dalam sambutan acara Academic Convocation:
Pembukaan Kuliah Program Magister dan Doktoral Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) Tahun Akademik 2023, Depok, Senin (25/9/2023).

"Rangkullah kebijaksanaan multikulturalisme, karena dalam keberagaman kita menemukan kekuatan. Selain dengan kalangan akademisi, kami juga mendorong Anda untuk aktif terlibat dengan komunitas, dan untuk belajar berinteraksi dengan individu dari berbagai latar belakang,” sambungnya.

Baca Juga: Sambut Mahasiswa Baru, JK Dorong UIII Ciptakan Pemuda Islam Moderat

2. Mahasiswa diminta mengembangkan ide-ide baru

UIII Terima 228 Mahasiswa Baru dari 23 NegaraKampus Universitas Islam Internasional Indonesia di Cisalak, Cimanggis, Depok, Jawa Barat. (IDN Times/Rochmanudin)

Komaruddin juga mendorong mahasiswa baru UIII untuk terus mengembangkan ide-ide baru dan terus berpikir secara terbuka dalam mengejar pengetahuan terbaru. Menurut dia, sebagai mahasiswa pasca-sarjana, mereka akan mempunyai peran yang dalam, terutama dalam bidang studi masing-masing.

“Ingatlah bahwa perjalanan yang Anda jalani hari ini bukanlah perjalanan yang Anda lakukan sendiri. Anda bergabung dengan komunitas cendekiawan, pemikir dan pemimpi yang berkomitmen untuk memberikan dampak positif bagi dunia. Rangkullah perjalanan ini, karena ini adalah jalan menuju pertumbuhan pribadi dan kolektif,” kata dia.

3. Jusuf Kalla berharap tumbuh mahasiswa moderat untuk perdamaian dunia

UIII Terima 228 Mahasiswa Baru dari 23 NegaraJusuf Kalla saat menghadiri acara Academic Convocation 2023, Kampus UIII, Depok, Jawa Barat, Senin (25/9/2023). (IDN Times/Rochmanudin)

Pada kesempatan sama, Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) UIII, Muhammad Jusuf Kalla, berharap mahasiswa UIII dapat menjawab harapan Indonesia dan umat muslim dunia, akan terwujudnya generasi muda Islam yang moderat dan bermanfaat dalam peningkatan kesejahteraan serta perdamaian dunia. 

"Universitas ini didirikan untuk generasi muda Islam di mana pun, untuk membangun, mengamalkan Islam yang moderat, wasathiyah, hingga penuh dengan kedamaian dan hingga kita menciptakan dunia yang baik. Karena tidak ada negara yang maju dengan hanya ilmu dan agama, tapi negara maju tidak ada yang damai tanpa agama," kata Wakil Presiden RI 2004-2009 dan 2014-2019 itu.

Baca Juga: 5 Hal tentang UIII yang Punya 11 Program Unggulan

4. UIII memulai tahun akademik 2023

UIII Terima 228 Mahasiswa Baru dari 23 NegaraGedung Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) di Cisalak, Depok, Jawa Barat. (IDN Times/Rochmanudin)

Diketahui, Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) menyelenggarakan Academic Convocation ketiga, Senin (25/9/2023). Acara ini secara resmi dibuka Rektor UIII, Prof. Komaruddin Hidayat, dilanjutkan dengan sambutan Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) UIII, Muhammad Jusuf Kalla. Acara ini dihadiri seluruh civitas akademika UIII.

Acara ini merupakan acara tahunan untuk penerimaan mahasiswa baru UIII yang akan mulai berkuliah di semester ini. Sebelumnya pada 31 Agustus 2023, UIII telah mewisuda 72 lulusan program magister pertamanya.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya