Dua Pejabat Ombudsman yang Positif COVID-19 Dinyatakan Sembuh

14 hari dirawat di RS Bhayangkara Brimob Depok

Depok, IDN Times - Dua pejabat negara yang sebelumnya menjalani perawatan beberapa hari di Rumah Sakit Bhayangkara Brimob, Depok, Jawa Barat, karena terinfeksi COVID-19 dinyatakan pulih dan keduanya pun kini telah diizinkan pulang pada Rabu, (8/4). Diketahui, mereka adalah komisioner di Ombudsman Republik Indonesia.

“Wakil Ketua Ombudsman Lely Pelitasari Soebekty dan anggota Ombudsman Ninik Rahayu kini telah dinyatakan sembuh,” kata Wakil Direktur RS Brimob Bhayangkara, Komisaris Polisi dr Arinando dalam keterangan tertulisnya, Rabu.

Meski sudah dinyatakan sembuh, proses tracing masih berlangsung, sehingga belum bisa dipastikan di mana kedua pejabat itu terinfeksi virus corona. Kendati demikian, salah satu pejabat sempat menuturkan ke mana saja ia bepergian selama 14 hari sebelum terkonfirmasi positif.  

1. Sempat sambangi rumah sakit dan rapat dengan orang yang baru pulang dari luar negeri

Dua Pejabat Ombudsman yang Positif COVID-19 Dinyatakan SembuhWakil Kepala Rumah Sakit Bhayangkara Brimob, dr. Arinando (IDN Times/Rohman Wibowo)

Sebelum menjalani perawatan intensif di rumah sakit, Lely mengaku sempat berpergian ke beberapa tempat, bahkan berulang kali menyambangi tempat di mana virus berpotensi tersebar.

“Kalau dihitung mundur 14 hari sebelum saya dinyatakan positif, saya melakukan perjalanan ke daerah 1 kali, kunjungan ke rumah sakit sebanyak 7 kali,” ucap Lely.  

Dugaan terpapar karena imported case pun berpotensi besar mengingat yang bersangkutan memilki riwayat kontak dengan orang asing.

“Saya juga pernah satu kali rapat dengan orang yang baru pulang dari luar negeri,” kata Wakil Ketua Ombdusman itu.

Baca Juga: Dua Pejabat Negara Positif COVID-19 Dirawat di RS Bhayangkara Depok

2. Sempat isolasi mandiri di rumah sebelum dilarikan ke rumah sakit

Dua Pejabat Ombudsman yang Positif COVID-19 Dinyatakan SembuhIDN Times/Dini Suciatiningrum

Lely mengaku beberapa hari sebelum dinyatakan positif, sempat menjalani karantina mandiri di kediamannya.

“Isolasi yang saya lakukan di RS Bhayangkara Brimob Kelapa Dua, setelah 2 hari sebelumnya saya melakukan isolasi mandiri,” tuturnya.

Kendati virus yang cukup berbahaya ini menggerogoti tubuh, dia mengaku selama di ruang isolasi tak merasa kesepian, karena setiap waktu diisi rutinitas seperti sedia kala, termasuk mengurusi pekerjaan.

“Seakan akan tidak seperti di RS, kecuali yang membedakan adalah ada visit dokter. Saya tetap melakukan olahraga, kegiatan rutin keagamaan, berkoordinasi dengan teman-teman kantor sebatas yang bisa saya lakukan, layaknya kerja dari rumah seperti anjuran pemerintah,” ujar dia.

3. Sempat dirawat di RSPAD Gatot Soebroto

Dua Pejabat Ombudsman yang Positif COVID-19 Dinyatakan SembuhIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Dalam ruang isolasi di rumah sakit naungan itu, dia tak sendiri karena sejawatnya ikut dirawat dalam ruang yang sama.

“Saya tetap senda gurau dengan teman sekamar yang kebetulan rekan sejawat dari Ombudsman,” kata Lely.

Untuk diketahui, Humas RS Bhayangkara Brimob, AKP Daru, menyebut kedua pejabat yang bertugas di Lembaga Negara yang berwenang mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik itu, sebelumnya dirawat di RSPAD Gatot Soebroto.  

“Pindahnya ke RS Brimob karena sesuai dengan kemauan mereka sendiri. Mungkin karena lebih dekat dengan lokasi rumah yang bersangkutan,” ucapnya saat dihubungi di hari sama.  

Baca Juga: Pejabat Pemkot Makassar Meninggal Berstatus PDP COVID-19

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya