Comscore Tracker

Protes Raja Salman, Sejumlah Aktivis Ditangkap Polisi

Aksi mereka dibubarkan paksa oleh polisi

Tak semua orang Indonesia mengelu-elukan Arab Saudi dan Raja Salman. Di antara yang tak terkesan dengan kedatangan Raja Salman adalah sejumlah aktivis buruh migran. Mereka memutuskan untuk melakukan aksi demonstrasi di sekitar Kedutaan Besar Arab Saudi di Jakarta. Para aktivis tersebut memprotes lemahnya perlindungan TKI di Arab Saudi. Sayangnya, meski telah mendapat izin dan tak ada aksi kekerasan, polisi membubarkan mereka secara paksa.

Para aktivis yang melakukan aksi diam menuntut Arab Saudi membebaskan TKI yang ditahan.

Protes Raja Salman, Sejumlah Aktivis Ditangkap PolisiIDN Times

Demonstrasi yang diikuti oleh sekitar 50 aktivis itu fokus pada isu buruknya perlindungan buruh migran Indonesia di Arab Saudi. Masih ada ratusan TKI yang menunggu hukuman mati di negara penghasil minyak tersebut. Diantara mereka adalah Rusmini, seorang TKW dari Indramayu.

Pemerintah Arab Saudi menjatuhkan hukuman mati kepada Rusmini atas tuduhan melakukan sihir terhadap keluarga majikannya di Riyadh. Setelah banding, pengadilan mengurangi hukuman menjadi 12 tahun. Namun, tak hanya dijebloskan penjara, suami Rusmini menyebut bahwa sang istri juga dihukum cambuk sebanyak 1.200 kali.

Baca Juga: Kunjungan Raja Salman Bawa Investasi Rp 333 Triliun, Mau Dibuat Apa Uang Sebanyak Itu?

Meski demonstran mengaku mendapat izin, tapi polisi akhirnya membubarkan mereka secara paksa.

Protes Raja Salman, Sejumlah Aktivis Ditangkap PolisiAndrey Gromico/Tirto.id

Aksi tersebut rencananya dimulai pada pukul 13.00 WIB. Namun, sebelum sempat melakukan aksi, polisi membubarkan mereka secara paksa. Ada 12 aktivis di antara mereka bahkan ditangkap. Pihak kepolisian menyatakan aksi tersebut dilarang. Karena tak terima, demonstran yang lainnya mengecam tindakan para polisi. Salah seorang peserta aksi menuntut polisi untuk membebaskan rekan-rekannya yang ditangkap. Beberapa puluh menit kemudian, mereka yang ditangkap lalu dilepaskan oleh aparat kepolisian.

Baca Juga: Tak Hadir Saat Raja Salman Pidato di DPR, di Mana Rizieq Shihab?

 

Topic:

Just For You