Agung Putus Komunikasi dengan Amien Rais Usai Mundur dari Partai Ummat

Agung Mozin kecewa dengan dinasti politik di Partai Ummat

Jakarta, IDN Times - Usai mundur dari jabatannya sebagai Wakil Ketua Umum Partai Ummat, Agung Mozin mengaku putus komunikasi dengan Pendiri sekaligus Ketua Majelis Syuro Partai Ummat, Amien Rais. Padahal Agung dikenal sebagai loyalis Amien Rais sejak masih sama-sama bernaung di Partai Amanat Nasional (PAN).

"Ya saya tidak pernah berhubungan lagi (dengan Amien Rais) sejak saya keluar. Saya tidak pernah berhubungan, ya mungkin juga mereka (kader Partai Ummat) tidak nyaman dengan kepergian saya," ucap Agung Mozin saat dihubungi IDN Times, Jumat (3/9/2021).

1. Agung sebut Partai Ummat dikelola dengan kultur yang kental dengan feodalisme dan dinasti politik

Agung Putus Komunikasi dengan Amien Rais Usai Mundur dari Partai UmmatAmien Rais mendirikan partai baru bernama Partai Ummat. (Youtube.com/Amin Rais Official)

Agung menceritakan alasan dia keluar dari Partai Ummat, yakni karena merasa partai tersebut tidak mengedepankan nilai-nilai Islam. Partai Ummat, kata dia, justru mempraktikkan relasi kekuasaan feodal dan dinasti politik. Karena hal itu, Agung kecewa dan memilih angkat kaki.

"Apalagi saya pergi itu dengan menyampaikan bahwa ternyata Partai Ummat itu bukan partai yang kita harapkan menjadi rumah besar umat Islam. Tetapi menjadi partai yang mengembangkan feodalisme dan politik dinasti. Dan itu jauh dari perjuangan Islam," ucapnya.

Baca Juga: Alasan Sebenarnya Agung Mozin Hengkang dari Partai Ummat Amien Rais

2. Tanggapan Partai Ummat

Agung Putus Komunikasi dengan Amien Rais Usai Mundur dari Partai UmmatIlustrasi partai Ummat (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Saat dikonfirmasi, Sekretaris Syuro Partai Ummat, Ansufri Idrus Sambo, mengatakan hubungan Agung dan Amien Rais masih baik. Namun dia tidak merinci sikap Amien Rais saat Agung menyatakan diri keluar dari Partai Ummat.

"Sangat baik hubungan beliau dengan Pak Amien," kata kata Sambo, dihubungi terpisah, Minggu (5/9/2021).

Sambo mengatakan Agung Mozin keluar dari Partai Ummat karena sudah tidak sejalan dengan nilai-nilai yang diperjuangkan partai.

"Yang jelas kami dari majelis syuro menganggap Pak Agung Mozin sudah tak sejalan lagi dengan nilai-nilai perjuangan Partai Ummat. Adapun beliau mundur dari Partai Ummat, ya gak, tidak masalah," kata Sambo.

3. Berhenti dari Partai Ummat, Agung Mozin sebut komunikasi elitis tidak mengedepankan akhlakul karimah

Agung Putus Komunikasi dengan Amien Rais Usai Mundur dari Partai UmmatPartai Ummat DIY. IDN Times/Tunggul Damarjati

Sebelumnya, Agung Mozin angkat kaki dari Partai Ummat dan meninggalkan posisinya sebagai Wakil Ketua Umum. Saat dihubungi, Agung membenarkan telah berhenti dari kepengurusan partai yang didirikan Amien Rais itu.

"Iya betul, saya berhenti (dari kepengurusan Partai Ummat)," ucap Agung Mozin kepada IDN Times, Kamis, 26 Agustus 2021.

Agung menyatakan berhenti jadi pengurus Partai Ummat dalam surat pengunduran diri yang ditujukan kepada pendiri yang juga Ketua Majelis Syuro Partai Ummat, Amien Rais. Dalam surat itu, dia juga menyatakan berhenti jadi anggota Partai Ummat. 

Surat pengunduran diri Agung itu juga ditembuskan ke Ketum Partai Ummat, Ridho Rahmadi. 

"Benar (salinan surat itu)," ucap Agung Mozin.

Dalam surat tersebut, Agung Mozin juga berterima kasih karena diberi kesempatan menjadi Wakil Ketua Umum Partai Ummat. Dia bersyukur karena telah terbit Surat Keputusan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor: M.KH Kep13.AH.11.01 Tahun 2021 tertanggal 20 Agustus 2021, tentang Pengesahan Badan Hukum Partai Ummat.

Dalam surat tersebut, Agung juga menyatakan berhenti dari kepengurusan dan anggota Partai Ummat.

"Selanjutnya memperhatikan dengan seksama dinamika internal partai, sekat-sekat informasi dan komunikasi elitis yang tidak mengedepankan akhlakul karimah, seraya mempertimbangkan beragam informasi dan aspirasi para sahabat Partai Ummat di berbagai daerah, termasuk sahabat-sahabat aktivis demokrasi yang istiqamah konsisten-konsekuen melawan feodalisme dan dinasti politik, dengan ini saya Agung Mozin menyatakan berhenti sebagai pengurus dan anggota Partai Ummat sebagai bentuk pertanggungjawaban etika dan moral," tulis Agung Mozin.

Baca Juga: Agung Mozin Hengkang dari Partai Ummat, Kini Dirikan 'Satu Jari'

Topik:

  • Rochmanudin
  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya