AHY: Jangan Anggap Kritik Kami sebagai Perlawanan

AHY bantah Demokrat cari panggung politik

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), mengatakan Partai Demokrat berkoalisi dengan rakyat Indonesia. Oleh karena itu, dia tidak ingin segala kritik yang disampaikan Demokrat dianggap sebagai perlawanan.

Meski sebagai pihak yang berada di luar pemerintahan, menurutnya, Partai Demokrat menyampaikan kritik hanya demi keselamatan negara.

"Kalau kita memberikan masukan, kritik yang konstruktif, janganlah dianggap sebagai sebuah bentuk perlawanan," kata AHY saat berpidato di HUT ke-20 Partai Demokrat, Kamis (9/9/2021).

Baca Juga: AHY Klaim Masa Keemasan Indonesia Berada di Era SBY

1. Demokrat berkoalisi bersama rakyat

AHY: Jangan Anggap Kritik Kami sebagai PerlawananKetua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY menyampaikan keterangan kepada wartawan terkait Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat yang dinilai ilegal di Jakarta, Jumat (5/3/2021). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Meski sebagai oposisi pemerintahan Joko "Jokowi" Widodo, menurutnya, Demokrat berkoalisi bersama rakyat dengan mengedepankan akal sehat dan hati nurani. Sebab, menurutnya, "Suara rakyat adalah suara Tuhan."

"Kita ingin pemerintah sukses karena kalau pemerintah sukses maka rakyat juga akan selamat, dan negara juga bisa segera bangkit dari keterpurukan," tuturnya.

2. Kritik bukan upaya 'merusuhi' pemerintahan Jokowi

AHY: Jangan Anggap Kritik Kami sebagai PerlawananPresiden Jokowi dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Terlepas dari itu, dia menilai kritik adalah hal lumrah dalam alam demokrasi. menjelaskan tidak harus ada keseragaman berpikir dalam berdemokrasi. Demokrasi, kata AHY, membuka ruang untuk bisa memiliki perbedaan pemikiran.

"Janganlah kemudian kita dianggap merusuhi upaya pemerintah tersebut," kata AHY.

Baca Juga: AHY Sebut Ada Kadernya yang 'Raja Twit'

3. AHY tegaskan apa yang dilakukan Demokrat bukanlah mencari panggung politik

AHY: Jangan Anggap Kritik Kami sebagai PerlawananKetua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) saat berpidato di acara HUT ke-20 Partai Demokrat, Kamis (9/9/2021). (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Putra sulung Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono itu pun mengatakan semua hal yang dilakukan Demokrat bukan untuk mencari panggung politik. 

"Bukan untuk mencari keuntungan politik sesaat, buat apa? Tidak ada gunanya dan masyarakat punya hati dan pikiran. Mereka yang mencari keuntungan politik di masa pandemi, juga akan mendapatkan penilaian tersendiri dari masyarakat," kata AHY.

Baca Juga: Jokowi di HUT ke-20 Partai Demokrat: Terus Perjuangkan Aspirasi Rakyat

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya