Baleg DPR Akan Kunker ke Ekuador dan Brasil untuk Penyusunan RUU PKS  

Dasco sebut kunker ke luar negeri boleh dengan catatan

Jakarta, IDN Times - Badan Legislasi (Baleg) DPR berencana melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Brasil dan Ekuador untuk penyusunan Rancangan Undang-Undang Penghapusan Kekerasan Seksual (RUU PKS). Pimpinan DPR mengatakan, kunker diperbolehkan saat ini.

"Kita kemarin sudah membuka bahwa dengan keadaan pandemik yang sekarang ini, kita memperbolehkan untuk keperluan-keperluan yang sangat prioritas, tentunya dengan catatan daerah menerima," ujar Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad di Gedung DPR/MPR Jakarta, Jumat (1/10/2021).

Namun, Dasco mengaku belum mengetahui urgensi kunker yang akan dilakukan Baleg DPR. Sebab, sambungnya, Baleg DPR berada di bawah bidang Politik dan Keamanan (Korpolkam).

"Iya nanti kita lihat apakah kemudian situasi sudah memungkinan dan juga apakah daerah yang dituju menerima. Nah nanti kalau itu, kebetulan Baleg di bawah bidang Korpolkam, tentunya bisa ditanyakan ke koordinator bidang polhukam apakah urgensi untuk Baleg pergi ke sana. Urgensinya apa saya tidak tahu," ucap Dasco.

Baca Juga: Baleg DPR Akan ke Brasil dan Ekuador untuk Susun RUU PKS

1. Baleg berencana kunker ke 2 negara pada Oktober dan November

Baleg DPR Akan Kunker ke Ekuador dan Brasil untuk Penyusunan RUU PKS  Dok.IDN Times

Sebelumnya, Baleg DPR berencana melakukan kunker ke Brasil dan Ekuador. Kunker ini dalam rangka penyusunan RUU PKS. Rencana ini tertuang dalam surat nomor LG/13489/DPR RI/IX/2021 perihal Permintaan Nama Anggota Baleg ke Luar Negeri.

Tertuang dalam surat itu, Baleg DPR mengagendakan kunker ke Ekuador pada 31 Oktober sampai 6 November 2021. Untuk ke Brasil, diagendakan pada 16-22 November 2021.

"Dengan hormat bersama ini kami beritahukan bahwa Badan Legislasi akan melaksanakan kunjungan kerja luar negeri dalam rangka pelaksanaan fungsi diplomasi parlemen untuk penguatan kelembagaan Badan Legislasi dalam rangka penyusunan RUU tentang Penghapusan Kekerasan Seksual," demikian bunyi surat tersebut.

2. Fraksi diminta segera kirimkan nama anggota Baleg yang akan ditugaskan

Baleg DPR Akan Kunker ke Ekuador dan Brasil untuk Penyusunan RUU PKS  IDN Times/Kevin Handoko

Pada surat itu juga, diharapkan masing-masing fraksi di DPR dapat segera mengirimkan nama-nama anggota Baleg untuk ditugaskan dalam kunker tersebut. Komposisinya sebagai berikut:

F-PDIP: 6 orang
F-Golkar: 4 orang
F-Gerindra: 4 orang
Fraksi NasDem: 3 orang
Fraksi PKB: 3 orang
Fraksi Demokrat: 2 orang
Fraksi PKS: 2 orang
Fraksi PAN: 2 orang
Fraksi PPP: 1 orang

"Pimpinan Badan Legislasi mengharapkan agar nama anggota Badan Legislasi yang ditugaskan melakukan kunjungan kerja dapat disampaikan kepada Sekretariat Badan Legislasi paling lambat tanggal 30 September 2021," demikian bunyi surat tersebut.

Baca Juga: Usai Dilantik Menjadi Wakil Ketua DPR, Lodewijk Kritisi 2 Isu Ini

3. PAN benarkan agenda kunker tersebut

Baleg DPR Akan Kunker ke Ekuador dan Brasil untuk Penyusunan RUU PKS  Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), Saleh Partaonan Daulay (ANTARA/Dewanto Samodro)

Ketua Fraksi PAN DPR Saleh Partaonan Daulay membenarkan adanya surat dari Baleg DPR yang akan melakukan kunjungan kerja ke Brasil dan Ekuador. Namun, Saleh mengaku belum membaca langsung surat itu.

"Saya belum baca suratnya secara langsung. Tapi saya dengar, surat itu benar adanya," kata Saleh saat dimintai konfirmasi, Jumat (1/10/2021).

Saleh mengaku belum berbicara mengenai rencana kunker ini ke kelompok Fraksi PAN di Baleg.

"Saya belum berbicara dengan poksi PAN di Baleg. Jadi, saya belum mengerti mengenai rencana perjalanan tersebut," ucap Saleh.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya