PAN Buka Suara soal Isu Reshuffle Kabinet 8 Desember 2021

PAN sodorkan tiga nama bila ada reshuffle

Jakarta, IDN Times - Wacana reshuffle kabinet Presiden Joko "Jokowi" Widodo masih terus berhembus, seiring bergabungnya PAN menjadi koalisi pemerintah. Dikabarkan, reshuffle kabinet bakal dilakukan pada 8 Desember 2021.

"Saya dengar juga isunya begitu, katanya sih (reshuffle Rabu Pon 8 Desember 2021). Tapi kan (reshuffle) itu hak prerogatif Pak Jokowi," kata Wakil Ketua Umum PAN, Yandri Susanto di Kompleks Parlemen Jakarta, Selasa (30/11/2021).

Baca Juga: Tanggapi Isu Reshuffle, Wakil Ketum PPP: Saya Tanya Tokek Istana Dulu

1. Ada tiga nama yang disiapkan PAN bila ada reshuffle

PAN Buka Suara soal Isu Reshuffle Kabinet 8 Desember 2021IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Yandri menyampaikan pihaknya tidak mengetahui apakah PAN bakal mendapat kursi menteri bila reshuffle dilakukan. Dia menegaskan bahwa PAN akan mendukung keputusan Jokowi.

Namun demikian, bila kader PAN diberi amanah untuk mengisi kursi menteri, Yandri mengatakan bahwa partainya sudah menyiapkan kader terbaiknya.

"Ya ada ketum (Ketua Umum PAN) kan, Bang Zul (Zulkifli Hasan), ada Mas Tris (Soetrisno Bachir) Ketua MPP, ada Sekjen PAN (Eddy Soeparno), gitu, dan nama-nama lain," ungkapnya.

2. PAN mau kursi menteri apa bila ada reshuffle?

PAN Buka Suara soal Isu Reshuffle Kabinet 8 Desember 2021Presiden Joko Widodo didampingi Wapres Ma'ruf Amin berfoto bersama jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju yang baru dilantik di tangga beranda Istana Merdeka, Jakarta, pada 23 Oktober 2019. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

PAN mengatakan bahwa pihaknya tidak ambil pusing soal kursi menteri. Menurutnya, hal itu merupakan hak prerogatif Presiden Jokowi.

"Ya bukan masalah mau atau gak, kita tunggu kebijakan Pak Jokowi dulu, iya dong. Tapi dari sisi yang saya sampaikan tadi, kalau diminta ada Bang Zul, Mas Tris, ada Sekjen PAN, dan lain-lain," ucapnya.

Beredar kabar, PAN juga akan mendapatkan kursi Wakil Menteri ESDM. Mengenai hal tersebut, Yandri mengaku tak mengetahuinya.

"Belum tahu, saya kalau masalah posisi, pos mana, belum tahu," imbuhnya.

Baca Juga: Politikus PPP: Jokowi Tak Butuh Masukan soal Reshuffle Menteri Kabinet

3. NasDem sebut ada kebutuhan untuk reshuffle

PAN Buka Suara soal Isu Reshuffle Kabinet 8 Desember 2021Ketua DPP NasDem Willy Aditya di Kompleks Parlemen Jakarta, Selasa (9/11/2021). (IDN Times/Sachril Agustin)

Sebelumnya, isu reshuffle atau perombakan kabinet kembali santer terdengar menjelang pensiunnya Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. Disebut-sebut, reshuffle itu berbarengan dengan pelantikan Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai Panglima TNI menggantikan Hadi.

Namun, belum juga dilakukan reshuffle. Mengenai isu reshuffle ini, Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya mengatakan tidak mengetahuinya. Kendati demikian, dia mengungkapkan ada kebutuhan untuk melakukan reshuffle menteri.

"Belum (tahu soal reshuffle), itu ya kemarin diskusi sama beberapa, ketua umum, ya tentang kebutuhan (reshuffle) itu ada iya, tapi pastinya kapan belum ada, gitu," ujar Willy di kompleks Parlemen Jakarta, Selasa (9/11/2021).

Baca Juga: Surya Paloh: NasDem Adalah Sahabat Bagi Jokowi!

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya