Comscore Tracker

Reaksi Ketua DPR Puan soal Fasilitas Hotel untuk Isoman Anggota Dewan

Beberapa fraksi tolak fasilitas hotel isoman anggota DPR

Jakarta, IDN Times - Anggota DPR RI diberikan tempat isolasi mandiri atau isoman gratis dan terpusat di hotel berbintang. Ketua DPR Puan Maharani menilai rencana pemberian fasilitas tersebut tidak diperlukan.

"Melihat kondisi saat ini, penyediaan fasilitas isolasi terpusat khusus karyawan, perangkat, maupun anggota DPR belum perlu dilakukan,” kata Puan dalam keterangannya, Jumat (30/7/2021).

Baca Juga: Anggota DPR Dapat Fasilitas Isoman di Hotel, Politikus PKB: Memalukan

1. Puan minta Sekjen DPR berkoordinasi ke Satgas COVID-19 soal penanganan virus corona di lingkungan Parlemen

Reaksi Ketua DPR Puan soal Fasilitas Hotel untuk Isoman Anggota DewanIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Puan ingin rencana penyediaan fasilitas gratis kepada anggota parlemen dievaluasi. Dia meminta Sekjen DPR Indra Iskandar segera berkoordinasi dengan Satgas COVID-19, fasilitas kesehatan, dan fasilitas umum lainnya yang menyediakan isolasi terpusat.

Politikus PDI Perjuangan itu mengatakan, hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kebutuhan layanan kesehatan dari pasien COVID-19 yang sehari-hari bekerja untuk lembaga legislatif tersebut.

"Jadi kalau ada pasien COVID-19 dari karyawan, perangkat maupun anggota DPR yang mengalami perburukan kondisi, bisa segera teratasi," kata dia.

2. Fraksi NasDem tolak juga fasilitas hotel bagi anggota DPR saat isoman

Reaksi Ketua DPR Puan soal Fasilitas Hotel untuk Isoman Anggota DewanPetugas keamanan di DPR tengah membawa bed rumah sakit masuk ke dalam lift gedung DPR sebagai uji coba gedung parlemen dijadikan RS Darurat COVID-19 (www.instagram.com/@sufmi_dasco)

Ketua fraksi NasDem DPR RI, Ahmad Ali, menyatakan Fraksi NasDem menolak pemberian fasilitas tersbeut.

"Fraksi Partai NasDem secara tegas menolak fasilitas isolasi mandiri di hotel bintang tiga, yang diberikan Kesekjenan DPR untuk anggota DPR yang terpapar positif COVID-19," ujar Ali dalam keterangannya dikutip Jumat (30/7/2021).

Ali mengatakan saat ini masyarakat kesulitan di tengah situasi pandemik COVID-19. Fasilitas hotel berbintang gratis itu, kata dia, bisa diberikan ke masyarakat bawah atau kurang mampu.

"Menurut kami, kebijakan tersebut berlebihan mengingat saat ini tidak sedikit masyarakat bawah yang kesulitan memperoleh layanan kesehatan," ucapnya.

Alu menambahkan kepercayaan masyarakat terhadap anggota parlemen harus dijaga. DPR, kata dia, harus memberikan kesan
tidak berjarak dengan kepentingan rakyat dan berempati terhadap situasi yang tengah terjadi, yakni pandemik COVID-19.

"NasDem memandang, para anggota dewan bisa mengurus dirinya sendiri beserta keluarga, untuk membiayai sendiri isolasi mandiri," kata Ali.

Baca Juga: Tolak Fasilitas Isoman di Hotel, NasDem: Bisa Urus Diri Sendiri

3. Fraksi PKB juga tolak fasilitas hotel berbintang untuk isoman anggota DPR

Reaksi Ketua DPR Puan soal Fasilitas Hotel untuk Isoman Anggota DewanPetugas keamanan di DPR tengah mengangkat bed rumah sakit masuk ke dalam gedung DPR sebagai uji coba gedung parlemen dijadikan RS Darurat COVID-19 (www.instagram.com)

Anggota Komisi II DPR Fraksi PKB, Yanuar Prihatin, menilai agak memalukan apabila anggota DPR minta diberikan fasilitas khusus untuk isoman. Karena, kata dia, situasi pandemik COVID-19 saat ini rakyat sedang kesusahan.

"Coba rasakan situasi darurat semacam ini, bagi masyarakat bawah yang terpapar COVID-19 situasi mereka pasti lebih sulit lagi. Obat-obatan gratis yang disiapkan pemerintah belum tentu menjangkau mereka sepenuhnya," kata Yanuar dikutip dari ANTARA, Kamis (29/7/2021).

Politikus PKB ini menyebutkan, fasilitas hotel untuk isoman anggota DPR yang terpapar COVID-19 sangat menyakiti hati rakyat. Terlebih lagi, ia menilai banyak warga yang terpapar virus corona dalam kondisi sulit, harus mengantre untuk mendapatkan pelayanan rumah sakit, bahkan belum tentu mendapat kamar jika ingin isolasi di rumah sakit.

"Di tengah berbagai kesulitan yang dihadapi masyarakat, rencana semacam ini sungguh menyakiti hati rakyat," kata Yanuar.

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya