Comscore Tracker

Siap Usung Salim Segaf, PKS Buka Koalisi untuk Pilpres 2024

PKS buka komunikasi dengan semua pihak

Jakarta, IDN Times - Indonesia akan mengadakan pemilihan presiden (Pilpres) pada 2024. PKS berencana mengusung Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Al-jufri dalam Pilpres 2024 nanti.

"Kalau keputusan terakhir, kami sementara menokohkan Ketua Majelis Syuro Doktor Salim Segaf Al-jufri (untuk Pilpres 2024)," kata Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera saat dihubungi, Selasa (27/7/2021).

Baca Juga: PKS: Dewas KPK Harus Tindaklanjuti Temuan Ombudsman soal TWK

1. PKS berkomunikasi dengan semua pihak untuk berkoalisi

Siap Usung Salim Segaf, PKS Buka Koalisi untuk Pilpres 2024IDN Times / Irfan Fathurohman

Mardani menjelaskan PKS berkomunikasi dengan semua kalangan untuk berkoalisi saat Pemilu 2024. Bahkan PKS tidak hanya berkomunikasi dengan partai politik saja. Namun Mardani tidak merinci sudah berkomunikasi dengan partai mana saja.

"Hingga PKS membuka komunikasi dengan semua pihak, termasuk tokoh dan partai politik karena pemilik tiket adalah partai politik. Lalu dari komunikasi tersebut kita mulai membangun kerangka, jadi PKS bukan siapanya dulu tapi sama tidak kerangkanya dalam membangun negeri," ucapnya.

Baca Juga: Relawan JokPro Akan Deklarasi Usung Jokowi-Prabowo di Pilpres 2024

2. Ini kerangka politik PKS

Siap Usung Salim Segaf, PKS Buka Koalisi untuk Pilpres 2024Foto hanya ilustrasi/Presiden PKS Ahmad Syaikhu bersama pengurus DPP PKS. (Dok PKS)

Mardani mengatakan PKS berkeinginan membuat Indonesia bebas dari korupsi. Dia mengatakan PKS juga ingin memiliki menteri yang mampu membuat pertumbuhan ekonomi Indonesia 7 persen.

"Kalau keputusan musyawarah nasional PKS menyiapkan kadernya (Salim Segaf), tetapi dengan tetap membuka opsi berkoalisi dengan yang lain. Karena kan PKS juga cukup tiket untuk kursi, kan. Jadi 2 opsi memajukan kader dan berkomunikasi dengan yang lain tetap berjalan," kata dia.

Komunikasi, lanjutnya, masih terus dilakukan karena waktu sebelum pelaksanaan Pemilu 2024 masih panjang.

Baca Juga: PPKM Level 4 Diperpanjang, PKS: Hindari Prinsip Asal Bapak Senang!

3. PKS yakin Anies menang di Pilpres 2024

Siap Usung Salim Segaf, PKS Buka Koalisi untuk Pilpres 2024Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu ketika berbicara di penutupan Rakernas PKS di Hotel Bidakara pada Kamis, 18 Maret 2021 (ANTARA FOTO/M. Agung Rajasa)

Berbagai lembaga survei terus merilis nama-nama calon presiden untuk Pilpres 2024. Setidaknya, ada empat nama yang menonjol dari hasil survei tersebut, salah satunya Anies Baswedan.

Presiden PKS Ahmad Syaikhu sebelumnya menyebutkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memiliki potensi menang pada Pilpres 2024.

"Kita melihat memang ada potensi yang sangat besar pada pak Anies (menangi Pilpres 2024)," kata Ahmad Syaikhu dikutip ANTARA, Jumat (28/5).

Keyakinan Syaikhu terhadap Anies karena ia melihat beberapa hasil survei dari lembaga survei menunjukkan dan menghasilkan peringkat yang baik untuk Gubernur DKI Jakarta tersebut.

“Peringkat survei Anies kalau tidak kesatu, kedua atau ketiga, ya seperti itu, dan Pak Anies selama ini selalu bersama PKS sejak jadi Gubernur DKI, mudah-mudahan dukungan ini terus diberikan," ujarnya.

Baca Juga: Klaim Kasus COVID-19 Turun, Anies Unggah Foto Kondisi IGD RSUD di IG

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya