Jenazah Azyumardi Baru Akan Tiba di Indonesia Senin Malam

Ada perubahan jadwal kedatangan jenazah

Jakarta, IDN Times - Pihak keluarga dari mendiang Azyumardi Azra menginformasikan, jenazah almarhum Azyumardi dijadwalkan tiba di Indonesia pada Senin (19/9/2022) malam. Ada perubahan jadwal penerbangan jenazah almarhum.

"Jadi, habis pengajian tadi info dari KBRI ada perubahan jadwal yang awalnya penerbangan pertama, jadi penerbangan terakhir. Namun untuk prosedur pemakaman semua tidak ada perubahan," ujar keponakan Azyumardi, Armia Putriana, dilansir ANTARA.

Baca Juga: Azyumardi Azra Meninggal Dunia di Malaysia karena Serangan Jantung

1. Informasi awal, jenazah tiba Senin pagi

Jenazah Azyumardi Baru Akan Tiba di Indonesia Senin MalamKetua Dewan Pers, Azyumardi Azra dan Rosiana Silalahi dalam acara Ngobrol Seru "Media, Demokrasi, dan Pemilu 2024" pada Jumat (24/6/2022). (IDN Times/Herka Yanis)

Informasi awal, jenazah dari Ketua Dewan Pers dan juga Guru Besar UIN Jakarta itu akan diterbangkan dari Malaysia pada Senin (19/9/2022) pagi. Namun, buah dari perubahan jadwal ini, jenazah baru akan diberangkatkan pada Senin malam.

"Insya Allah kalau tidak ada perubahan lagi, hari Senin (19/9/2022) sekitar jam 11 malam, jenazah sudah sampai ke Indonesia, disemayamkan dulu di rumah. Selasa (20/9/2022) pagi baru akan disalatkan di UIN, pelepasan di UIN, baru ke makam," ujar Armia.

Baca Juga: Sampaikan Belasungkawa, Anies Doakan Azyumardi Azra

2. Azyumardi dimakamkan di TMP Kalibata

Jenazah Azyumardi Baru Akan Tiba di Indonesia Senin MalamIlustrasi Taman Makam Pahlawan Kalibata (IDN Times/Axel Joshua Harianja)

Armia mengungkapkan, untuk lokasi pemakaman jenazah almarhum Azyumardi tidak ada perubahan. Sesuai rencana awal, jenazah akan dikebumikan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata.

"Masih, tidak ada perubahan (soal lokasi pemakaman), tetap di Taman Makam Pahlawan (Kalibata) Blok Z. Perubahannya hanya waktu (kedatangan jenazah), mohon doanya semoga tidak ada perubahan lagi," ujar Armia.

Baca Juga: Presiden Jokowi Kirim Karangan Bunga ke Rumah Duka Azyumardi Azra

3. Azyumardi meninggal dunia di Malaysia

Jenazah Azyumardi Baru Akan Tiba di Indonesia Senin MalamIDN Times/Arief Rahmat

Azyumardi dinyatakan sakit dalam penerbangan menuju Malaysia pada Jumat (16/9/2022). Almarhum terbang menuju Malaysia untuk menjadi narasumber Konferensi Internasional Persidangan Antarbangsa 'Kosmopolitan Islam' di Selangor, 17 September 2022.

Setelah mengeluhkan sakit, Kedutaan Besar RI di Malaysia dan tim panitia kegiatan merujuk almarhum untuk dirawat di RS Serdang. Namun, pada Minggu (18/9/2022), Azyumardi Azra mengembuskan nafas untuk terakhir kali di Malaysia.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya