Menpora Harap Program Klub Berkawan Lahirkan Habibie Baru

Menpora Dito luncurkan program Klub Berkawan

Jakarta, IDN Times - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo meluncurkan program baru bernama Klub Bertemu Kaum Cendekiawan (Berkawan). Program ini diharapkan menghasilkan cendekiawan seperti Presiden ke-3 RI BJ Habibie.

Peluncuran program ini dilaksanakan di The Habibie and Ainun Library, Jakarta, pada Kamis (28/3/2024). Selain Menpora Dito, beberapa tokoh dan narasumber hadir dalam diskusi, seperti Inisiator Kelas Isolasi Syarif Maulana, Staf Khusus Presiden Angkie Yudistira, Ketua Dewan TIK Nasional Ilham Habibie, serta Staf Khusus Presiden Billy Mambrasar.

Selain itu, hadir komika Anggi Wahyudi, Inisiator Think Policy Andhyta F Utami, Atlet Bulu Tangkis Jonatan Christie, Director of Public Policy Pijar Foundation Cazadira Fadiva Tamzil, dan Tim Staf Khusus Kemenpora Akbar Restu Fauzi.

“Kenapa saya memilih The Habibie & Ainun Library untuk tempat kick off Klub Berkawan? Karena Kemenpora berharap program ini bisa melahirkan Habibie-Habibie baru yang akan memegang peran penting untuk masa depan Indonesia,” kata Dito, Kamis (28/3/2024).

Baca Juga: PSSI dan Klub Masih Komunikasi Soal Pemain untuk Piala Asia U-23

1. Penjelasan Dito soal Klub Berkawan

Menpora Harap Program Klub Berkawan Lahirkan Habibie BaruMenpora Dito luncurkan progaram Klub Berkawan. (Dok. Kemenpora)

Dito menjelaskan, Klub Berkawan adalah wadah untuk para cendekiawan muda, para minoritas kreatif. Wadah ini diharapkan melahirkan gagasan baru dari generasi muda.

“Melalui program Klub Berkawan, kami menyediakan wadah bagi para cendekiawan muda, para minoritas kreatif untuk berdebat gagasan melahiran konsep-konsep keren yang bisa bermanfaat untuk masyarakat,” kata Dito.

Baca Juga: Kemenpora dan Kemenparekraf Diusulkan Dilebur Jadi Satu Kementerian

2. Kemenpora kembali beri ruang kreatif untuk pemuda

Menpora Harap Program Klub Berkawan Lahirkan Habibie BaruMenpora Dito luncurkan progaram Klub Berkawan. (Dok. Kemenpora)

Dito menegaskan, Klub Berkawan ini jadi komitmen Kemenpora untuk memberikan ruang seluas-luasnya kepada pemuda. Dia berharap, pemuda bisa berkontribusi banyak untuk Republik Indonesia.

“Mewakili Kemenpora RI, saya siap berkomitmen untuk mengawal dan memberi ruang yang luas kepada seluruh cendekiawan muda Indonesia untuk berkontribusi di berbagai sektor strategis nasional,” ujar Dito.

Baca Juga: Nobar Debat Cawapres, Ajang Kemenpora Edukasi Pemilih Muda

3. Optimisme akan Klub Berkawan ini

Menpora Harap Program Klub Berkawan Lahirkan Habibie BaruMenpora Dito di peluncuran jersey baru Timnas Indonesia. (Dok. Istimewa)

Menpora Dito mengobarkan optimisme terhadap program Klub Berkawan ini. Dia membayangkan cendekiawan muda di Indonesia bisa bicara di tingkat nasional maupun internasional.

“Saya membayangkan, melalui Klub Berkawan ini kita bisa menciptakan masa pencerahan baru di Indonesia, di mana para cendekiawan muda mampu memperkuat pilar-pilar kebangsaan, kenegaraan, dan ke-Indonesia-an kita,” ujar Menpora Dito.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya