5 Potret Haru Salam Perpisahan Keluarga Ridwan Kamil untuk Eril

Ridwan Kamil kembali ke RI untuk lanjutkan tugas gubernur

Jakarta, IDN Times - Usai pencarian selama tujuh hari yang belum membuahkan hasil, Ridwan Kamil dan keluarga mulai mengikhlaskan kepergian putra sulungnya, Emmeril Khan Mumtadz alias Eril. Polisi maritim Swiss belum bisa menemukan Eril sejak dinyatakan hanyut di Sungai Aare, Bern pada 26 Mei 2022 lalu. 

Keluarga Ridwan Kamil di Bandung kemudian mengumumkan pada Jumat, (3/6/2022) bahwa Eril sudah meninggal dunia. Hal itu disampaikan kakak Ridwan Kamil, Erwin Muniruzaman, dalam konferensi pers di Gedung Pakuan, Bandung pada hari ini.

"Innalillahi wainnailaihi rajiun. Sesungguhnya semua makhluk yang bernyawa akan merasakan kematian," kata Erwin.

Ia menjelaskan, keputusan untuk menyatakan Eril wafat didasarkan pada hasil evaluasi dan seluruh proses yang bisa dilakukan dalam pencarian di Sungai Aare.

"Termasuk juga upaya pencarian secara mandiri. Sehingga secara ikhtiar, itu sudah dipastikan dilakukan semuanya secara maksimal yang dimungkinkan berdasarkan situasi dan kondisi yang ada," katanya. 

Kini otoritas di Swiss mengubah status pencarian terhadap Eril dari semula orang hilang (missing person) menjadi orang yang tenggelam (drowned person). Erwin menambahkan pihak keluarga dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat sudah menyerukan agar digelar salat ghaib untuk mendoakan Eril. 

Di sisi lain, pria yang akrab disapa Kang Emil itu tak bisa lagi mengikuti proses pencarian tubuh Eril secara langsung. Ia harus kembali ke Indonesia dan melanjutkan tugas sebagai Gubernur Jawa Barat. Kang Emil sudah tiba kembali di Bandung pada malam ini.

Namun, sebelum kembali ke tanah air, Kang Emil dan keluarga menyampaikan salam perpisahan bagi Eril dari tepi Sungai Aare, Swiss. Berikut sejumlah dokumentasi yang berhasil diabadikan.

1. Ridwan Kamil memberikan tanda di pohon lokasi Eril dinyatakan hanyut terbawa arus Sungai Aare

5 Potret Haru Salam Perpisahan Keluarga Ridwan Kamil untuk ErilSalam perpisahan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil bersama keluarga bagi putra sulung mereka, Eril, sebelum kembali ke Indonesia. (www.twitter.com/@teguh_korjakbdg)

Baca Juga: Eril Resmi Dinyatakan Wafat, Anies Ajak Warga Jakarta Salat Ghaib

2. Ridwan Kamil sempat menunaikan salat ghaib di tepi Sungai Aare sebelum kembali ke Indonesia

5 Potret Haru Salam Perpisahan Keluarga Ridwan Kamil untuk ErilSalam perpisahan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil bersama keluarga bagi putra sulung mereka, Eril, sebelum kembali ke Indonesia. (www.twitter.com/@teguh_korjakbdg)

3. Ridwan Kamil terjun langsung melakukan pencarian setiap hari di tepi Sungai Aare dari pagi hingga malam

5 Potret Haru Salam Perpisahan Keluarga Ridwan Kamil untuk ErilGubernur Jawa Barat Ridwan Kamil turun langsung menelusuri pinggiran Sungai Aare, Swiss untuk mencari putra sulungnya, Eril yang hanyut pada 26 Mei 2022. (www.twitter.com/@Sobat_RK)

4. Di tepi Sungai Aare, keluarga Kang Emil berusaha mengikhlaskan kepergian Eril

5 Potret Haru Salam Perpisahan Keluarga Ridwan Kamil untuk ErilGubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil diapit sang istri Atalia dan putrinya Zara, duduk bersimpuh sambil pamit kepada Eril yang hanyut di Sungai Aare, Bern, Swiss. (www.instagram.com/@ataliapr)

5. Wali Kota Bandung Yana Mulyana ikuti salat ghaib untuk doakan Eril bisa beristirahat dengan tenang

5 Potret Haru Salam Perpisahan Keluarga Ridwan Kamil untuk ErilWalikota Bandung, Yana Mulyana memimpin salat ghaib bersama warga untuk mendoakan putra sulung Ridwan Kamil pada Jumat, 3 Juni 2022. (www.twitter.com/@halo_bandung)

Baca Juga: MUI Jabar Ajak Warga Salat Gaib Doakan Eril, Keluarga: Tunggu Hasil Hari ke 6

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya