5 Potret Ridwan Kamil Gelar Salat Ghaib untuk Eril di Bandung

Rumah dinas Kang Emil dipenuhi karangan bunga duka cita

Jakarta, IDN Times - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menggelar takziah dan memimpin salat ghaib untuk putra sulungnya, Emmeril Khan Mumtadz, di rumah dinasnya di Gedung Pakuan, Bandung, Sabtu (4/6/2022).

Salat ghaib digelar usai keluarga pada 2 Juni 2022 lalu menyatakan Emmeril atau yang akrab disapa Eril meninggal dunia, karena terbawa arus Sungai Aare, Bern, Swiss. Meski begitu, jasad Eril belum berhasil ditemukan hingga hari ini.

Ridwan pun memutuskan kembali ke Indonesia pada 3 Juni 2022 lantaran masa cuti yang diberikan Kementerian Dalam Negeri sudah berakhir. Proses pencarian Eril akan dipantau secara langsung oleh adik Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzaman. Ia sudah tiba di Swiss sejak 1 Juni 2022 dan akan mengabari perkembangannya kepada keluarga secara rutin. 

Sejumlah bupati, wali kota, hingga pejabat tinggi di Jawa Barat terlihat berdatangan untuk takziah ke kediaman Kang Emil. Presiden Joko "Jokowi" Widodo juga menyampaikan duka cita yang mendalam kepada keluarga Kang Emil.

Sementara, di luar rumah dinas, karangan bunga duka cita berderet menutupi pagar rumah. Warga Bandung pun berbondong-bondong mendatangi rumah dinas Kang Emil untuk memasang foto Eril dan mengucapkan duka cita.

Berikut sejumlah dokumentasi yang menggambarkan takziah pada hari pertama usai Ridwan Kamil tiba di Bandung.

1. Kenakan pakaian serba hitam, Kang Emil ucapkan terima kasih atas doa warga Bandung

5 Potret Ridwan Kamil Gelar Salat Ghaib untuk Eril di BandungGubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menggelar doa bersama untuk mendoakan Emmeril Khan Mumtadz di Gedung Pakuan, 4 Juni 2022. (Dokumentasi Pemprov Jabar)

Baca Juga: Sampaikan Duka Cita pada Ridwan Kamil, Jokowi: Saya Tak Bisa Bayangkan

2. Kang Emil dan istri duduk di dekat ibunda. Ia terlihat berusaha mengikhlaskan kepergian Eril

5 Potret Ridwan Kamil Gelar Salat Ghaib untuk Eril di BandungGubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil duduk selonjoran bersama ibunda usai tiba dari Swiss pada 3 Juni 2022. (www.instagram.com/@rkjabarjuara)

3. Kang Emil menggendong putra bungsunya, Arka sambil menatap lukisan Eril

5 Potret Ridwan Kamil Gelar Salat Ghaib untuk Eril di BandungGubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil ketika menggendong Arkana Aidan Misbach dan menunjukkan foto Eril. (www.twitter.com/@DawnofMancs)

4. Warga Bandung berbondong-bondong mendatangi rumah dinas Kang Emil untuk sampaikan duka cita

5 Potret Ridwan Kamil Gelar Salat Ghaib untuk Eril di BandungWarga Bandung ramai-ramai mendatangi rumah dinas Ridwan Kamil untuk menyampaikan duka cita.(Dokumentasi Pemprov Jabar)

5. Karangan bunga duka cita berderet terpajang di sepanjang pagar rumah dinas Kang Emil

5 Potret Ridwan Kamil Gelar Salat Ghaib untuk Eril di BandungWarga membawa karangan bunga ungkapan belasungkawa wafatnya Emmeril Khan Mumtadz di Gedung Negara Pakuan, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (4/6/2022). (ANTARA FOTO/Novrian Arbi)

Selamat jalan Eril, semoga engkau mendapat tempat terbaik di sisi Allah SWT serta keluarga Ridwan Kamil diberikan ketabahan dan keikhlasan atas kepergian putra sulungnya.

Baca Juga: Eril Resmi Dinyatakan Wafat, Anies Ajak Warga Jakarta Salat Ghaib

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya