7 Potret Manuver Keren Jet Tempur TNI AU yang Bikin Jokowi Kagum

Jokowi terlihat bangga menyaksikan alutsista udara milik TNI

Jakarta, IDN Times - Sebanyak 18 jet tempur udara milik TNI Angkatan Udara (TNI AU) terdengar meraung di langit Jakarta sejak Selasa pagi (5/10/2021). Aktivitas itu merupakan bagian dari atraksi demo udara yang digelar dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-76 Tentara Nasional Indonesia (HUT ke-76 TNI). 

Jet tempur yang dikerahkan merupakan jenis alutsista terbaik milik Indonesia. Mereka terbagi tiga jenis yakni T-50i Golden Eagle "Golden Flight", F-16 Fighting Falcon "Dragon Flight", dan Sukhoi SU-27/30 "Bajra Flight".

Demo udara jet tempur TNI AU itu membentuk formasi arrow head dan melintasi udara di atas Istana Merdeka, lalu melakukan manuver bomb burst. Ketiga tim itu menggunakan call sign berbeda yakni golden flight, dragon flight, dan bajra flight. 

"Kami elang-elang muda TNI Angkatan Udara, dari ketinggian 1.000 kaki mengucapkan selamat ulang tahun ke-76 TNI. Bersatu, berjuang kita pasti menang. Salam Swa Bhuana Paksa!" ujar pilot Letkol Dharma Rotwil Gultom dari dalam kokpit jet tempur T-50i Golden Eagle. 

TNI AU sudah mulai berlatih melakukan demo ini sejak Jumat pekan lalu, untuk bisa memperoleh hasil manuver terbaik. Hasilnya, TNI AU sukses membuat Presiden Joko "Jokowi" Widodo bertepuk tangan dan berdecak kagum dengan alutsista yang dimiliki Indonesia. 

Selain manuver jet tempur, TNI juga menampilkan delapan helikopter. Mereka membawa dua bendera yakni merah putih dan bendera trimatra.

Kepala Dinas Penerangan TNI AU, Marsma Indan Gilang Buldansyah menjelaskan delapan helikopter terbagi ke dalam dua elemen. Elemen pertama terdiri dari 4 helikopter, terdiri dari 1 Helikopter NAS-332 Super Puma Skuadron Udara 6 Lanud Atang Sendjaja dan 3 Helikopter AH-64 E Apache Skuadron-11/Serbu milik TNI AD. 

"Elemen pertama akan membawa bendera merah putih berukuran 20 X 30 meter," kata Indan. 

Sedangkan, elemen kedua yang tersusun dari 4 helikopter terdiri dari 1 Helikopter EC-725 Caracal Skuadron Udara 8 Lanud Atang Sendjaja dan 3 Helikopter AS565 MBe Panther Skuadron Udara 400 Wing II, TNI AL. Elemen kedua bertugas membawa bendera Trimatra TNI. 

Berikut sejumlah dokumentasi yang berhasil direkam dan menggambarkan kerennya manuver udara yang dilakukan prajurit TNI pada HUT ke-76:

1. Empat helikopter milik TNI yang membawa bendera merah putih berukuran 20 X 30 meter melintas di depan Istana Merdeka

7 Potret Manuver Keren Jet Tempur TNI AU yang Bikin Jokowi KagumHelikopter milik TNI yang membawa bendera merah putih 20X30 meter dan melintasi di depan Istana Merdeka (Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden)

Baca Juga: Pesan Pangkostrad kepada Prajurit TNI: Hindari Sikap Fanatik ke Agama

2. Ini helikopter yang bawa bendera trimatra TNI. Keren ya!

7 Potret Manuver Keren Jet Tempur TNI AU yang Bikin Jokowi KagumHelikopter milik TNI AD yang membawa bendera trimatra milik TNI (Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden)

3. Manuver bomb burst yang dilakukan tim TNI AU usai melintas di atas Istana Merdeka.

7 Potret Manuver Keren Jet Tempur TNI AU yang Bikin Jokowi KagumManuver bomb burst yang dilakukan oleh tim pertama TNI AU T-50i Golden Eagle 'Golden Flight' di HUT ke-76 TNI (Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden)

4. Para penerbang dari tiga jet tempur berbeda Sukhoi, F-16, dan T50i Golden Eagle.

7 Potret Manuver Keren Jet Tempur TNI AU yang Bikin Jokowi KagumKomandan penerbangan dari tiga tim jet tempur yang akan melakukan manuver udara di HUT ke-76 TNI (Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden)

5. Suasana kokpit jet tempur F-16 yang dipimpin Letkol PnB Agus 'Wolverine' Dwi Aryanto. Keren ya!

7 Potret Manuver Keren Jet Tempur TNI AU yang Bikin Jokowi KagumSuasana di dalam kokpit jet tempur F-16 milik TNI AU yang hendak melakukan manuver udara di HUT ke-76 TNI (Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden)

6. Kondisi kokpit jet tempur Sukhoi Su-27/30 yang dibeli Indonesia dari Rusia.

7 Potret Manuver Keren Jet Tempur TNI AU yang Bikin Jokowi KagumSuasana di dalam kokpit jet tempur Sukhoi milik TNI AU yang hendak melakukan manuver udara di HUT ke-76 TNI (Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden)

7. Empat jet tempur Sukhoi SU-27/30 membentuk arrow head dan fly pass di atas Istana Merdeka.

7 Potret Manuver Keren Jet Tempur TNI AU yang Bikin Jokowi KagumEmpat jet tempur Sukhoi melintas di atas Istana Merdeka ketika melakukan manuver udara di HUT ke-76 TNI (Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden)

Baca Juga: KSAD Resmi Terbitkan Juknis Hapus Tes Keperawanan bagi Calon Kowad

Itulah tujuh potret manuver pesawat jet milik TNI AU saat meriahkan HUT ke-76 RI. Semoga TNI makin jaya dan bermanfaat untuk rakyat!

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya