Agus Subiyanto Resmi Jadi KSAD, Panglima Minta TNI Netral Saat Pemilu

Jenderal Agus berpeluang jadi Panglima baru TNI

Jakarta, IDN Times - Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono pada Jumat (27/10/2023) memimpin upacara serah terima jabatan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) dari Jenderal Dudung Abdurachman kepada Jenderal Agus Subiyanto. Serah terima jabatan itu dilakukan pasca-Agus dilantik oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo pada Rabu (25/10/2023) di Istana Kepresidenan. 

Proses serah terima jabatan digelar di Mabes TNI AD dengan penandatanganan dokumen Dudung dan Agus. Kapolri, Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL), Kepala Staf TNI Angkatan Udara hingga anggota Komisi I DPR terlihat hadir dalam acara tersebut. 

Yudo mengucapkan selamat kepada Agus atas jabatan baru yang ia emban. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Dudung atas dedikasi, loyalitas, dan kerja sama yang selama ini telah dijalani bersama. Kerja sama yang baik itu, kata Yudo berhasil dilakukan dengan dua kepala staf lainnya. 

"Kami TNI selalu solid, baik itu TNI AL, TNI AU, dan TNI AD. Hal itu sudah kami buktikan dalam kegiatan-kegiatan sejak saya menjadi Panglima TNI khususnya pada 2023 ini. Baik di bidang operasional maupun latihan karena saya selaku pengguna kekuatan, tentunya saya menuntut kesiapsiagaan operasional, baik itu unsur darat, laut maupun udara," ujar Yudo di Mabes TNI AD, Jumat. 

Salah satu koordinasi baik yang terjalin dibuktikan dengan perhelatan Latihan Gabungan TNI Super Garuda Shield dan ASEAN Solidarity. Yudo pun bersyukur latihan dalam skala besar sudah berhasil dilaksanakan selama tahun 2023. 

Lalu, adakah pesan khusus dari Yudo bagi Agus?

Baca Juga: Profil Agus Subiyanto, Eks Danpaspampres yang Dilantik Jadi KSAD

1. Yudo minta KSAD jaga netralitas prajurit TNI AD jelang Pemilu 2024

Agus Subiyanto Resmi Jadi KSAD, Panglima Minta TNI Netral Saat PemiluPanglima TNI Laksamana Yudo Margono usai memimpin sertijab Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) dari Jenderal Dudung Abdurachman ke Jenderal Agus Subiyanto. (IDN Times/Santi Dewi)

Salah satu pesan Yudo yang spesifik yakni agar Agus bisa menjaga netralitas prajurit TNI AD menjelang Pemilu 2024. Sebab, dengan prajurit TNI bersikap netral maka pemilu bisa berjalan dengan baik, aman, lancar, dan sejuk. 

"Kuncinya selalu saya sampaikan, yakni TNI harus netral yang selalu saya tekankan kepada Pak Agus untuk menjaga netralitas TNI. Tentunya di matra Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara," kata Yudo. 

Mantan Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) itu juga berharap agar TNI AD bisa menyiapkan prasarana yang ada untuk menjamin supaya pemilu berjalan aman, netral, damai dan sejuk. 

Baca Juga: Dudung dan Agus Sertijab KSAD Jumat 27 Oktober di Mabes TNI AD

2. Yudo minta di mana pun TNI berada agar bermanfaat bagi masyarakat

Agus Subiyanto Resmi Jadi KSAD, Panglima Minta TNI Netral Saat PemiluKepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL), Laksamana Yudo Margono ketika memimpin TNI AL latihan militer bersama di Super Garuda Shield 2022. (Dokumentasi Dispenal)

Di sisi lain, Yudo turut berpesan agar semua prajurit TNI dapat menunjukkan komitmen untuk membantu masyarakat di mana pun mereka berada. TNI, kata Yudo, harus bermanfaat bagi masyarakat. 

Salah satu manfaat yang ditujukan bagi masyarakat yakni dengan mewujudkan program ketahanan pangan. Rencananya program ketahanan tersebut bakal dibuka oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin. 

"Nanti, akan kami buka secara serentak di seluruh jajaran. Kami juga sudah berkoordinasi dengan Menteri Pertanian yang baru. Saya sampaikan bahwa TNI akan mendukung semuanya," kata Yudo. 

Program ketahanan pangan itu, kata Yudo, bakal dilakukan oleh semua jajaran TNI dari Sabang hingga Merauke. Melalui program itu, prajurit TNI bakal menanami lahan-lahan kosong milik TNI. Lahan tersebut bakal ditanami padi dan jagung. 

"Mudah-mudahan ini dapat membantu perekonomian masyarakat, khususnya ketika menghadapi kekeringan panjang ini yang disebabkan oleh el nino," tutur dia. 

Baca Juga: Ketua KPK Firli Bahuri Kini Dikawal Ajudan Berlatar TNI

3. Yudo siap berikan masukan untuk kandidat Panglima TNI yang baru

Agus Subiyanto Resmi Jadi KSAD, Panglima Minta TNI Netral Saat PemiluPanglima TNI Laksama Yudo Margono dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (Dok.IDN Times/Istimewa)

Sama seperti Dudung yang segera memasuki usia pensiun pada bulan November, situasi seerupa juga akan dihadapi oleh Laksamana Yudo Margono. Yudo bakal pensiun pada 1 Desember 2023. 

Ketika IDN Times tanyakan apakah Presiden Jokowi sudah meminta masukan kepada dirinya untuk kandidat panglima baru TNI, Yudo mengaku belum diajak diskusi.

"Tetapi, itu semua kan hak prerogatif Presiden. Kalau Presiden meminta (masukan) tentu saya akan memberikan saran dan pendapat," kata Yudo. 

https://www.youtube.com/embed/_-OnLj0kmf4

Baca Juga: Jadi KSAD, Agus Subiyanto Langsung Naik Pangkat Jadi Jenderal

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya