Ahok Kirimkan Salam Idul Fitri dari Balik Jeruji

Ahok divonis penjara dua tahun dalam kasus penistaan agama

Jakarta, IDN Times - Terpidana kasus penistaan agama, Basuki "Ahok" Tjahaja Purnama turut mengucapkan selamat Idul Fitri kepada umat Muslim dari balik jeruji rutan cabang Salemba di Komplek Mako Brimob. Surat itu ditulis tangan pada Kamis (14/6). 

Ini merupakan Idul Fitri kedua Ahok yang harus disaksikannya dari balik jeruji. Ahok divonis dua tahun penjara karena terbukti melakukan penodaan agama. Ahok dianggap menodai agama Islam karena menyebut surat Al-Maidah ketika bertemu dengan warga di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Kepulauan Seribu. 

Apa yang disampaikan oleh Ahok melalui suratnya itu dan diunggah ke media sosial?

1. Ahok mendoakan agar warga diberikan kesehatan dan rezeki

Ahok Kirimkan Salam Idul Fitri dari Balik Jerujiwww.instagram.com/@basukibtp

Di surat yang ditulis dari balik jeruji, Ahok mendoakan agar umat Muslim diberi kesehatan, rezeki dan iman sejati. Tulisan tangan itu dibuat pada Kamis (14/6) di rutan Mako Brimob pukul 18:10.

"Selamat Idul Fitri untuk saudara-saudara yang merayakannya. Semoga, diberi kesehatan, rezeki, kebahagiaan dan iman sejati. Mohon maaf lahir dan batin. Salam BTP," demikian Ahok menulis di suratnya.

2. Ahok bisa tetap bertahan di penjara karena rajin membaca kitab suci dan bernyanyi

Ahok Kirimkan Salam Idul Fitri dari Balik Jerujiwww.instagram.com/@basukibtp

Sementara, di akun media sosial adiknya, Fifi Lety Tjahaja Purnama, menjawab banyaknya pertanyaan yang ia dengar soal bagaimana Ahok sanggup menghadapi berbagai tekanan yang menghampirinya saat berada di dalam penjara.

"Mungkin dari Ahok kita bisa belajar (untuk bertahan), membaca firman dan dia suka sekali nyanyi. Walaupun suaranya pas-pasan banget tetap dia pede aja nyanyi kencang-kencang. Lucu kalau nyanyi, kami suka ledekin dia," ujar Fifi di akun media sosialnya pada 7 Juni lalu.

Menurut Fifi, Ahok selama satu tahun lebih di balik jeruji dalam kondisi baik-baik saja.

3. Ucapan Idul Fitri disambut positif oleh netizen

Ahok Kirimkan Salam Idul Fitri dari Balik Jerujiwww.instagram.com/@basukibtp

Walau hanya berisi surat dan ucapan sederhana, rupanya itu direspons cukup positif oleh netizen. Terbukti surat yang diunggah ke media sosial itu, memperoleh lebih dari 140 ribu like dan 3.610 komentar. Sebagian besar dari mereka mengucapkan terima kasih dan mendoakan agar Ahok selalu sehat.

"Semoga Pak Ahok dalam keadaan sehat di dalam sana," ujar pemilik akun @teddyfaryadi.

"Kangen Pak Ahok," tulis pemilik akun @itamogu_mogu.

"Selalu sehat ya, Pak Ahok. Bangsa ini masih mengharapkan kiprah bapak untuk negeri ini," tulis pemilik akun @arbi_towan.

Topik:

Berita Terkini Lainnya