Anies-Cak Imin Resmi Minta Kuasa Hukum Gugat Hasil Pemilu ke MK

Gugatan akan didaftarkan ke MK pada Kamis pagi

Jakarta, IDN Times - Pasangan calon presiden nomor urut satu, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar akhirnya resmi meminta kepada tim hukum untuk mendaftarkan gugatan hasil pemilu 2024 ke Mahkamah Konstitusi (MK). Rencananya tim hukum bakal mendaftarkan gugatan tersebut pada Kamis (21/3/2024) pukul 08.00 WIB.

"Maka, demi memperjuangkan suara mereka yang percaya pada perubahan dan tetap teguh hingga akhir, kami memutuskan meminta tim hukum AMIN untuk maju ke Mahkamah Konstitusi (MK) dan menyampaikan kepada majelis hakim serta publik luas tentang berbagai kekurangan dan penyimpangan," ujar pria yang akrab disapa Cak Imin di akun resmi YouTube dan dikutip pada Rabu malam (20/3/2024).

Pernyataan Anies dan Cak Imin itu sudah direkam sebelumnya di kediaman mantan Gubernur DKI Jakarta itu di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan pada hari ini.

Gugatan, kata Cak Imin, akan didaftarkan langsung oleh Ketua Tim Hukum Nasional AMIN, Ari Yusuf Amir. Menurutnya, gugatan sengketa hasil pemilu 2024 itu perlu dilakukan lantaran terlalu banyak temuan tentang proses demokrasi yang tidak berintegritas.

"Temuan tentang proses demokrasi yang tidak berintegritas itu telah dikumpulkan oleh tim hukum Timnas AMIN. Semua ini nanti akan disampaikan oleh tim hukum kepada Mahkamah Konstitusi," tutur dia.

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu menyebut gugatan sengketa hasil pemilu 2024 dikawal dan didukung oleh Kapten Timnas AMIN, Muhammad Syaugi.

"Kami menyerukan kepada seluruh relawan dan pendukung, mari kita dukung sepenuhnya tim hukum berjuang di jalan konstitusional yang telah tersedia secara sah dan kita semua akan terus menjaga etika demokrasi, menjaga suasana kedamaian dan persatuan," ujarnya lagi.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada hari ini resmi menetapkan paslon nomor urut dua, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai pemenang pemilu 2024. Mereka berhasil meraih 96.214.691 suara.

Sementara, Anies-Cak Imin ada di posisi kedua dengan raihan 40.971.906 suara. Sedangkan, paslon Ganjar-Mahfud di posisi ketiga dengan capaian 27.040.878 suara.

Baca Juga: NasDem Terima Hasil Pemilu 2024!

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya