Anies Ditemani Kapten Timnas AMIN Temui Surya Paloh, Bahas Strategi

Anies sebut dapat gagasan baru soal strategi

Jakarta, IDN Times - Calon presiden dari Koalisi Perubahan, Anies Baswedan pada Rabu sore (15/11/2023) mendatangi NasDem Tower, Jakarta Pusat untuk menemui Surya Paloh. Ia datang ditemani kapten timnas pemenangan Anies-Muhaimin (AMIN), Muhammad Syaugi Alaydrus dan co-kapten, Sudirman Said.

Ini merupakan kali pertama bagi Anies dan Syaugi menemui Surya usai dilakukan pengundian nomor urut. 

"Tadi (kami) bertukar pikiran, berdiskusi banyak hal setelah kemarin barisan tim nasional pemenangan AMIN diumumkan. Lalu, pada malam harinya dilakukan pengundian nomor (urut). Intinya, percakapan tadi membahas langkah-langkah ke depan," ujar Anies di NasDem Tower. 

Selain itu, mereka juga berdiskusi hal-hal apa yang perlu diantisipasi, hal-hal apa yang perlu mendapat perhatian dan menjadi catatan bagi semua. "Jadi, kami tukar pikiran dan ngobrol bebas. Setiap kali berdiskusi dengan Beliau, selalu muncul ide dan gagasan baru," tutur dia lagi. 

Ia menambahkan bahwa ada pula ide dan gagasan baru dari tim untuk dieksekusi oleh tim AMIN. Lalu, apakah anggota timnas pemenangan akan ditambah?

Baca Juga: Daftar Lengkap LHKPN Terbaru Anies Baswedan, Hartanya Rp11,7 M!

1. Timnas pemenangan AMIN bakal ditambah dengan posisi deputi

Anies Ditemani Kapten Timnas AMIN Temui Surya Paloh, Bahas StrategiAnies Baswedan dan Muhaimin Iskandar ketika umumkan Muhammad Syaugi sebagai kapten timnas pemenangan AMIN. (IDN Times/Santi Dewi)

Sementara, Kapten Timnas Pemenangan AMIN, Muhammad Syaugi mengaku mendapatkan banyak ilmu dari Surya Paloh. Ia mengatakan mendapatkan banyak masukan dalam rangka strategi pemenangan. 

"Ya, tadi (membahas) strategi pemenangan. (Strategi) pemenangan bagi tim ini, tim AMIN. Kami kan bertugas memenangkan Beliau. Sedangkan, Pak Surya punya banyak pengalaman," kata Syaugi. 

Ia pun membenarkan bahwa akan ada sejumlah individu baru yang dimasukan ke dalam tim pemenangan AMIN. Mereka akan menduduki posisi deputi di tim pemenangan. 

"Iya dong (akan ada deputi). Itu yang kemarin disampaikan kan baru (posisi) atasnya. Ini (posisi deputi) sudah ada. Nanti dalam waktu dekan akan diumumkan," tutur dia. 

Syaugi pun tak menampik bahwa sejumlah nama sudah dibahas untuk ditambahkan ke dalam tim pemenangan. "Sudah, (perwakilan) dari semua partai ada di situ. Relawan pun juga ada di situ," ujarnya lagi. 

Baca Juga: Anies-Imin Umumkan Muhammad Syaugi Alaydrus Jadi Ketua Tim Pemenangan

2. Timnas pemenangan AMIN untuk memenuhi persyaratan yang ditetapkan KPU

Anies Ditemani Kapten Timnas AMIN Temui Surya Paloh, Bahas StrategiCapres dari Koalisi Perubahan, Anies Baswedan kenalkan jersey tim pemenangan AMIN. (IDN Times/Santi Dewi)

Sementara, Anies pada Selasa kemarin mengatakan yang bekerja keras untuk memenangkan AMIN bukan hanya individu yang tergabung di dalam timnas. Bahkan, menurutnya kapten timnas pemenangan AMIN sudah lama bergerak. 

"Mereka sesungguhnya ada di kampung-kampung, desa-desa, komplek-komplek. Karena mereka yang selama ini bekerja menghadirkan perubahan. Mereka adalah garda terdepan untuk menjangkau semuanya," kata Anies. 

Ia menambahkan koalisi perubahan bukan sekedar koalisi politik atau transaksional. Menurutnya, koalisi perubahan adalah gerakan berbasis prinsip dan moral. 

"Terbentuknya timnas AMIN bukan berfungsi untuk mengotakan, menentukan siapa yang ada di dalam atau di luar. Tapi, tim pemenangan ini berfungsi untuk memenuhi persyaratan dari KPU (Komisi Pemilihan Umum), di mana pasangan harus memiliki tim pemenangan," tutur dia lagi. 

Oleh sebab itu, kata Anies, nama-nama individu yang sudah berada di dalam tim pemenangan sejak awal, terus berjalan dan tak ada perubahan apapun. 

3. Daftar lengkap anggota tim pemenangan AMIN

Anies Ditemani Kapten Timnas AMIN Temui Surya Paloh, Bahas StrategiCapres dari Koalisi Perubahan, Anies Baswedan menunjukkan jersey AMIN. (IDN Times/Santi Dewi)

Berikut adalah line up lengkap tim pemenangan Anies-Muhaimin:

  1. Syaugi Alaydrus (Kapten): purnawirawan TNI Angkatan Udara dan mantan Kepala Badan SAR Nasional
  2. Sudirman Said (Co-captain/Ketua Harian): aktivis antikorupsi dan mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral
  3. Thomas Trikasih Lembong (Co-captain): mantan Menteri Perdagangan dan mantan Kepala BKPM
  4. Al Muzzammil Yusuf (Co-Captain): Ketua Umum pertama Partai Keadilan Sejahtera (PKS)
  5. Nihayatul Wafiroh (Co-Captain): tokoh penggerak perempuan dan anggota DPR dari fraksi Partai Kebangkitan Bangsa
  6. Azrul Tanjung (Co-Captain): pengurus Majelis Ulama Indonesia
  7. Nasirul Mahasin (Co-captain): Wakil Bupati Rembang (2000-2005)
  8. Leontinus Alpha Edison (Co-captain): co-founder Tokopedia
  9. Yusuf Muhammad Martak (Co-captain): Ketua Gerakan Nasional Pembela Fatwa (GNPF) Ulama
  10. Ki KRT H Lebdo Nagoro Anom Suroto (Co-captain): Budayawan senior
  11. Mohammad Jumhur Hidayat (Co-captain): mantan Kepala BNP2TKI
  12. Maksum Faqih (Co-captain): Putra bungsu KH Abdullah Faqih almarhum dan tokoh pendidik
  13. Suyoto (Co-captain): Bupati Bojonegoro dua periode (2008-2013, 2013-2018)
  14. Novita Dewi (Sekretaris Jenderal): Direktur Utama Jakarta Experience Board (JXB) periode 2019-2023
  15. Gede Widiade (Bendahara Umum): eks Presiden Persiba Balikpapan dan Persija Jakarta
  16. Ari Yusuf Amir (Ketua Tim Hukum Nasional): pengacara berpengalaman dan pernah menangani perkara di Mahkamah Konstitusi
https://www.youtube.com/embed/IWO6QlwpdJU

Baca Juga: Daftar Lengkap Timnas Pemenangan AMIN Hadapi Pemilu 2024

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya