Atalia Curhat Rindu Eril: Ril, Kamu di Mana? Sini Pulang

Pencarian terhadap jasad Eril akan dilakukan hingga ketemu

Jakarta, IDN Times - Istri Ridwan Kamil, Atalia Praratya kembali mengunggah rasa rindunya kepada sang putra sulung, Emmeril Khan Mumtadz atau yang akrab disapa Eril. Meski mengaku telah ikhlas menerima kenyataan, Atalia masih berharap Eril kembali ke rumah dalam keadaan selamat. 

"12 hari telah berlalu. Kamu di mana? Di mana, Ril? Sini pulang," ungkap Atalia di akun Instagramnya pada Senin, (6/6/2022). 

Ia juga mengaku masih sering menangis bila melihat foto-foto Eril ketika berada di Swiss. Termasuk satu foto terakhir yang diabadikan sebelum Eril hanyut terbawa arus Sungai Aare, di Swiss. 

"Foto terakhir adalah foto berdua kita di pagi sebelum insiden itu," katanya. 

Atalia turut mengisahkan sikap putra sulungnya di masa terakhir sebelum mengalami musibah. Ia tiba-tiba senang difoto bersama keluarga. Ia menduga sikap Eril itu seolah menjadi penanda ingin menghabiskan waktu kebersamaannya yang terakhir. 

"Mengapa kamu yang ceria, lucu, ringan tangan, sabar, selalu wangi dan tiba-tiba saja senang difoto di akhir-akhir kebersamaan kita, terus membuat dada ini sesak. Air mata ini tak kunjung kering, Ril," tutur dia lagi. 

Tak pelak curhatan Atalia itu ditanggapi duka dan doa oleh warganet. Lalu, bagaimana perkembangan pencarian terhadap jenazah Eril?

Baca Juga: Ridwan Kamil Beri Kesaksian atas Kiprah dan Semangat Hidup Emmeril

1. Polisi maritim Swiss sudah lakukan pencarian hingga 29 kilometer, belum ada hasil

Atalia Curhat Rindu Eril: Ril, Kamu di Mana? Sini PulangGubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (jaket kuning) didampingi Duta Besar Indonesia untuk Swiss, Muliaman D. Hadad mendengarkan penjelasan dari polisi Swiss terkait pencarian Eril yang hanyut di Sungai Aare, 26 Mei 2022. (Dokumentasi KBRI Bern)

Mengutip situs resmi KBRI Bern per 4 Juni 2022 lalu, pencarian terhadap tubuh Eril masih terus dilakukan. Berdasarkan keterangan polisi maritim Bern, pencarian telah mencapai 29 kilometer di wilayah Sungai Aare. 

"Namun, hingga Sabtu sore, 4 Juni 2022, pencarian belum membuahkan hasil yang diharapkan," demikian tulis KBRI Bern. 

Tantangan untuk pencarian Eril diprediksi bakal lebih berat lantaran beberapa hari ke depan cuaca akan diliputi hujan dan badai. Terutama di daerah pegunungan. Hal tersebut dapat berdampak ke debit air Sungai Aare yang akan meningkat. 

Polisi maritim di Swiss, kata KBRI Bern, terus melakukan pencarian dengan metode patroli perahu dan patroli darat. "Sedangkan, penggunaan metode lainnya akan sangat bergantung pada jumlah debit air, tingkat kekeruhan air, dan cuaca di sepanjang area pencarian yang dapat berubah sewaktu-waktu," kata mereka.

Meski demikian, saat ini Swiss sudah mulai memasuki musim panas. Hal itu bisa menguntungkan bagi proses pencarian tubuh Eril. 

"Pihak kepolisian Bern optimistis bahwa naiknya temperatur pada musim panas akan berimplikasi pada penambahan debit air dan intensitas aktivitas pengunjung di sepanjang sungai Aare," tutur mereka lagi. 

Baca Juga: 5 Potret Ridwan Kamil Gelar Salat Ghaib untuk Eril di Bandung

2. Keluarga Ridwan Kamil minta pencarian dilakukan hingga jasad Eril ditemukan

Atalia Curhat Rindu Eril: Ril, Kamu di Mana? Sini PulangEril dan Ridwan Kamil (instagram.com/emmerilkahn)

Sementara, di akun media sosialnya, Atalia mengatakan bahwa pencarian terhadap jenazah Eril masih terus dilakukan oleh otoritas di Swiss. Pencarian itu akan tetap dilakukan hingga batas waktu yang belum ditentukan. 

"Mohon senantiasa keikhlasannya untuk mendoakan A Eril agar husnul khatimah dan segera ditemukan," ungkap Atalia. 

Di unggahan lainnya di Instagramnya, Atalia juga mengunggah video aktivitas sang suami, Ridwan Kamil selama berada di Swiss. Pria yang akrab disapa Kang Emil itu rela turun ke pinggir Sungai Aare mencari Eril. 

"Ril, ini yang ayah kamu lakukan setiap hari," kata Atalia di unggahan tersebut.

Di sisi lain, Kang Emil sudah tak bisa melakukan pencarian. Hal itu lantaran ia harus kembali ke Indonesia untuk melanjutkan tugas sebagai Gubernur Jawa Barat. Maka, proses pencarian jasad Eril akan dipantau langsung oleh adik Kang Emil, Elpi Nazmuzaman.

3. Polri sebut Interpol sudah terbitkan yellow notice atas nama Eril

Atalia Curhat Rindu Eril: Ril, Kamu di Mana? Sini PulangSalam perpisahan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil bersama keluarga bagi putra sulung mereka, Eril, sebelum kembali ke Indonesia. (www.twitter.com/@teguh_korjakbdg)

Sementara, Mabes Polri menyebut interpol telah menerbitkan yellow notice atas nama Eril. Yellow notice itu sesuai dengan permintaan Polri sebagai bagian untuk mencari tubuh Eril. 

Yellow Notice merupakan permohonan kepada lembaga kepolisian di seluruh dunia untuk mencari korban penculikan karena tindak kejahatan, atau orang hilang yang belum diketahui sebabnya.

"Interpol sudah merilis Yellow Notice (atas nama) Eril," ujar Kepala Divisi Humas Polri Irjen (Pol) Dedi Prasetyo seperti dikutip dari laman resmi Polri, 2 Juni 2022.

Menurut dia, Yellow Notice itu ditujukan kepada anggota Interpol di seluruh dunia. Dengan diterbitkan Yellow Notice, maka seluruh negara yang menjadi anggota Interpol dapat ikut serta memberikan informasi bila menemukan tubuh Eril.

Menurut Dedi, Polri terus bekerja sama dengan kepolisian di Swiss dan KBRI untuk memantau perkembangan pencarian Eril. Ia menegaskan, langkah penerbitan Yellow Notice yang diajukan pihaknya ini merupakan langkah pro-aktif dari Polri untuk ikut membantu pencarian putra Gubernur Jabar tersebut.

"Kami akan berusaha maksimal dalam upaya membantu agar Eril segera ditemukan. Mari kita ikut membantu dan mendoakan," tutur Dedi. 

Baca Juga: Sampaikan Duka Cita pada Ridwan Kamil, Jokowi: Saya Tak Bisa Bayangkan

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya