Dibuka Rabu, Ini Daftar Alutsista yang Hadir Pada Indo Defence 2022

Mulai dari jet tempur Rafale hingga pesawat intai Poseidon

Jakarta, IDN Times - Ajang pameran alutsista internasional yang dihelat oleh Kementerian Pertahanan, Indo Defence Expo & Forum resmi dimulai pada Rabu (2/11/2022) di Jakarta International Expo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Acara promosi bagi produsen pertahanan dan keamanan internasional itu kembali digelar setelah dua kali tertunda akibat pandemik COVID-19. 

Indodefence kali terakhir digelar pada 2018 yang diikuti 867 perusahaan dari 60 negara. Kali ini, Indodefence rencananya bakal dihadiri oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Ini akan menjadi kali pertama acara tersebut dibuka Jokowi sejak ia duduk di kursi presiden. 

Sesuai jadwal yang ada, Jokowi direncanakan bakal membuka acara pada pukul 09:00 WIB. Ia juga dijadwalkan bakal meninjau demonstrasi alutsista. 

Sebelumnya, ketika memberikan keterangan pers, Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto mengatakan tahun ini Indodefence mengambil tema 'Peace, Prosperity, Strong Defence'. Menurutnya, tema itu dipilih karena berkaitan dengan makna pertahanan negara untuk melindungi kemakmuran. 

"(Indo Defence) ini seharusnya kita lakukan pada 2020, tapi karena pandemik kami tunda hingga 2021. Tapi, saat itu masih COVID-19. Lalu, kami tunda lagi sampai 2022. Kami lihat ada kemajuan dan pandemik sudah mulai terkendali," ungkap Prabowo pada 27 Oktober 2022 lalu di kantor Kemhan, Jakarta Pusat.

Ia mengatakan dalam pameran tahun ini ada ratusan perusahaan pertahanan dari seluruh dunia yang bakal ikut. Prabowo menyebut saat ini yang sudah konfirmasi perusahaan dari 59 negara. 

"Kemungkinan bisa 60 negara. Satu (negara) lainnya sedang kita tunggu konfirmasinya," kata dia. 

Prabowo menambahkan bakal ada puluhan kontrak kerjasama yang bakal diteken dalam acara tersebut. "Ada kerja sama, MoU (nota kesepahaman) dan sejumlah kontrak," ujarnya lagi.

Salah satu perusahaan pertahanan yang memastikan diri hadir adalah perusahaan raksasa asal Amerika Serikat, Boeing. Apa saja alutsista yang bakal diboyong untuk dipamerkan di Jakarta?

1. Jet tempur F-15 EX hingga pesawat patroli maritim Poseidon P-8 bakal dipamerkan

Dibuka Rabu, Ini Daftar Alutsista yang Hadir Pada Indo Defence 2022Ilustrasi pesawat Poseidon P-8 (www.airforce.gov.au)

Presiden Boeing Asia Tenggara, Alex Feldman, mengatakan salah satu alutsista yang bakal dipamerkan adalah versi terbaru dan paling canggih dari pesawat tempur F-15 EX.

“Kami sangat senang bisa berpartisipasi dalam Indo Defence 2022 sehingga bisa terlibat langsung dengan pelanggan kami dan melayani kebutuhan mereka saat ini dan di masa depan," ujar Feldman dalam keterangan tertulis pada 26 Oktober 2022 lalu.

Seperti yang diketahui, Indonesia juga tengah mengincar pembelian jet tempur F-15 EX dari Negeri Paman Sam. Bahkan, Pemerintah AS sudah memberikan lampu hijau penjualan 36 unit F-15 EX dan berbagai peralatan militer lainnya senilai 14 miliar dollar Amerika Serikat atau setara Rp200 triliun pada Februari 2022 lalu. Namun, Prabowo menyebut pembelian itu akan dilakukan dengan cara angsuran.

Selain F-15EX, Boeing juga akan menampilkan beragam kemampuan dalam pesawat tempur multiperan, platform vertical lift, sistem pesawat tanpa awak, hingga platform pesawat komersial turunannya. Berikut daftar alutsista yang bakal dipamerkan Boeing di ajang Indo Defence 2022:

  1. Helikopter CH-47 Chinook
  2. Helikopter AH-64 E Apache
  3. Jet tempur F-15 EX
  4. Integrator
  5. E-7 Airborne Early Warning & Control (AEW & C)
  6. Pesawat intai maritim P-8 Poseidon

Baca Juga: RI Gelar Indodefence, Undang Industri Pertahanan dari 60 Negara

2. Jet tempur Rafale dan pesawat A330 MRTT milik AU Prancis telah mendarat di Lanud Halim

Dibuka Rabu, Ini Daftar Alutsista yang Hadir Pada Indo Defence 2022Pesawat militer A400M ketika mendarat di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur dalam Misi Pegassus 2022. (Dokumentasi Kementerian Pertahanan)

Selain jet tempur F-15EX yang bakal diboyong, sudah mendarat pula di Lanud Halim Perdanakusuma sejak 31 Oktober 2022 dua jet tempur Rafale dan satu pesawat tanker A330 MRTT milik Angkatan Udara Prancis. Sebelumnya, alutsista itu sudah mampir di Indonesia pada September 2022 lalu dalam misi Pegasus 2022.

Mereka mampir ke Indonesia karena Prabowo sudah sepakat untuk membeli enam jet tempur Rafale dari Prancis. Maka, ketika Wamenhan M. Herindra ikut meninjau pesawat canggih tersebut, ia mengatakan sebentar lagi alutsista itu bakal memperkuat TNI Angkatan Udara (AU). 

"Kemhan dan TNI Angkatan Udara akan melihat beberapa pesawat yang sebentar lagi akan menjadi milik kita, di antaranya pesawat A400 M dan Rafale," ungkap Herindra pada 13 September 2022 dalam keterangan tertulisnya.

Selain alutsista dari Prancis, ada pula Helikopter Black Hawk dari Brunei Darussalam. Pesawat lain yang diketahui mengikuti static display yakni N219 dan CN 235 FTB dari PT Dirgantara Indonesia.

3. Indo Defence bakal digelar di tiga tempat terpisah

Dibuka Rabu, Ini Daftar Alutsista yang Hadir Pada Indo Defence 2022Menteri Pertahanan Prabowo Subianto ketika memberikan keterangan pers dalam dialog 2+2 dengan Menhan Australia, Peter Dutton (Tangkapan layar YouTube Kementerian Luar Negeri)

Prabowo menyebut Indo Defence 2022 bakal digelar di dua tempat lainnya selain di JI Expo pada 2 November-5 November. Lokasi pertama berada di Pondok Dayung Dock dan titik kedua berada di Lanud Halim Perdanakusuma. 

"Dalam event ini kami juga akan lakukan forum diskusi, forum ilmiah tentang teknologi dan teknik, taktik dan strategi pertahanan serta perang. Kami bakal undang para pakar yang akan memberi masukan," kata Prabowo.

Namun, publik baru bisa menghadiri acara ini pada Sabtu, 5 November 2022. Publik dapat menyaksikan pameran dengan membayar tiket dengan harga Rp50 ribu. 

Baca Juga: Prabowo Berharap Indonesia Bisa Produksi Jet Tempur 5 Tahun Lagi 

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya