Dislepet Cak Imin Pakai Sarung, Anies Janji Gak akan Balas

"Kaki lumayan pedes tapi sudah sembuh"

Jakarta, IDN Times - Bakal capres dari Koalisi Perubahan, Anies Baswedan, tersenyum lebar ketika ditanyakan kondisi kakinya usai kena slepet sarung Muhaimin Iskandar. Adegan slepet sarung itu semula sekedar konten untuk memperingati Hari Santri pada Minggu, 22 Oktober kemarin. Namun, Anies mengaku terkejut dan merasa sakit di bagian kaki. 

"Ada slepetan-slepetan kemarin, seru sih. Tapi, kaki saya sekarang sudah sembuh," ujar Anies di Mandarin Oriental Hotel, Jakarta Pusat, Selasa (24/10/2023).

Ia pun mengaku tidak akan membalas kelakuan iseng Muhaimin tersebut. "Gak akan lah (dibalas). Tapi, seru sih slepetannya. Itu kaget beneran," tutur dia. 

1. Cak Imin berseloroh sengaja nyelepet Anies dengan keras karena belum jadi presiden

Dislepet Cak Imin Pakai Sarung, Anies Janji Gak akan BalasAnies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) (ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/Reno Esnir)

Sementara, ketika dikonfirmasi kepada Muhaimin, alasannya slepet Anies dengan cukup keras karena mumpung belum terpilih jadi presiden. Selain itu, slepetan baru dinilai valid bila menggunakan tenaga penuh. 

"Emang jepretan kan harus kenceng. Kalau gak kenceng bukan jepretan. Ya, mumpung belum jadi presiden," ungkap pria yang akrab disapa Cak Imin itu di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Senin kemarin. 

Ia mengatakan, seandainya Anies terpilih jadi presiden maka aktivitas tersebut tak lagi boleh dilakukan. "Ya, gak boleh. Kan itu simbol negara," tutur dia lagi. 

Baca Juga: Bikin Konten Fungsi Sarung, Ini Momen Kocak Anies Dislepet Cak Imin

2. Cak Imin sebut kepiawaian seorang santri dapat dilihat dari cara bersarung

Dislepet Cak Imin Pakai Sarung, Anies Janji Gak akan BalasMuhaimin Iskandar (kiri) dan Anies Baswedan (kanan) ketika membuat konten tentang sarung. (www.instagram.com/@aniesbaswedan)

Sebelumnya, di konten tersebut, Anies sempat bertanya pada Cak Imin bagaimana cara memakai sarung. Cak Imin kemudian menjelaskan tiga fungsi sarung sekaligus cara memakainya.

"Oh luar biasa kalau sarung zaman kita pesantren nih, yang pertama untuk sarungan. Biasanya kepiawaian seorang santri dilihat dari kemampuannya bersarung, semakin dia bagus dan rapih semakin kuat biasanya supaya tidak mudah melorot," ujar Cak Imin.

Kemudian, Cak Imin melanjutkan, sarung juga biasa dipakai santri untuk selimut.

"Fungsinya untuk selimutan, anti-nyamuk," tutur dia. 

Selanjutnya ketiga, Cak Imin menyebut, sarung juga bisa dipakai untuk bermain. Cak Imin pun mengambil sarung yang sudah dililit hingga membentuk untaian panjang, lalu memecut kaki Anies.

"Nah, yang ketiga nih untuk nyelepet, seperti ini," ujar Cak Imin seraya memecut kaki Anies yang terlihat kaget.

"Waduh lumayan pedes, ya," ucap Anies yang terlihat kesakitan sambil tertawa.

Di akhir video, tiba-tiba melintas seseorang menggunakan sarung seperti ninja yang mengundang gelak tawa kedua pasangan capres dan cawapres itu. 

"Lho, salah satu fungsinya jadi ninja, gak bahaya ta?" ujar Cak Imin.

Sontak unggahan tersebut mengundang reaksi netizen, banyak yang mengapresiasi duet capres dan cawapres ini, lantaran memiliki usia yang tidak terpaut jauh. Video ini juga dibawa ke platform Twitter, yang juga mengundang gelak tawa netizen.

3. Anies-Cak Imin jadi pasangan pertama yang daftar ke KPU

Dislepet Cak Imin Pakai Sarung, Anies Janji Gak akan BalasPasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar akan mendaftar ke KPU pada Kamis, 19 Oktober 2023. (www.instagram.com/@aniesbaswedan)

Pasangan Anies-Cak Imin sudah mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 19 Oktober 2023 lalu. Mereka menjadi pasangan capres-cawapres pertama yang mendaftar. 

Saat berorasi di hadapan relawan, Anies mengucapkan permintaan maaf kepada lawan-lawan politiknya yang sejak awal sudah meragukan mereka bisa mendaftar ke KPU. 

"Hari ini kami berkumpul di sini. Mohon maaf karena kami telah mengecewakan. Kami mengecewakan mereka-mereka yang pesimis. Mereka yang katakan kapal ini tidak akan berlayar," ujar Anies di depan gedung KPU. 

https://www.youtube.com/embed/zCl38z3ne2c

Baca Juga: Visi Misi Anies-Imin di Pemilu 2024: Indonesia Adil Makmur buat Semua

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya