Visi Misi Anies-Imin di Pemilu 2024: Indonesia Adil Makmur buat Semua

AMIN punya 8 misi yang ingin diwujudkan

Jakarta, IDN Times - Pasangan bakal capres-cawapres Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar resmi mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Kamis (19/10/2023). Tak lama setelah itu, mereka merilis dokumen berisi visi dan misi pasangan yang dijuluki AMIN tersebut. Dokumen tersebut setebal 148 halaman yang berisi visi, misi dan program pasangan tersebut. 

Di dalam dokumen tersebut, AMIN memilih visi: Indonesia Adil Makmur untuk Semua.

"Dengan perubahan sebagai dasar gagasan, kami mengusung visi yang merupakan impian jutaan rakyat Indonesia, yakni Indonesia Adil Makmur untuk Semua," demikian tulis AMIN seperti dikutip dari dokumen tersebut, Sabtu (21/10/2023). 

Mereka mengaku akhirnya memilih visi tersebut usai melakukan perjalanan panjang tanpa lelah dari Aceh hingga Papua. "Kami bertemu, bertatap muka, mendengar, dan berbicara dengan rakyat Indonesia dari berbagai usia, latar belakang, pendidikan, profesi, status sosial, ekonomi dan agama," kata AMIN. 

Selain itu, mereka juga mengklaim telah berdiskusi dengan ribuan tokoh masyarakat, pemikir dan akademisi, pemuka agama serta aktivis. Berdasarkan perjalanan panjang itu, AMIN menemukan fakta kehidupan masyarakat saat ini masih dipenuhi berbagai masalah. 

"Sementara, untuk menghadirkan kesejahteraan bagi semua yang dibutuhkan adalah perubahan," tutur mereka lagi. 

Apa saja misi dan program pasangan AMIN untuk menghadirkan perubahan tersebut di Indonesia?

1. AMIN buat 8 jalan perubahan untuk mewujudkan visi Indonesia Adil dan Makmur

Visi Misi Anies-Imin di Pemilu 2024: Indonesia Adil Makmur buat SemuaCover depan visi-misi Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar. (Tangkapan layar visi-misi)

Untuk mewujudkan visi tersebut, pasangan AMIN bakal melakukan 8 langkah konkret yang disebut 8 jalan perubahan. Delapan jalan itu dijabarkan dalam bentuk agenda dan program khusus. 

Berikut 8 misi tersebut:

  1. Memastikan ketersediaan kebutuhan pokok dan biaya hidup murah melalui kemandirian pangan, ketahanan energi, dan kedaulatan air
  2. Mengentaskan kemiskinan dengan memperluas kesempatan berusaha dan menciptakan lapangan kerja, mewujudkan upah berkeadilan, menjamin kemajuan ekonomi berbasis kemandirian dan pemerataan, serta mendukung korporasi Indonesia berhasil di negeri sendiri dan bertumbuh di kancah global
  3. Mewujudkan keadilan ekologis berkelanjutan untuk generasi mendatang
  4. Membangun kota dan desa berbasis kawasan yang manusiawi, berkeadilan dan saling memajukan
  5. Mewujudkan manusia Indonesia yang sehat, cerdas, produktif, berakhlak, serta berbudaya
  6. Mewujudkan keluarga Indonesia yang sejahtera dan bahagia sebagai akar kekuatan bangsa
  7. Memperkuat sistem pertahanan dan keamanan negara, serta meningkatkan peran dan kepemimpinan Indonesia dalam kancah politik global untuk mewujudkan kepentingan nasional dan perdamaian dunia
  8. Memulihkan kualitas demokrasi, menegakkan hukum dan HAM, memberantas korupsi tanpa tebang pilih, serta menyelenggarakan pemerintahan yang berpihak pada rakyat.

Baca Juga: Anies dan Cak Imin Pakai Jip Terbuka Daftar Pilpres ke KPU

2. Pasangan AMIN berambisi menurunkan tingkat kemiskinan dari 9,36 persen menjadi 4 persen

Visi Misi Anies-Imin di Pemilu 2024: Indonesia Adil Makmur buat SemuaVisi misi Anies dan Cak Imin (IDN Times/Aditya Pratama)

Salah satu poin penting di dalam dokumen visi-misi AMIN yakni mereka berambisi untuk menurunkan tingkat kemiskinan hingga 2029 mendatang. Tidak tanggung-tanggung target angka kemiskinan yang hendak diturunkan mencapai 5,36 persen. 

Berikut langkah AMIN untuk mengentaskan kemiskinan:

  1. Memperbaiki bantuan sosial yang bersifat langsung (memberi ikan) seperti Bantuan Langsung Tunai (BLT) dan Program Keluarga Harapan dengan perbaikan ketepatan sasaran penerima
  2. Meningkatkan program yang bersifat tidak langsung (memberi kail) berupa insentif dan kebijakan untuk menumbuhkan sektor riil yang berdampak pada penciptaan lapangan kerja dan aktivitas ekonomi produktif lainnya
  3. Mengentaskan kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan melalui pendekatan multisektor dengan target menurunkan kemiskinan dari 9,36 persen (Maret 2023) menjadi 4 persen hingga 5 persen (2029) dan kemiskinan ekstrem 0 persen (2026). 
  4. Memastikan ketersediaan dan keterjangkauan harga kebutuhan bahan pokok rakyat, terutama pangan dan papan, termasuk program JAS MERAH PUTIH, jaringan pasar penyedia kebutuhan pokok murah berbasis komunitas di desa dan kantong kemiskinan kota
  5. Memastikan akses dan keterjangkauan biaya layanan publik bagi masyarakat segmen ekonomi menengah dan bawah, termasuk transportasi, pendidikan dan kesehatan
  6. Memperbaiki akurasi data kemiskinan dengan digitalisasi database serta digitalisasi sistem monitoring dan evaluasi pengentasan kemiskinan
  7. Membangun ekosistem Food Bank sebagai jembatan (redistribusi) antara pihak yang surplus makanan dengan yang membutuhkan makanan
  8. Mewujudkan sistem jaminan sosial yang tepat sasaran, komprehensif, dan inklusif melalui perluasan kepesertaan khususnya bagi kelompok informal miskin, lansia dan rentan tanpa menciptakan ketergantungan
  9. Membentuk kelembagaan sistem jaminan sosial yang merupakan payung bagi seluruh program perlindungan sosial yang dikelola oleh sebuah badan yang bekerja secara profesional untuk meningkatkan kualitas, akuntabilitas dan efektivitas program.

3. AMIN bakal mengembangkan 8 kawasan di Indonesia melalui 8 sayap kemajuan

Visi Misi Anies-Imin di Pemilu 2024: Indonesia Adil Makmur buat SemuaPasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar akan mendaftar ke KPU pada Kamis, 19 Oktober 2023. (www.instagram.com/@aniesbaswedan)

Di dalam dokumennya, AMIN turut menyusun strategi untuk pemerataan pembangunan di seluruh wilayah Indonesia. Tujuannya memastikan pertumbuhan ekonomi yang tinggi dengan memenuhi prinsip keadilan dan keberlanjutan. 

"Maka, setiap kawasan yang ada di Indonesia harus didorong untuk memaksimalkan perannya sebagai sayap kemajuan. Kami menyusun agenda strategis yang meliputi pengembangan delapan kawasan di Indonesia yang disebut 8 sayap kemajuan," kata AMIN. 

Delapan kawasan yang hendak dibangun secara merata yaitu Sumatra, Jawa, Kalimantan, Bali dan Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku, Papua dan Kawasan Pesisir, Kepulauan serta Pedalaman. 

https://www.youtube.com/embed/O2_U9f1ZvTE

Baca Juga: Surya Paloh Minta Restu Rakyat Indonesia agar AMIN Menang Pemilu

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya