HUT ke-78 TNI, Jokowi Puas Bisa Pamer Alutsista Milik Indonesia

Jokowi ingatkan pembelian alutsista sesuai kebutuhan

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengaku puas dengan perhelatan puncak HUT ke-78 TNI yang digelar di Silang Monas, Jakarta Pusat pada Kamis (5/10/2023). Ia terlihat tersenyum ketika menyaksikan atraksi udara dan parade alutsista yang ditampilkan di acara tersebut. 

"Acara hari ini khidmat dan juga sangat meriah. Kita bisa menampilkan kepada para undangan dan masyarakat, alutsista yang kita miliki baik di TNI AD (Angkatan Darat), AL (Angkatan Laut), dan AU (Angkatan Udara)," ungkap Jokowi di Monas pada siang ini. 

Ia menambahkan kekuatan militer Indonesia jelas tak bisa diremehkan karena alutsista yang dimiliki lengkap. Padahal, menurut Jokowi, alutsista yang dipamerkan masih sebagian kecil. 

"Tapi, paling tidak sudah menunjukkan kekuatan kita seperti apa. Memang masih banyak yang perlu kita perbaiki dan evaluasi. Tapi, secara umum bagus kok," tutur dia lagi. 

Sebelumnya menurut, ketua panitia HUT ke-78, Asisten Personel Panglima TNI, Marsekal Muda Arif Widianto, ada sekitar 130 alutsista yang dipamerkan pada hari ini. Bahkan, alutsista itu bisa ikut dinikmati di sekitaran Bunderan Hotel Indonesia (HI). 

Baca Juga: 130 Alutsista Dipamerkan saat Gladibersih HUT ke-78 TNI di Monas

1. Jokowi minta pembelian alutsista disesuaikan dengan prioritas

HUT ke-78 TNI, Jokowi Puas Bisa Pamer Alutsista Milik IndonesiaPresiden Joko "Jokowi" Widodo ketika melakukan inspeksi pasukan di puncak HUT ke-78 TNI. (IDN Times/Santi Dewi)

Lebih lanjut, Jokowi tak menampik masih perlu ada evaluasi terhadap kondisi alutsista militer Indonesia. Meski begitu, ia mewanti-wanti agar pembelian alutsista disesuaikan dengan prioritasnya dan bijak. 

"Jadi, mesti ada skala prioritas. Alutsista penting, tetapi dilihat apakah ada yang lebih penting. Apakah kita akan berperang ke depannya? Jadi, dipilih prioritasnya yang mana," kata mantan Gubernur DKI Jakarta itu. 

Sebelumnya, di dalam pidato sambutannya, Jokowi mendorong agar pembelian alutsista dilakukan secara bijak. Apalagi situasi dunia saat ini sedang dilanda krisis keuangan dan pangan.

"Untuk urusan alutsista, memang modernisasi alutsista sangat diperlukan. Tapi, keuangan negara, anggaran negara, APBN kita sangat terbatas. Sedangkan, untuk kesejahteraan rakyat sangat besar (anggaran yang dibutuhkan). Maka, belanja alutsista harus dilakukan secara bijak," kata mantan Wali Kota Solo itu. 

Baca Juga: Sejarah Pembentukan TNI, Ini Panglima Pertamanya 

2. Jokowi dorong tiap pembelian alutsista diikuti transfer teknologi

HUT ke-78 TNI, Jokowi Puas Bisa Pamer Alutsista Milik IndonesiaPresiden Jokowi kunjungi IKN pakai jalur laut dari Balikpapan (dok.Sekretariat Presiden)

Jokowi mendorong agar modernisasi alutsista diikuti dengan transfer teknologi. Dengan begitu, TNI telah melakukan bagian penting dari pengembangan investasi industri pertahanan dalam negeri. 

"Sehingga, harus didorong transfer teknologi, didorong peningkatan SDM dan yang paling penting harus diutamakan produk buatan dalam negeri," kata mantan Wali Kota Solo itu. 

3. 91 pesawat dari tiga matra ikut memeriahkan atraksi udara saat HUT ke-78 TNI

HUT ke-78 TNI, Jokowi Puas Bisa Pamer Alutsista Milik IndonesiaTim Jupiter Aerobatic (JAT) bakal unjuk kebolehan di puncak HUT ke-78 TNI di Monas pada 5 Oktober 2023. (www.instagram.com/@puspentni)

Sementara, menurut Marsda Arif ada 91 pesawat dari tiga matra yang ikut tampil. Dia menjelaskan di dalam upacara, juga ditampilkan atraksi udara. Atraksi dimulai dari terjun payung dari 78 prajurit TNI dan anggota Polri.

"Ini melambangkan hari ulang tahun ke-78 TNI yang terdiri dari TNI dan Polri. Kemudian (atraksi udara) dilanjutkan dengan fly past pesawat. Pertama, aksi fly past dari Giant Flight yang terdiri atas helikopter yang membawa bendera raksasa," kata Arif. 

Lalu, aksi fly past gabungan darat, laut, dan udara, turut menyusul. Mereka melakukan aksi fly past dari berbagai tipe pesawat yang dimiliki oleh TNI. 

https://www.youtube.com/embed/zTYO2I5dPeU

Baca Juga: Ini Pesan Jokowi di HUT 78 TNI: Bijak Gunakan Anggaran untuk Alutsista

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya