130 Alutsista Dipamerkan saat Gladibersih HUT ke-78 TNI di Monas

Gladibersih dihadiri langsung Panglima TNI

Jakarta, IDN Times - TNI menggelar gladibersih HUT ke-78 di Silang Monas, Jakarta Pusat, Selasa (3/10/2023). Gladibersih itu dihadiri langsung Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono.

Yudo terlihat hadir didampingi tiga kepala staf matra. Mulai dari Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal Dudung Abdurachman; Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL), Laksamana Muhammad Ali; dan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU), Marsekal Fadjar Prasetyo. 

Di lokasi yang sama juga terparkir sejumlah kendaraan taktis milik TNI. Sebuah panggung dan dua layar videotron juga terpasang untuk acara yang akan digelar pada Kamis, 5 Oktober 2023. 

Perayaan HUT ke-78 TNI pada 2023 mengambil tema "TNI Patriot NKRI Pengawal Demokrasi untuk Indonesia Maju". Total ada 4.630 personel TNI dan 130 alutsista yang dipamerkan dalam perayaan tersebut. 

Pada HUT ke-78 TNI, Panglima Divisi Infanteri 3/Kostrad Mayjen TNI Choirul Anam akan menjadi komandan upacara. Sementara, pengucap Sapta Marga dari tiga matra TNI yaitu Danbrigif Mek 16/WY Kolonel (Inf) Sigid Hengki Purwanto yang didampingi Danlanal Palembang Kolonel Laut (P) Sandy Kurniawan serta Asren Kopasgat Kolonel Pas Dili Setiawan. 

Alutsistsa apa saja yang ditampilkan di Monas pada lusa mendatang?

Baca Juga: Jelang HUT ke-78, TNI Pamerkan Alutsista hingga Donor Darah di Monas

1. Sebanyak 130 alutsista dipamerkan di Monas

130 Alutsista Dipamerkan saat Gladibersih HUT ke-78 TNI di MonasDeretan alutsista yang dipamerkan di HUT ke-78 TNI. (IDN Times/Santi Dewi)

Sementara, pada HUT ke-78, TNI bakal memamerkan sejumlah alutsista unggulannya. Alutsista itu berupa senjata rudal hingga pesawat. 

"Untuk alutsista terbaru ada 91 pesawat, di mana salah satunya ada Hercules tipe J TNI Angkatan udara," ujar Aspers Panglima TNI, Marsekal Muda (Marsda) TNI Arif Widianto di Monas, hari ini. 

Selain itu, kata Arif, ada juga 140 kendaraan dari matra darat. "Yang terbaru adalah beberapa dari darat, laut yang telah ditampilkan. Rudal-rudal tadi juga ikut ditunjukkan," tutur dia. 

Ia menambahkan perayaan HUT ke-78 TNI akan dilaksanakan secara besar-besaran. Sebab, dua tahun berturut-turut sempat terkendala akibat pandemik COVID-19. 

Baca Juga: KSAL: Indonesia Idealnya Punya 12 Kapal Selam, Tapi Baru Ada 4 Unit

2. HUT ke-78 TNI bakal dimeriahkan demo udara yang melibatkan 91 pesawat

130 Alutsista Dipamerkan saat Gladibersih HUT ke-78 TNI di MonasSituasi gladi bersih TNI di Monas, Jakarta Pusat pada 3 Oktober 2023. (IDN Times/Santi Dewi)

Lebih lanjut, Arif mengatakan, demo udara yang bakal ditampilkan pada HUT ke-78 TNI melibatkan 91 pesawat dan 78 personel. Ia menjelaskan demo udara akan diawali dengan free fall sebanyak 78 personel TNI dan beberapa anggota Polri.

Kemudian, dilanjutkan aksi fly pass pesawat tempur, yang terdiri atas helikopter membawa bendera raksasa.

"Demo udara ini pertama diawali dengan terjun payung, yang terdiri dari 78 personel. Ini melambangkan hari ulang tahun ke-78 yang terdiri atas TNI dan Polri," tutur dia. 

Baca Juga: 30 Pesawat TNI Bakal Fly Pass di Langit Istana saat HUT ke-78 RI

3. TNI gelar pameran alutsista terbuka untuk masyarakat

130 Alutsista Dipamerkan saat Gladibersih HUT ke-78 TNI di MonasWarga mencoba alutsista yang dipajang di Monas jelang HUT ke-78 TNI. (www.tni.mil.ad)

Sebelum mencapai puncak HUT ke-78, Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono sudah memajang ratusan alutsista untuk bisa dinikmati masyarakat. Alutsista itu dipamerkan sejak 24 September 2023 hingga 5 Oktober 2023. 

"Kami laksanakan pameran alutsista dan bakti sosial. Masyarakat dapat hadir, silakan masyarakat berduyun-duyun melihat hiburan dan pameran alutsista dalam HUT ke-78 TNI," kata Yudo di Monas pada 24 September 2023. 

Adapun alutsista yang dipamerkan berasal dari Mabes Polri sebanyak 5 unit, dari TNI AD 45 unit, TNI AL 45 unit, dan TNI AU 30 unit. Selanjutnya, TNI membuka dapur lapangan dengan menggelar 8 unit dapur mobile di pusat.

Perosnel TNI memasak 2.600 porsi makanan per hari, sedangkan di daerah digelar di setiap kotama dan dilaksanakan secara gabungan.

https://www.youtube.com/embed/bvSTe0Ro_P4

Baca Juga: PT PAL dan Naval Group Kerja Sama Produksi Kapal Selam Scorpene

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya