KPK Tetapkan Kepala Imigrasi Mataram Tersangka Penerima Suap

Kepala Imigrasi diduga terima suap Rp800 juta

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akhirnya menetapkan Kepala Kantor Imigrasi Klas I Mataram, Kurniadie sebagai tersangka penerima suap pada Selasa (28/5). Kurniadie diduga telah menerima suap dari pengelola sebuah resort mewah di Lombok, Nusa Tenggara Barat bernama Wyndam Sundacer. Total uang yang diterima oleh Kurniadie mencapai Rp800 juta. 

Kurniadie ditangkap ketika tim penyidik lembaga antirasuah menggelar operasi senyap pada Senin malam kemarin. 

"Setelah melakukan pemeriksaan dan sebelum batas waktu 24 jam sebagaimana diatur dalam KUHAP, dilanjutkan dengan gelar perkara maka disimpulkan adanya dugaan tindak pidana korupsi memberikan atau menerima hadiah atau janji terkait penanganan perkara penyalahgunaan izin tinggal di lingkungan kantor imigrasi Nusa Tenggara Barat tahun 2019," kata Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata ketika memberikan keterangan pers pada Selasa malam. 

Selain Kurniadie, ada pula dua orang lainnya yang ditetapkan sebagai tersangka yakni Yusriansyah Fazrin (Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan Kantor Imigrasi Klas I Mataram) dan Liliana Hidayat (Direktur PT Wisata Bahagia). 

Apa saja peran dari masing-masing tersangka dan berapa lama hukuman penjara yang menghantui Kurniadie?

1. Kasus suap di kantor imigrasi Mataram menyangkut penyalahgunaan izin tinggal oleh warga asing

KPK Tetapkan Kepala Imigrasi Mataram Tersangka Penerima Suap(Ilustrasi suap) IDN Times/Sukma Shakti

Berdasarkan data yang berhasil diperoleh penyidik, operasi senyap yang mereka gelar pada Senin malam kemarin bermula dari informasi yang disampaikan oleh publik. Menurut tim, akan ada transaksi pemberian suap di kantor imigrasi Mataram. Maka, tim penyidik menindak lanjutinya. 

Penyidik kemudian memperoleh informasi pihak imigrasi Mataram mengetahui adanya penyalahgunaan izin yang dilakukan oleh dua warga asing berinisial BGW dan MK. 

"Mereka diduga masuk menggunakan visa sebagai turis biasa, tapi ternyata diduga bekerja di Wyndham Sundancer Lombok," kata Alex. 

Apabila merujuk ke UU Imigrasi, keduanya melanggar pasal 122 huruf a. Ancaman hukuman bagi kedua warga asing itu yakni pidana penjara 5 tahun dan denda Rp500 juta. Mengetahui ancaman hukuman yang tinggi, maka Direktur PT Wisata Bahagia dan pengelola resort mewah itu, Liliana Hidayat mencoba menyelesaikan dengan cara di luar jalur hukum. 

Kepala Seksi Intelijen Imigrasi Mataram, Yusriansyah kemudian memerintahkan Liliana untuk mengambil SPDP (Surat Perintah Dimulai Penyidikan) bagi kedua warga asing itu. 

"Namun, permintaan pengambilan SPDP itu diduga sebagai kode untuk menaikan harga agar kasusnya bisa dihentikan," tutur dia. 

Baca Juga: [BREAKING] KPK Gelar OTT Ke-7 di NTB

2. Direktur resort sempat menawarkan uang suap Rp300 juta kepada petugas imigrasi tapi ditolak

KPK Tetapkan Kepala Imigrasi Mataram Tersangka Penerima Suapwww.kpk.go.id

Menyadari petugas imigrasi juga bisa diajak bernegosiasi untuk menyelesaikan kasusnya di luar jalur hukum, maka Liliana mencoba menawarkan suap. Semula, ia menawarkan Rp300 juta, tapi ditolak oleh Yusriansyah, lantaran nominalnya dianggap terlalu sedikit. 

"Selanjutnya, diduga terjadi pertemuan antara YRI (Yusriansyah) dengan LIL (Liliana) untuk kembali membahas negosiasi harga," kata Alex. 

Akhirnya, disepakati agar kasus untuk dua warga asing itu tidak lagi diproses, maka harganya mencapai Rp1,2 miliar. 

3. Penyerahan uang suap dilakukan dengan metode baru

KPK Tetapkan Kepala Imigrasi Mataram Tersangka Penerima SuapAntara Foto

Menurut informasi dari penyidik, penyerahan suap kepada petinggi kantor imigrasi dilakukan dengan menggunakan metode baru. Caranya, pengelola resort mewah, Liliana memasukan uang suap Rp1,2 miliar ke dalam kresek hitam. Kantong plastik kresek tersebut kemudian dibuang ke tong sampah di depan ruangan Yusriansyah. 

"YRI (Yusriansyah) kemudian memerintahkan BWI (Bagus Wicaksono) penyidik PNS untuk mengambil uang tersebut dan membaginya senilai Rp800 juta untuk KUR (Kurniadie)," tutur Alex. 

Kurniadie lalu meminta pihak lain untuk menyetor sebagian dari Rp800 juta itu yakni Rp340 juta ke bank. Sedangkan sisanya, kata Alex lagi, akan ditujukan bagi orang lain. 

4. Pejabat imigrasi sempat mengucapkan terima kasih usai diberi suap oleh pengelola resor mewah di Lombok

KPK Tetapkan Kepala Imigrasi Mataram Tersangka Penerima SuapANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

Menurut Alex, dari proses penerimaan uang suap itu, diketahui pula ada kode berisi ucapan terima kasih dari pejabat imigrasi kepada Liliana selaku pengelola resort mewah. 

"Makasie, buat pulkam," demikian Alex menirukan kode tersebut. 

Kurniadie ditangkap oleh penyidik KPK di kediaman dinasnya di Jalan Majapahit, Mataram pada Selasa (28/5) sekitar pukul 02:00 dini hari. 

Baca Juga: Tutup Tahun 2018, KPK Pecahkan Rekor OTT Terbanyak Dalam Sejarah

Topik:

Berita Terkini Lainnya