Lapor Harta Kekayaan ke KPK, Sandiaga Didampingi Sudirman Said

Sandi mengaku rutin melaporkan hartanya ke KPK

Jakarta, IDN Times - Bakal calon wakil presiden, Sandiaga Uno, tiba di gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Selasa (14/8) sekitar pukul 13.15 WIB. Kehadiran Sandiaga memang sudah ditunggu-tunggu oleh media, apalagi sejak ramai pemberitaan mengenai dugaan pemberian mahar terkait cawapres Prabowo Subianto.

 

Sandi tiba di KPK mengenakan kemeja berwarna biru, sama seperti yang ia kenakan saat deklarasi capres-cawapres pekan lalu. Ia datang didampingi oleh mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said.

 

Lalu, berapa total harta kekayaan yang akan ia laporkan kali ini?

1. Sandi mengaku rutin melaporkan LHKPN ke KPK secara online

Lapor Harta Kekayaan ke KPK, Sandiaga Didampingi Sudirman SaidIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Menurut Sandi, ia termasuk salah satu pejabat negara yang rutin melaporkan harta kekayaannya ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Bahkan, ia rutin melaporkan setiap tiga bulan sekali.

"Seperti yang Anda tahu saya setiap tiga bulan sekali selalu melaporkan LHKPN dan hari ini saya melaporkan LHKPN sebagai syarat calon wakil presiden," ujar Sandi kepada media di gedung KPK pada Selasa (14/8).

Baca Juga: Tanggapan KPK soal Desakan Menelusuri Dugaan Mahar Sandiaga Uno

2. Terakhir melaporkan harta kekayaan pada Juni 2018

Lapor Harta Kekayaan ke KPK, Sandiaga Didampingi Sudirman SaidIDN Times/Irfan Fathurohman

Sandi mengaku terakhir kali melaporkan harta kekayaan pada Juni 2018. Ia mengaku salah satu alasan rutin melakukan pelaporan karena sebagian besar hartanya tercatat di pasar modal.

"Terakhir, data harta kekayaan selalu mengalami perubahan karena yang dilaporkan sesuai dengan perubahan kurs dan harga-harga yang ada di pasar modal, karena sebagian besar yang dilaporkan memang tercatat di sana. Itu sebabnya, kami rutin melaporkan," kata Sandi.

3. Terakhir Sandiaga tercatat memiliki harta kekayaan Rp 3,8 triliun

Lapor Harta Kekayaan ke KPK, Sandiaga Didampingi Sudirman SaidANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Walaupun mengaku rutin melaporkan harta kekayaannya ke KPK secara online, namun di data KPK Sandi hanya tercatat melaporkan harta kekayaannya sekali, yakni ketika ikut dalam Pemilihan Gubernur DKI tahun 2017 lalu. Di data tersebut, Sandiaga tercatat menjadi cawagub terkaya dibandingkan tiga pasang cawagub lainnya. Harta yang tercatat yakni Rp3,85 triliun dan US$10.347.381.

Kira-kira berapa ya kenaikan hartanya saat ini?

Baca Juga: Tanggapan KPK soal Desakan Menelusuri Dugaan Mahar Sandiaga Uno

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya