Mahfud Pakai Kemeja Putih yang Sempat Batal Dikenakan 5 Tahun Lalu

Kemeja putih itu disimpan sang ibu di Madura

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Mahfud MD mengisahkan kemeja putih yang ia kenakan hari ini ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) adalah kemeja yang sama yang ia jahit pada 2019 lalu. Bedanya, kemeja putih itu batal ia kenakan untuk mendampingi Presiden Joko "Jokowi" Widodo ke KPU sebagai bakal cawapres. Lantaran batal dipakai, Mahfud meminta kepada sang ibu untuk menyimpan kemeja putih tersebut. 

"Baju putih yang saya pakai hari ini adalah baju yang saya siapkan lima tahun lalu ke KPU tapi tidak jadi. Akhirnya, baju ini saya titipkan ke ibu saya di Madura dan ketika saya diberi pesan bahwa saya akan diikutkan dalam pencapresan oleh koalisi PDI Perjuangan, PPP, Hanura dan Perindo, tanggal 16 (Oktober) kemarin saya sowan ibu dan mengambil baju yang tidak jadi dipakai ke KPU lima tahun yang lalu," ujar Mahfud usai menyerahkan berkas pendaftaran di KPU Jakarta Pusat pada Kamis (19/10/2023). 

"Sekarang, saya pakai ke KPU pada hari ini," tutur dia lagi. 

Ia pun sempat berseloroh dengan mengatakan kemeja putih tersebut masih muat untuk ukuran badannya. "Ini masih muat kan? Kan badan saya tidak berubah," katanya sambil tertawa. 

Mahfud nyaris menjadi cawapres Jokowi pada Pemilu 2019. Ia bahkan telah mengenakan kemeja putih sesuai dress code yang diminta oleh pihak Istana. 

Ketika pengumuman cawapres dilakukan di sebuah restoran di Menteng, Mahfud dan tim menunggu di restoran lainnya yang berjarak tidak jauh dari titik utama. Namun, saat pengumuman, Jokowi dan koalisi parpol pengusung justru mengumumkan Ma'ruf Amin sebagai cawapres. 

Pada kesempatan itu, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) tersebut turut mengungkap pesan ibunda ketika ia meminta restu untuk maju sebagai bakal cawapres Ganjar. "Beliau mendoakan saya terus mudah-mudahan berhasil dan tetaplah menjadi anakku yang selama ini tetap lurus, jujur dan berbakti kepada orang tua," tuturnya. 

Pasangan Ganjar-Mahfud resmi mendaftar ke KPU sekitar pukul 12.30 WIB. Ia menjadi pasangan kedua yang mendaftar ke KPU dan menyerahkan berkas pendaftaran. 

Tahapan selanjutnya yang harus dilalui oleh pasangan Ganjar-Mahfud yakni tes kesehatan di RSPAD Gatot Subroto pada Minggu (23/10/2023).

Baca Juga: KPU Pastikan Berkas Ganjar-Mahfud Lengkap, Lanjut Verifikasi

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya