Menhan Prabowo Jajal Jet Tempur F-16, Mengudara ke Pelabuhan Ratu

Prabowo merasakan terbang di ketinggian 10 ribu kaki

Jakarta, IDN Times - Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto, sempat menjajal terbang dengan jet tempur F-16 Fighting Falcon milik TNI Angkatan Udara pada Rabu (8/3/2023). Joy flight tersebut dilakukan dengan ketinggian 10 ribu kaki.

Prabowo diinformasikan duduk di kursi belakang saat melakukan joy flight dengan pesawat dikemudikan oleh Komandan Skadron Udara 3, Letkol Pnb Agus Dwi Aryanto. 

Di jet tempur terpisah, terdapat Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU), Marsekal Fadjar Prasetyo bersama Komandan Skadron Udara 14, Mayor Pnb Anwar Sovie. Joy flight tersebut menuju ke kawasan Pelabuhan Ratu, Jawa Barat. 

"Joy flight tersebut dilakukan selama hampir 30 menit," demikian kata Kementerian Pertahanan seperti dikutip pada Kamis, (9/3/2023). 

Setelah melalui pengalaman terbang yang mendebarkan, Prabowo mengakui bahwa tidak mudah untuk menjadi penerbang tempur.

"Saya barusan mendapat kehormatan, saya ikut dalam suatu penerbangan yang sebenarnya singkat, tapi bagi saya ini pengalaman yang luar biasa," ujar Prabowo di Lanud Halim, Jakarta Timur. 

"Saya baru sadar betapa sulitnya menjadi penerbang. Apalagi penerbang pesawat yang canggih seperti pesawat tempur ini," katanya. 

Ia menyebut, masyarakat Indonesia seharusnya merasa bangga karena memiliki TNI AU dengan kemampuan yang mumpuni meski jumlah alutsista yang ada belum mencukupi. 

"Bahwa pertahanan itu bukan suatu kemewahan, melainkan suatu syarat untuk kita terus merdeka. Tanpa pertahanan yang kuat kita akan selalu diganggu, diinjak-injak oleh bangsa lain. Sumber daya alam kita akan dicuri, kedaulatan kita akan diganggu," tutur dia. 

Berikut 5 potret Menhan Prabowo menjajal jet tempur produksi Amerika Serikat tersebut!

Baca Juga: Tiba di Indonesia, TNI AU Kini Punya Super Hercules C-130J!

1. Prabowo didampingi Panglima TNI dan KSAU, menggunakan seragam penerbang militer menuju ke jet tempur F-16 Fighting Falcon

Menhan Prabowo Jajal Jet Tempur F-16, Mengudara ke Pelabuhan RatuMenteri Pertahanan, Prabowo Subianto (tengah) didampingi Kepala Staf TNI Angkatan Udara dan Panglima TNI sebelum menjajal jet tempur F-16 Fighting Falcon. (www.instagram.com/@prabowo)

Baca Juga: Prabowo Bakal Remajakan 41 Kapal Perang TNI Agar Tetap Dapat Dipakai

2. KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo ikut mendampingi Prabowo lakukan joy flight selama 30 menit ke Pelabuhan Ratu

Menhan Prabowo Jajal Jet Tempur F-16, Mengudara ke Pelabuhan RatuKepala Staf TNI AU, Marsekal Fadjar Prasetyo ikut terbang menggunakan F-16 Fighting Falcon menemani Menhan Prabowo Subianto. (www.instagram.com/@militer.udara)

Baca Juga: TNI AL Pecahkan Rekor MURI Water Trappen di HUT ke-77 TNI

3. Menhan Prabowo berada di back seat saat mengudara di Pelabuhan Ratu. Ia mengakui kemampuan pilot militer TNI AU sangat mumpuni

Menhan Prabowo Jajal Jet Tempur F-16, Mengudara ke Pelabuhan RatuMenteri Pertahanan Prabowo Subianto ketika akan menjajal jet tempur F-16 Fighting Falcon di Lanud Halim. (www.instagram.com/@militer.udara)

4. Dua jet tempur yang ditumpangi Menhan dan KSAU saat mulai mengudara dari Halim Perdanakusuma

Menhan Prabowo Jajal Jet Tempur F-16, Mengudara ke Pelabuhan RatuMenteri Pertahanan Prabowo Subianto ketika akan menjajal jet tempur F-16 Fighting Falcon di Lanud Halim. (www.instagram.com/@militer.udara)

Baca Juga: RI Dipercaya AS Perbaiki dan Rawat Pesawat Hercules

5. Menhan Prabowo mengaku pernah berminat jadi penerbang militer di TNI AU tapi malah diterima di TNI Angkatan Darat

Menhan Prabowo Jajal Jet Tempur F-16, Mengudara ke Pelabuhan RatuMenteri Pertahanan Prabowo Subianto ketika akan menjajal jet tempur F-16 Fighting Falcon di Lanud Halim. (www.instagram.com/@militer.udara)

6. Menhan Prabowo menerima brevet wing kehormatan yang disematkan langsung oleh Panglima TNI Laksamana Yudo Margono

Menhan Prabowo Jajal Jet Tempur F-16, Mengudara ke Pelabuhan RatuMenhan Prabowo Subianto ketika menerima Wing Kehormatan penerbang Kelas I oleh Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono pada Rabu, 8 Maret 2023. (www.instagram.com/@kemhanri)

Baca Juga: Menhan Prabowo Bakal Beli Jet Tempur Bekas dari Negara Lain

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya