Menhan Prabowo Serahkan Kapal Selam Buatan RI-Korsel ke TNI AL

Bagaimana kecagihan kapal selam itu?

Jakarta, IDN Times - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyerahkan kapal selam pertama yang dibuat perusahaan di dalam negeri kepada TNI Angkatan Laut, Rabu (17/3/2021). Kapal selam yang diberi nama Alugoro-405 ini dibuat PT PAL Indonesia bekerja sama dengan Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME) Korea Selatan. 

Serah terima kapal itu dilakukan di markas PT PAL Indonesia, Surabaya. Menurut Prabowo, ini merupakan kali pertama industri pertahanan dalam negeri mampu membuat sendiri kapal selam. Ini merupakan hari bersejarah.

"Kita sadari bersama betapa pentingnya pertahanan kita. Kita sedang membangun kemampuan pertahanan kita, bukan karena ingin gagah-gagahan atau mengancam siapa pun, tidak!" kata Prabowo. 

"Berkali-kali, turun-temurun dari pendiri bangsa kita, kita tegaskan bahwa bangsa Indonesia cinta damai, tapi lebih cinta kemerdekaan," tutur dia lagi. 

Apa saja kemampuan yang dimiliki oleh alutsista tersebut?

1. Prabowo berencana melakukan peremajaan seluruh alat pertahanan negara

Menhan Prabowo Serahkan Kapal Selam Buatan RI-Korsel ke TNI ALMenteri Pertahanan Prabowo Subianto, memberikan salam usai meresmikan penyerahan kapal selama Alugoro-405 (Dokumentasi Kemenhan)

Prabowo mengatakan Indonesia harus memiliki kekuatan yang cukup untuk menjaga kedaulatan, kesatuan dan keutuhan wilayah NKRI. Ke depan, menteri yang juga ketua umum Partai Gerindra itu mengaku akan melakukan modernisasi alutsista sesuai amanah Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

Sebelumnya, Jokowi memerintahkan agar seluruh industri pertahanan di dalam negeri wajib diikutsertakan untuk diremajakan. Menurut Prabowo, banyak alat pertahanan yang sudah sangat tua dan perlu dimodernisasi. Sehingga, ke depan, dia menuturkan industri pertahanan akan menonjol.

"Kami harap peran serta, inisiatif, kerja keras, teknologi-teknologi kita, sarjana-sarjana kita, cendikiawan dan para ahli, mau bersatu dan bekerja keras," ujar Prabowo. 

Baca Juga: Kemhan akan Rekrut 25 Ribu Warga untuk Gabung Jadi Komponen Cadangan

2. Alugoro-405 adalah kapal selam ketiga yang diserahkan Kemenhan kepada TNI AL

Menhan Prabowo Serahkan Kapal Selam Buatan RI-Korsel ke TNI ALMenteri Pertahanan Prabowo Subianto ketika menyerahkan kapal selam Alugoro-405 kepada TNI AL di Surabaya (Dokumentasi Kementerian Pertahanan)

Dalam catatan Kemenhan, Alugoro-405 menjadi kapal selam ketiga yang diserahkan kepada TNI AL. Sebelumnya, Kemenhan pernah menyerahkan kapal selama Nagapasa 403 dan kapa selam Ardadedali-404. Kedua kapal selam itu dibangun di Korea Selatan.

Prabowo mengharapkan dengan diserahkan lagi satu kapal selam bisa memperkuat alutsista TNI AL. Dengan adanya capaian itu, maka bisa menciptakan efek pencegahan agar tak ada yang berani melanggar teritori laut Indonesia.

Selain itu, Kemenhan juga mengklaim Indonesia menjadi satu-satunya negara di kawasan Asia Tenggara yang mampu membangun kapal selam. 

"Pembangunan kapal ini turut mengikutsertakan proses peralihan teknologi kepada PT PAL Indonesia (Persero)," demikian pernyataan Kemenhan dalam keterangan tertulisnya. 

3. Kapal selam Alugoro-405 dipersenjatai delapan tabung torpedo dan 14 rudal

Menhan Prabowo Serahkan Kapal Selam Buatan RI-Korsel ke TNI ALMenteri Pertahanan Prabowo Subianto tengah menyaksikan simulasi kapal selam Alugoro-405 yang menyelam di laut (Dokumentasi Kementerian Pertahanan)

Sementara, menurut keterangan resmi PT PAL Indonesia, kapal selam Alugoro merupakan jenis kapal Diesel Electric Submarine U209/1400 Chang Bogo Class. Kapal selam pertama yang dirakit di Indonesia itu memiliki panjang 61,3 meter.

Kapal itu mampu bergerak dengan kecepatan 21 knot ketika berada di bawah air dan 12 knot ketika di permukaan. Alutsista ini mampu membawa 40 kru.

Sedangkan, untuk kemampuan jelajah, kapal selam Alugoro mampu bergerak selama 50 hari. Kapal selam itu juga didesain dengan life time mencapai 30 tahun.

"Bobot total kapal selam tersebut sebesar 1.460 ton saat muncul di permukaan dan 1.596 ton ketika menyelam di bawah permukaan," demikian isi keterangan resmi PT PAL.

Kapal selam Alugoro dilengkapi dengan sejumlah persenjataan. Berdasarkan informasi yang dihimpun, kapal selam Alugoro dipersenjatai delapan tabung torpedo 533 milimeter dan 14 rudal.

Baca Juga: Dubes Wahid: Rencana Pembelian Jet Tempur Sukhoi Masih On Process

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya