Namanya Menguat Jadi Cawapres Ganjar, Mahfud MD: Itu Urusan Parpol

Mahfud tepis rutin ke ponpes hanya jelang pemilu

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD, tak mau banyak berkomentar soal namanya yang disebut-sebut makin menguat menjadi bakal cawapres Ganjar Pranowo. Ia lebih memilih agar semuanya berproses dan menyerahkan hal tersebut ke partai politik. 

"Cawapres itu urusan parpol. Biar parpol yang mengolah dan menjawab," ujar Mahfud di Pondok Pesantren Al Falah, Jember, Senin (25/9/2023). 

Ia juga menepis anggapan semakin sering berkunjung ke pondok pesantren terkait urusan Pilpres 2024. Ia mengaku, sejak dulu sudah aktif mengunjungi ponpes. 

"Gak ada kaitannya (dengan pilpres). Sebelum musim pilpres, saya selalu ke pesantren," tutur dia. 

Hal itu dilakukan, kata dia, untuk tetap menjaga hubungan baik dengan kalangan Nahdliyin, khususnya santri dan pengurus pondok pesantren.

"Ke ponpes yang ada di sini sudah tiga kali. Jadi, gak ada hubungannya dengan musim pilpres," ujarnya. 

Baca Juga: Siapapun Cawapresnya, Elektabilitas Ganjar Dinilai Tetap Tinggi

1. PDIP sebut nama Mahfud jadi pertimbangan utama dampingi Ganjar

Namanya Menguat Jadi Cawapres Ganjar, Mahfud MD: Itu Urusan ParpolMenteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD.(IDN Times/Galih Persiana)

Sebelumnya, nama Mahfud disebut-sebut makin menguat oleh PDIP untuk menjadi pendamping Ganjar pada Pemilu 2024. Apalagi, Mahfud diketahui sering bertemu dengan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri meski Mahfud menepis ada pembicaraan soal isu cawapres. 

Hal itu diperkuat dengaan pernyataan politisi PDIP, Masinton Pasaribu bahwa nama Mahfud semakin intensif dibahas di internal parpol untuk mendampingi Ganjar. Pengalaman Mahfud di pemerintahan, kata Masinton, menjadi salah satu pertimbangan. 

"Prof Mahfud MD adalah salah satu tokoh yang intensif dibahas untuk mendampingi Mas Ganjar. Pengalaman kepemimpinan beliau di lembaga negara dan pemerintahan yang tegas dan konsisten menjadi pertimbangan utama untuk dipasangkan bersama Mas Ganjar Pranowo. Itu semua demi melanjutkan kepemimpinan Indonesia ke depan," kata Masinton kepada media di Jakarta pada 19 September 2023 lalu. 

Ia menambahkan, bila Ganjar berpasangan dengan Mahfud, maka dapat mempercepat proses pembangunan yang sudah dilakukan oleh Jokowi selama memimpin hampir 9 tahun.

"Bila tokoh ini disandingkan akan menjadi energi dan kekuatan untuk mempercepat akselerasi pembangunan yang sudah dilakukan oleh Pak Jokowi selama dua periode (memimpin). Jadi, kita tunggu saja," tutur dia. 

Baca Juga: Mahfud Setuju Pendaftaran Capres 2024 Dimajukan Agar Tak Ganggu Pemilu

2. Ganjar pernah unggah foto sedang ngopi bersama Mahfud

Namanya Menguat Jadi Cawapres Ganjar, Mahfud MD: Itu Urusan ParpolBakal capres dari PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo ketika berbincang dengan Menko Polhukam, Mahfud MD pada Sabtu, 9 September 2023. (www.twitter.com/@ganjarpranowo)

Indikasi nama Mahfud yang menguat sebagai pendamping Ganjar juga ditandai dengan unggahan foto kebersamaan Ganjar bersama mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) tersebut. Foto itu menggambarkan Ganjar dan Mahfud tengah santai dan ngopi bersama. 

"Ngopi bareng beliau bikin sore makin asyik. Terima kasih, ya, Prof Mahfud," demikian tulis Ganjar di akun Instagram, dikutip 11 September 2023 lalu. 

Foto tersebut diunggah di tengah santernya nama Ridwan Kamil yang juga bakal dipinang menjadi pendamping Ganjar. Foto itu juga menuai banyak komentar dari publik, termasuk sejumlah politisi PDI Perjuangan sendiri. 

Ketika dikonfirmasi, Mahfud mengatakan bahwa Ganjar adalah temannya sejak lama. Mantan anggota DPR itu sempat bersama-sama di parlemen pada periode 2004 hingga 2009. 

"Sampai dia jadi gubernur pun, saya masih makan di meja makan Mas Ganjar. Mas Ganjar sering makan di meja makan saya di rumah," ujar Mahfud di dalam keterangan tertulis. 

Ia mengatakan, foto tersebut diambil pada Sabtu (9/9/2023) lalu.

"Yang dibicarakan lebih banyak nostalgia sebagai sahabat," kata dia. 

Baca Juga: Survei Cawapres: Elektabilitas Mahfud MD Kalahkan RK, Gibran dan Erick

3. Megawati disebut segera umumkan bakal cawapres Ganjar

Namanya Menguat Jadi Cawapres Ganjar, Mahfud MD: Itu Urusan ParpolKetua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (Dok.IDN Times/PDI Perjuangan)

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto mengatakan, bakal cawapres Ganjar bakal diumumkan dalam waktu dekat oleh Megawati. Ia menyebut, PDIP kini tinggal menunggu momen yang tepat. 

"Terkait dengan siapa yang akan mendampingi Pak Ganjar sudah mengalami kajian yang mendalam. Tinggal menunggu momentum yang tepat nantinya akan diumumkan oleh Ibu Megawati," ungkap Hasto dalam keterangan yang dibagikan akun resmi media sosial PDIP, dikutip Selasa (26/9/2023). 

Hasto menyebut, sosok bakal cawapres Ganjar juga telah didiskusikan secara mendalam bersama ketua umum parpol koalisi. Dia mengatakan, Megawati juga sudah beberapa kali berdialog dengan Presiden Joko "Jokowi" Widodo tentang ini. 

Di sisi lain, Ganjar juga sempat membocorkan calon pendampingnya kelak. Ganjar meminta publik untuk bersabar lantaran pengumuman akan dilakukan sebentar lagi.

"Sabar, sebentar lagi," ujar Ganjar di acara Car Free Day Jakarta pada Minggu kemarin.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

https://www.youtube.com/embed/pa5wMZBaEYs

Baca Juga: Ganjar Unggah Foto Ngopi Sore Bareng Mahfud, Bahas Isu Cawapres?

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya