Pensiun Jadi Panglima TNI, Laksamana Yudo: Merdeka!

Yudo jabat Panglima TNI sejak 19 Desember 2022

Jakarta, IDN Times - Laksamana Yudo Margono mengaku lega akhirnya bisa menuntaskan masa jabatannya sebagai Panglima TNI. Yudo dilantik Presiden Joko "Jokowi" Widodo sebagai Panglima TNI pada 19 Desember 2022. Ia sudah mengabdi selama 35 tahun sebagai prajurit TNI.

Ketika ditanya awak media, apa responsnya jelang memasuki masa pensiun, Yudo mengaku merdeka.

"(Saya merasa) merdeka!" ujar Yudo yang mengenakan pakaian dinas berwarna putih sambil mengepalkan tangan di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (22/11/2023).

Ia pun menepis usai pensiun nanti bakal menjadi pemilih pemula dalam Pemilu 2024. Yudo menyebut sudah pernah menggunakan hak pilih ketika duduk di kelas 2 SMA.

"Sudah pernah dulu kelas 2 SMA," ujar mantan Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) itu.

Ia turut mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh Presiden Jokowi. Yudo juga menyampaikan ucapan serupa kepada jajaran TNI di mana pun mereka bertugas.

"Saya mohon pamit dan saya titipkan agar prajurit TNI tetap profesional, modern dan tangguh dalam menjaga kedaulatan Indonesia," kata dia.

Yudo turut meminta maaf selama menjabat Panglima TNI ada kekurangan dan kekeliruan.

Sementara, penerus Yudo adalah Jenderal TNI Agus Subianto. Ia disorot karena dijadikan Panglima TNI di tahun politik jelang pemilu 2024. Apalagi, Agus diketahui pernah memiliki kedekatan dengan Presiden Jokowi sejak ia masih menjabat Wali Kota Solo.

Baca Juga: Panglima TNI Ancam Anggotanya Terlibat Politik Praktis Bisa Dipidana

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya