PKB Tak Undang Bacapres Lain di Harlah, Tapi Ajak Ganjar dan Prabowo

Anies tak diundang ke harlah ke-25 PKB di Stadion Manahan

Jakarta, IDN Times - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengundang Presiden Joko "Jokowi" Widodo untuk hadir di harlah ke-25 pada Minggu (23/7/2023). Rencananya Harlah ke-25 tersebut bakal digelar di Stadion Manahan, Solo. Konfirmasi kehadiran Jokowi di harlah ke-25 PKB disampaikan oleh Ketua Fraksi PKB di DPR, Cucun Syamsurijal. 

"Kami mengundang Pak Jokowi dan Beliau sudah menyatakan akan hadir," ungkap Cucun kepada media di Jakarta pada Sabtu (23/7/2023). 

Ia menambahkan bahwa PKB tidak mengundang bakal capres yang bakal berlaga di Pemilu 2024. Meski di sisi lain, PKB turut mengundang Ganjar Pranowo dalam kapasitasnya sebagai Gubernur Jawa Tengah.

PKB, kata Cucun, juga bakal mengundang semua ketua umum partai politik, termasuk Ketum Gerindra, Prabowo Subianto. Artinya, satu-satunya bakal capres yang tak diundang oleh PKB adalah Anies Baswedan. 

"Kami memang tidak mengundang tokoh-tokoh yang mau nyapres. Kenapa? Ya, karena capres PKB itu Gus Muhaimin, bukan yang lain," tutur dia. 

"Tokoh-tokoh nasional juga kami undang, termasuk semua ketum parpol. Pak Prabowo juga kami undang karena Beliau kan sahabat koalisi PKB dan ketum Partai Gerindra," katanya lagi. 

1. Harlah ke-25 PKB turut dihadiri sejumlah alim ulama

PKB Tak Undang Bacapres Lain di Harlah, Tapi Ajak Ganjar dan PrabowoANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Sementara, Ketua Panitia Harlah ke-25 PKB, Yusuf Chudori, mengatakan pihaknya juga mengundang sejumlah kiai sepuh dan pengasuh pondok pesantren. "Kehadiran para kiai sepuh ini menjadi penanda jika PKB tidak bisa dilepaskan dari para alim-ulama yang membidani kelahiran partai. Kehadiran para kiai khos ini juga menjadi penegas PKB sebagai partai yang menjadi pintu perjuangan para alim ulama dalam mewarnai berbagai kebijakan bangsa,” ujar Yusuf Chudori di dalam keterangan tertulis pada Sabtu kemarin.

Ia menyebut telah mendapatkan konfirmasi kehadiran dari deretan kiai sepuh. Mereka yang memastikan diri hadir antara lain Rais Syuriah PWNU Jawa Timur Anwar Mansur (Lirboyo), Wakil Rais Aam PBNU Anwar Iskandar (Al Amien, Kediri), Nurul Huda Djazuli (Ploso), dan Agoes Ali Masyhuri (Tulangan). Selain itu juga hadir para ibu nyai seperti Nyai Badriyah Djazuli, Nyai Lilik Cholidah Badrus, dan Nyai Djuwariyah Fawaid As’ad.

"Kehadiran Beliau-Beliau ini tentu sangat berarti. Kami mengucapkan terima kasih karena di tengah kesibukan Beliau-Beliau mendidik santri masih menyempatkan diri untuk khitmad bersama PKB," kata dia. 

Baca Juga: PKB Ingin Harlah ke-25 di Solo Jadi Momentum Satukan Kekuatan Politik

2. PKB juga undang Ketua Umum PBNU dan diharapkan bersedia hadir

PKB Tak Undang Bacapres Lain di Harlah, Tapi Ajak Ganjar dan PrabowoKetua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Yahya Cholil Staquf. (Dok. PBNU)

Sementara, Cucun menambahkan bahwa PKB turut mengundang Ketua Umum PBNU, Yahya Cholil Staquf. PKB pun, kata Cucun berharap Gus Yahya bersedia hadir di Stadion Manahan, Solo. 

"Ya mudah-mudahan Beliau bisa hadir lah. Tadi saya sampaikan, semua elite bangsa kita akan diundang. Masalah kehadiran Beliau-Beliau tergantung yang konfirmasinya," kata Cucun. 

Cucun menyampaikan sebagai partai politik, PKB terus berupaya memperjuangkan kaum nahdliyin. Selain itu, kegiatan harlah PKB digelar untuk mensyukuri momentum Satu Abad NU.

"Kalau bicara tadi bagaimana NU dengan PKB, kami berjalan dan dalam treknya PKB ini sebagai partai politik yang dilahirkan oleh para kiai dan ulama. Kami akan terus berjalan, tidak akan berhenti untuk perjuangan kaum nahdliyin," tutur dia. 

3. Harlah ke-25 bakal dihadiri oleh sekitar 67 ribu kader PKB

PKB Tak Undang Bacapres Lain di Harlah, Tapi Ajak Ganjar dan PrabowoKetua DPW PKB Jateng, KH Muhammad Yusuf Chudlori (kedua kanan) saat membuka Musyawarah Pimpinan Wilayah (Muspimwil) III PKB Jateng di Semarang, Kamis (3/2/2022). (Dok. DPW PKB Jateng)

Sementara, Sekjen DPP PKB, Hasanuddin Wahid, mengatakan bahwa harlah ke-25 bakal dihadiri oleh sekitar 67 ribu kader. Saat harlah nanti, juga bakal dijadikan momentum untuk konsolidasi. 

"Kami akan menjadikan momentum syukuran harlah yang dihadiri semua simpul PKB, baik di jajaran syuro, tanfidziah, hingga kader di akar rumput, untuk menyatukan tekad bekerja lebih keras untuk sukses PKB, baik di pilpres maupun pileg," kata Hasanuddin di dalam keterangan tertulis yang dikutip pada hari ini. 

Hasanuddin menjelaskan PKB mempunyai target jelas dalam Pemilu Serentak 2024. PKB tetap kukuh mengantarkan Muhaimin Iskandar sebagai capres. Meskipun belum ada parpol yang siap mengusung Muhaimin menjadi capres. 

Sementara itu, di ajang pileg, PKB bertekad meraih 100 kursi di DPR RI, 500 kursi di DPRD provinsi, dan 3.000 kursi di DPRD kabupaten atau kota.

"Kejelasan target ini telah diikuti dengan implementasi kerja strategis dan taktis yang saat ini jika dipersentasekan telah mencapai 60 persen. Maka sisa 40 persen akan kami genjot habis dengan penyatuan tekad dan kekuatan di momentum perayaan harlah di Solo," katanya.

Baca Juga: PKB Tak Akan Undang Bacapres Lain di Harlah ke-25: Hanya Cak Imin

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya