Prabowo: RI Seluas Benua Eropa tetapi Operasional Jet Tempur Terbatas

Prabowo impor 12 jet tempur bekas Mirage 2000/5 dari Qatar

Jakarta, IDN Times - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengatakan pembelian 12 unit jet tempur Mirage 2000/5 bekas Angkatan Udara Qatar mendesak untuk dilakukan. Hal itu ditempuh karena jet tempur Rafale buatan Prancis baru tiba di Indonesia pada 2026.

Sedangkan, di sisi lain, sebagian besar pesawat tempur milik TNI Angkatan Udara (AU) sudah sangat tua. Sehingga, dibutuhkan refurbishment besar. Rata-rata pesawat TNI AU butuh waktu sekitar 18 bulan untuk refurbishment. 

"Itu refurbishment pesawat-pesawat yang ada dan sudah tua, paling cepat memakan waktu 18 bulan," ungkap Prabowo di kantor Kementerian Pertahanan, Senin (19/6/2023). 

Artinya, hingga tiga tahun ke depan, Indonesia membutuhkan pesawat tempur sebagai alat utama sistem pertahanan negara. Apalagi luas wilayah Indonesia dari Sabang hingga Merauke hampir seluas Benua Eropa. 

"Bayangkan, kita seluas Benua Eropa tapi tidak punya operasional pesawat tempur," tutur dia. 

Ia menambahkan jet tempur Mirage 2000/5 yang pernah dipakai AU Qatar memiliki teknologi canggih. Teknologinya, kata pria yang juga menjabat Ketua Umum Partai Gerindra itu, hampir kompatibel dengan Dassault Rafale. 

"Berarti, ini bisa dikatakan proses penyesuaian pilot-pilot kita dengan teknologi Rafale tidak terlalu sulit," ujarnya. 

Baca Juga: Prabowo: Jet Tempur Mirage 2000-5 Bekas Qatar Bisa Dipakai 20 Tahun

1. Usia jet tempur Mirage 2000/5 masih tergolong muda

Prabowo: RI Seluas Benua Eropa tetapi Operasional Jet Tempur TerbatasJet tempur Mirage 2000-5 (Pixabay)

Meski bekas, jet tempur Mirage 2000/5 yang dibeli itu memiliki usia terbang tergolong muda. Jet tempur itu rata-rata memiliki usia terbang 10-15 tahun. 

"Usia pesawat ini rata-rata (bisa terbang) hingga 30 tahun. Qatar ini kan wilayahnya relatif kecil. Mungkin hanya seluas Jadebotabek. Dibandingkan Bogor saja, masih lebih besar Bogor. Jadi, dia punya istilahnya jam terbang yang masih sangat muda," kata mantan jenderal bintang tiga itu di TNI Angkatan Darat (AD). 

Dengan begitu, TNI memiliki efek detterence (gentar) bagi militer negara lain. Lebih cepat tiga tahun dan enam bulan. 

Baca Juga: Kemhan Beli 12 Jet Tempur Bekas Rp12 Triliun Pakai Utang Luar Negeri

2. Prabowo juga bidik Mirage 2000/9 milik Uni Emirat Arab

Prabowo: RI Seluas Benua Eropa tetapi Operasional Jet Tempur TerbatasMenteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto (ANTARA/HO-Tim Media Prabowo Subianto/pri.)

Selain membidik 12 jet tempur Mirage 2000/5 bekas AU Qatar, Prabowo rupanya tengah mengincar Mirage 2000/9 milik Uni Emirat Arab (UEA). Pihak Kemhan, kata Prabowo, bakal mengirimkan tim ke UEA untuk bernegosiasi. 

"Dan akan kami akuisisi," katanya. 

Ia menjelaskan, tidak hanya Indonesia yang mengincar jet tempur bekas Mirage 2000/5. Sejumlah negara lain turut memperebutkan alutsista tersebut. 

"Sekarang ini agak rebutan karena banyak negara lagi butuh. Ya, kita alhamdulilah, hubungan negara kita baik sama negara-negara Timur Tengah, seperti Qatar dan UEA, jadi pembelian Mirage dari kita didahulukan," ujarnya. 

"Jadi, ini adalah sesuatu yang sifatnya mendesak maka Indonesia harus segera memiliki penangkalnya," tutur dia lagi. 

Baca Juga: 5 Fakta Mirage 2000-5, Jet Tempur yang Dibeli Indonesia dari Qatar

3. Prabowo berharap 12 jet tempur Mirage 2000/5 tiba di RI kurang dari 2 tahun lagi

Prabowo: RI Seluas Benua Eropa tetapi Operasional Jet Tempur TerbatasIlustrasi jet tempur Mirage 2000-5 yang digunakan Angkatan Udara Qatar dan sedang dipertimbangkan untuk dibeli Indonesia. (Asia Pacific Defense Journal)

Lebih lanjut, Prabowo berharap semua proses impor jet tempur Mirage 2000/5 bisa berjalan cepat. Ia ingin agar proses dengan lembaga lain cepat sehingga pembayaran pun bisa segera rampung. 

"Secepat mungkin tiba (jet tempur Mirage 2000/5). Mudah-mudahan gak sampai 20 bulan (sudah ada di Indonesia). Mungkin setelah tanda tangan dengan sejumlah instansi, 3-4 bulan lagi (bisa tiba)," katanya. 

https://www.youtube.com/embed/aJD27BmIW7U

Baca Juga: Prabowo: Jet Tempur Mirage 2000-5 Bekas Qatar Bisa Dipakai 20 Tahun

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya