Comscore Tracker

Puan Jajal Jet Tempur TNI AU, Terbang Gaya Gravitasi 4G di Langit RI

Puan dipuji pilot TNI AU karena saat landing tidak mual

Jakarta, IDN Times - Ketua DPR Puan Maharani menguji nyalinya di HUT ke-76 TNI dengan menjajal jet tempur T-50i Golden Eagle milik TNI Angkatan Udara (AU), pada Selasa (5/10/2021).

Tidak tanggung-tanggung, putri Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri itu merasakan terbang di ketinggian 10 ribu - 20 ribu kaki selama 30 menit, dengan kecepatan 750 kilometer per jam. Pesawat buatan Korea Selatan itu memang digunakan sebagai pesawat jet latih sehingga dianggap sesuai untuk penerbang pemula. 

Dikutip dari keterangan tertulis hari ini, Puan duduk di kursi ko-pilot. Sedangkan, jet tempur itu dipiloti oleh Letkol (Pnb) Dharma T. Gultom. Ia lepas landas dari Landasan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. 

Menurut Dharma, selama mengudara, jet tempur itu tidak terbang mendatar saja. Dharma mengajak Puan melakukan sejumlah manuver seperti slow roll hingga fast roll. Lalu, bagaimana kesan Puan usai diajak joy flight oleh pilot TNI AU?

1. Puan dipuji oleh pilot TNI AU karena tetap dalam kondisi baik saat mendarat

Puan Jajal Jet Tempur TNI AU, Terbang Gaya Gravitasi 4G di Langit RIKetua DPR Puan Maharani ketika menjajal jet tempur T-50i milik TNI Angkatan Udara (AU) (Dokumentasi tim media Puan)

Selama berada di ketinggian puluhan ribu kaki dari darat, Puan juga diajak terbang dengan gaya gravitasi 4G. Dalam kondisi ini, daya tariknya mencapai empat kali dari berat tubuh. Pada kondisi itu, maka pilot dan awak pesawat harus mengencangkan otot kaki dan perut. 

"Pesawat tempur bisa mencapai gaya gravitasi 8G, Ibu Puan bisa sampai 4G," ungkap Dharma memuji Ketua DPP PDI Perjuangan itu. 

Dharma mengaku kagum karena Puan tetap dalam kondisi baik ketika mendarat. Padahal, beberapa manuver yang dilakukan tak jarang membuat awak pesawat mual, muntah, hingga pingsan. 

"Kami bersyukur, Ibu Puan tetap sehat dan fit saat landing," tutur dia lagi. 

Ia menambahkan, selama penerbangan yang berdurasi 30 menit itu, Puan disebut terlihat rileks dan ngobrol santai. Puan juga disebut banyak bertanya soal kemampuan jet tempur tersebut. 

Baca Juga: Puan Akhirnya Akui Matikan Mic Saat Sidang Paripurna UU Cipta Kerja

2. Puan diberi kesempatan mengendalikan jet tempur dari kursi kopilot

Puan Jajal Jet Tempur TNI AU, Terbang Gaya Gravitasi 4G di Langit RIKetua DPR Puan Maharani berpose di depan jet tempur T-50i Golden Eagle milik TNI Angkatan Udara (AU) (Dokumentasi tim media Puan)

Dharma juga menyebut, selama mengudara ia memberikan kesempatan kepada Puan untuk bisa mengendalikan jet tempur tersebut. "Ia melaksanakan termin kanan dan ke kiri," kata Dharma. 

Jet tempur T-50i termasuk salah satu alutsista udara yang unjuk gigi usai upacara HUT ke-76 TNI di Istana Merdeka. Mereka menjadi tim pertama yang terdiri dari enam jet tempur yang menggunakan call sign "golden flight." Jet tempur itu sehari-hari ditugaskan di Lanud Iswahjudi. 

Sementara, Puan tidak bisa menyembunyikan rasa bahagianya karena diberi kesempatan menjajal jet tempur T-50i. Sebab, tak semua orang memiliki kesempatan tersebut. 

"Terima kasih kepada TNI AU. Penerbang-penerbangnya profesional, tangguh dan cekatan. Saya merasakan sendiri,” kata Puan. 

3. Puan terima wing kehormatan dari Panglima TNI Hadi Tjahjanto

Puan Jajal Jet Tempur TNI AU, Terbang Gaya Gravitasi 4G di Langit RIPanglima TNI Hadi Tjahjanto memberikan wing kehormatan kepada sejumlah pejabat tinggi termasuk Ketua DPR Puan Maharani (www.instagram.com/@militer.udara)

Usai mengikuti joy flight, Puan kemudian diberi wing kehormatan oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

“Pemberian wing kehormatan Penerbang Kelas I TNI AU merupakan wujud penghargaan kepada pejabat tinggi negara atas jasa-jasa dan pengabdiannya untuk kemajuan TNI dan Polri,” ujar Hadi pada hari ini di Lanud Halim. 

Selain Puan, Wing Kehormatan juga diberikan kepada Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, Ketua MPR Bambang Soesatyo, dan Kapolri Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo. Sementara, Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa sudah pernah menerima Wing Kehormatan pada 2019 lalu. 

Baca Juga: 7 Potret Manuver Keren Jet Tempur TNI AU yang Bikin Jokowi Kagum

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya