Ridwan Kamil Pertimbangkan Gabung ke Partai Golkar

Airlangga beri sinyal langsung restui calon kader baru

Jakarta, IDN Times - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil terlihat ikut hadir di HUT ke-58 Partai Golkar yang digelar di Jakarta International (JI) Expo, Kemayoran pada Jumat, 21 Oktober 2022. Ia terlihat dengan mengenakan kemeja motif megamendung dengan nuansa kuning seperti warga Partai Golkar. Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto turut menyapa pria yang akrab disapa Kang Emil itu saat berada di hall C. 

"Masih ada yang pakai batik, Pak. Nuansanya kuning, Pak Presiden. Ini namanya Pak Ridwan Kamil," ungkap Airlangga pada Jumat malam. 

Ia pun menyebut partai berlambang pohon beringin itu adalah partai inklusif. Maka, siapapun yang berminat bergabung, bakal diberikan restu. 

"Kan tadi saya bilang, Partai Golkar itu inklusif dan Pak RK (Ridwan Kamil) datang dari Bandung, khusus ke acara Golkar. Jadi, ini patut diapresiasi," tutur dia. 

Lalu, apa respons Kang Emil yang disebut oleh Airlangga sebagai sinyal kencang bakal bergabung dan menjadi kader Partai Golkar?

Baca Juga: Airlangga: Anies Tak Diundang di HUT ke-58 Golkar

1. Ridwan Kamil akui tengah mempertimbangkan untuk gabung ke parpol pada 2022

Ridwan Kamil Pertimbangkan Gabung ke Partai GolkarRidwan Kamil. (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Sementara, ketika ditanyakan kepada Kang Emil, ia tak menampik memang sedang ingin bergabung ke partai politik. Ia berharap sudah bisa menentukan keputusan pada 2022. 

"Mudah-mudahan di tahun ini (sudah bisa menemukan partai). Nanti, pastinya akan disampaikan. Salah satu pertimbangan ke Golkar juga ada," ujar Kang Emil pada Jumat malam kemarin. 

Ia juga mengakui hadir di JI Expo karena memenuhi undangan dari Airlangga. Mewakili Jabar, Kang Emil turut mengucapkan HUT ke-58 bagi Partai Golkar. 

"Selamat hari jadi ke-58 Golkar karena menjadi mitra dalam membangun Jawa Barat dan malam ini istimewa. Pak presiden juga senang dan Beliau masih ada di dalam saat beberapa lagu dibawakan. Menandakan suasana memang sangat baik, kondusif, cair dan mudah-mudahan semua arahan dari Pak Airlangga dan pak presiden bisa menjadi pesan bagi saya pribadi (soal) bagaimana langkah selanjutnya," tutur dia. 

Baca Juga: Di HUT ke-58, Airlangga Sebut Surya Paloh Ketum NasDem bin Golkar

2. Ridwan Kamil tak ingin terburu-buru berkomentar soal posisi cawapres

Ridwan Kamil Pertimbangkan Gabung ke Partai GolkarGubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Lebih lanjut, Kang Emil mengatakan belum ingin berandai-andai terlalu jauh soal posisi cawapres. Ia memilih lebih fokus untuk bekerja dan diyakini bisa mengerek elektabilitasnya nanti. 

"Saya gak mau terlalu jauh (berandai-andai). Yang penting kita kerja baik, pasti dapat elektoral juga baik," ujarnya. 

3. Ridwan Kamil sudah sempat temui petinggi Golkar di Bandung

Ridwan Kamil Pertimbangkan Gabung ke Partai GolkarGubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (paling ujung tengah) ketika bertemu dengan elite Partai Golkar termasuk Agung Laksono pada 27 September 2022. (Dokumentasi Istimewa)

Sinyal Ridwan Kamil bakal merapat ke Golkar semakin kuat. Pada akhir September 2022 lalu, Kang Emil sempat bertemu dengan petinggi Golkar di Bandung. Salah satu yang ditemui adalah elite Partai Golkar, Agung Laksono. 

Pertemuan itu dibenarkan oleh Ketua DPP Partai Golkar, Dave Laksono. "Pertemuannya dilakukan hari Selasa di Bandung. Kang Emil dan Pak Agung membicarakan soal ilmu dan hidayah kehidupan," ungkap Dave kepada IDN Times melalui pesan pendek pada 29 September 2022 lalu.

Saat ditanyakan apakah dalam pertemuan itu turut membicarakan tawaran Golkar kepada Kang Emil untuk menjadi kader, Dave tak menjawab dengan gamblang. "Tunggu saja tanggal mainnya," kata dia.

Baca Juga: Ketika Jokowi duduk di Samping JK pada HUT ke-58 Partai Golkar

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya