Sowan ke Cak Imin, Puan Kembali Rayu PKB Gabung ke Koalisi PDIP

PDIP masukkan Cak Imin ke daftar bakal cawapres

Jakarta, IDN Times - Ketua DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani, mengakui salah satu poin yang dibahas dalam pertemuannya dengan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar, yakni soal peluang berkoalisi jelang Pemilu 2024.

Meski Puan menyadari saat ini PKB sudah membina koalisi dengan Partai Gerindra, tetapi nasib pria yang akrab disapa Cak Imin itu belum jelas, akan mendampingi Prabowo Subianto sebagai bakal cawapres atau tidak. PDIP melalui Puan mencoba merayu PKB berkoalisi, namun tetap menghormati koalisi yang sudah terjalin.

"Saya juga memahami bahwa Cak Imin atau PKB sudah menjalin kerja sama atau koalisi selama 11 bulan. Harus ditekankan 11 bulan dengan Partai Gerindra. Tentu, saya harus menghormati hal tesebut," ujar Puan usai pertemuan di kediaman dinas Cak Imin, Kamis (27/7/2023). 

Meski begitu, Puan menyadari politik bersifat dinamis. Selama Komisi Pemilihan Umum (KPU) belum menentukan capres resmi, maka semua kemungkinan masih terbuka. 

"Tentu saja kan masih ada kemungkinan-kemungkinan untuk bisa menjalin komunikasi yang lebih intensif. Siapa tahu masih bisa PKB itu bersama PDIP. Karena kan hubungan PDIP dan PKB sudah panjang. Kami bersama-sama mendukung Pak Jokowi selama 10 tahun," tutur dia. 

1. Puan merasa relasinya dengan Cak Imin harmonis, modal untuk bisa berkoalisi

Sowan ke Cak Imin, Puan Kembali Rayu PKB Gabung ke Koalisi PDIPKetua Umum PKB, Muhaimin Iskandar hadir dalam rapat koordinasi Caleg PKB se-Kalimantan Selatan di Tanah Bumbu (dok. PKB)

Lebih lanjut, Puan mengaku selama ini relasinya dengan Cak Imin sangat baik. Hubungan yang harmonis itu terlihat ketika bekerja bersama di DPR. 

"Di DPR, saya ketuanya dan Cak Imin (menjabat) wakil ketuanya. Dan kami itu selalu harmonis, adem ayem tanpa ada hal-hal yang membuat kami tidak ada masalah sedikit pun. Karena semua bisa dibicarakan dengan baik dan secara kekeluargaan," kata perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR itu. 

Puan pun mengakui pembicaraan dengan Cak Imin selama hampir dua jam itu berlangsung hangat dan terasa seperti keluarga sendiri.

"Matur nuwun Cak Imin, karena saya merasa dianggap sebagai keluarga Cak Imin sendiri," tutur dia. 

Puan pun kembali memuji Cak Imin yang bersikap bak kakak sendiri. Sebab, dulu Cak Imin dititipkan mantan Presiden Gus Dur kepada Ketua Umum PDIP Megawati Seokarnoputri. 

"Jadi, saya memang sudah kenal Cak Imin sejak masih SMA," ujar putri Megawati itu. 

Baca Juga: Puan Sebut Cak Imin Masuk Bacawapres Ganjar, PKB: Kami Meleleh

2. Cak Imin tidak tutup kemungkinan bisa merapat ke PDIP

Sowan ke Cak Imin, Puan Kembali Rayu PKB Gabung ke Koalisi PDIPKetua Umum PKB, Muhaimin Iskandar bersama Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto hadir di acara salawatan(dok. PKB)

Sementara, Cak Imin mengatakan, tenggat waktu untuk penentuan koalisi jatuh pada pertengahan Oktober 2023. Sebab, saat itu KPU sudah membuka waktu pendaftaran capres dan cawapres. 

"Di situlah finishing dari semua proses dinamika yang sedang kita lakukan pada hari-hari ini," ujar Cak Imin, yang berdiri di samping Puan. 

Di sisi lain, Cak Imin yang sudah bermitra dengan Prabowo tetap tidak menutup kemungkinan dapat membentuk koalisi baru dengan PDIP. Ia pun menyebut akan menyampaikan kepada Prabow seandainya terbentuk titik temu baru antara PDIP dan PKB. 

"Kalau toh nanti ada titik temu baru antara PDIP dan PKB, tentu akan saya bicarakan dengan Pak Prabowo," ujarnya. 

Namun, kata Cak Imin, saat ini belum ada keputusan apapun dengan Puan dalam pertemuan kali ini. Baik PKB dan PDIP masih terus berproses, berdinamika dan berdialektika hingga ada kesimpulan baru yang serius. 

"Kalau nanti sudah ada kesimpulan yang serius, baru saja ajak Pak Prabowo untuk berdiskusi," tutur dia. 

3. PDIP goda PKB dengan memasukkan nama Cak Imin sebagai bakal cawapres Ganjar

Sowan ke Cak Imin, Puan Kembali Rayu PKB Gabung ke Koalisi PDIPDeklarasi seniman dukung Cak Imin jadi Capres 2024 (dok. PKB)

Lobi-lobi untuk mencuri hati PKB sudah dimulai PDIP sebelum pertemuan Puan dengan Cak Imin. Salah satu indikasinya nama Cak Imin masuk dalam lima daftar bakal cawapres yang dipertimbangkan mendampingi Ganjar Pranowo.

Wakil Ketua Umum PKB, Jazilul Fawaid, mengakui parpol tempatnya bernaung bisa saja tergoda untuk pindah gerbong ke koalisi lain.

"Karena yang nyebut ini ibarat sultan, pemenang pemilu, tentu jawabannya kita pasti meleleh ini kalau digoda. Tapi masalahnya kita harus tahu diri dan tahu posisi," ujar Jazilul kepada media, Selasa, 25 Juli 2023.

Selain Cak Imin, empat nama bakal cawapres yang dipertimbangkan Megawati yaitu Erick Thohir, Sandiaga Uno, Agus Harimurti Yudhoyono dan Andika Perkasa. Sebelumnya, Megawati menyebut ada 10 nama bakal cawapres yang tengah dipertimbangkan. Kini nama-nama itu telah mengkerucut menjadi lima nama. 

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: Puan Beberkan 5 Bacawapres Ganjar, Ada Andika hingga AHY

https://www.youtube.com/embed/icJmSOJIMHY

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya