Survei Cyrus Network: 63,1 Persen Nilai Ma'ruf Amin Wakili Umat Islam

Ma'ruf Amin juga dinilai paling cocok jadi imam salat

Jakarta, IDN Times - Serangan yang selama ini dialamatkan kepada calon presiden petahana Joko Widodo-Ma'ruf Amin bahwa mereka bukan pemimpin umat Muslim tak sepenuhnya berhasil. Paling tidak itu yang tercermin dari hasil survei nasional Cyrus Network.

Mereka melakukan survei usai dilakukan debat capres pertama. Survei kemudian diisi oleh 1.230 responden di 34 provinsi dengan margin of error sebanyak 3 persen. 

Dalam pemaparan survei yang digelar pada Kamis (28/2) di Hotel Akmani, Jakarta Pusat, mayoritas responden menilai cawapres nomor urut 01, Ma'ruf Amin lebih mewakili umat Islam. Angkanya mencapai 63,1 persen. 

Sementara, di bawahnya ada Jokowi yang dipilih oleh 15,2 persen, lalu ada Prabowo yang meraih 10,2 persen suara. Sementara, Sandiaga Uno dinilai oleh 4,1 persen responden mewakili umat Islam. 

Dari hasil survei itu, CEO Cyrus Network, Hasan Nasbi mengatakan seharusnya Jokowi tidak lagi perlu terlalu banyak mengambil manuver agar ia terlihat lebih Islami. Sebab, wakilnya sudah dinilai oleh publik sudah mewakili kepentingan umat Islam. 

"Dan kalau angkanya 63 persen, artinya ada pemilih dari kubu Pak Prabowo yang memilih Ma'ruf Amin," kata Hasan pada tadi sore. 

Lalu, bagaimana demografi pemilih masing-masing kedua kubu? Benarkah Jokowi yang berusaha untuk mencitrakan dirinya dekat dengan anak muda, namun justru kaum muda lebih memilih paslon nomor urut 02?

1. Sandiaga Uno dianggap lebih mewakili anak muda ketimbang Jokowi

Survei Cyrus Network: 63,1 Persen Nilai Ma'ruf Amin Wakili Umat Islam(Hasil survei Cyrus Network) IDN Times/Santi Dewi

Dari hasil survei yang ditunjukkan justru Sandiaga Uno yang dinilai lebih mewakili kepentingan anak muda ketimbang Jokowi. Ada 44,2 persen yang menilai Sandi lebih mewakili anak muda. Sedangkan, Jokowi meraih 37,1 persen responden. 

Sementara, hanya 1,7 persen yang menilai Ma'ruf Amin mewakili semangat anak muda. Ma'ruf sendiri mengakui dirinya memang tidak lagi muda. Tetapi, bukan berarti ia tidak punya semangat untuk memimpin Indonesia. 

Dalam kampanyenya di Kabupaten Pangandaran pada hari ini, Ma'ruf membandingkan dirinya dengan Mahathir Muhammad yang terpilih kembali sebagai Perdana Menteri di usia 93 tahun. 

"Saya ini masih muda apabila dibandingkan dengan Mahathir Mohamad. Pas saya ke Malaysia dan berdiri di samping Beliau, benar juga saya masih muda," kata Ma'ruf yang diikuti tawa hadirin di Lapangan Grand Pangandaran pada hari ini. 

Baca Juga: Cerita Dibalik Wawancara Khusus Ma'ruf Amin soal Vonis Ahok

2. Ma'ruf Amin dinilai sebagai tokoh yang paling sesuai untuk jadi imam salat dan paling baik bacaan salatnya

Survei Cyrus Network: 63,1 Persen Nilai Ma'ruf Amin Wakili Umat Islam(Hasil survei Cyrus Network) IDN Times/Santi Dewi

Pertanyaan lain yang sempat diajukan kepada responden yakni siapa tokoh yang paling sesuai untuk menjadi imam salat dan bacaan salatnya paling baik. Tanpa ragu, responden langsung menyatakan Ma'ruf Amin lah yang unggul di kedua kategori itu.

Sebanyak 76,5 persen responden menyatakan Ma'ruf Amin dinilai paling mampu menjadi imam salat. Sementara, 77,6 persen responden menyatakan Ketua MUI itu paling baik bacaan salatnya. Di posisi kedua ada Jokowi. Disusul Prabowo dan Sandiaga Uno. 

3. Pemilih Jokowi-Ma'ruf Amin semakin membesar pada usia di atas 35 tahun dan tingkat pendidikan di bawah SMA

Survei Cyrus Network: 63,1 Persen Nilai Ma'ruf Amin Wakili Umat IslamIDN Times/Irfan Fathurohman

Hal lain yang dicatat dari survei Cyrus Network yakni pemilih pasangan capres nomor urut 01 semakin banyak yang datang dari orang-orang yang berusia di atas 35 tahun. Angkanya mencapai 60 persen.

Sebaliknya, pemilih pasangan capres nomor urut 02 semakin datang dari kaum muda di bawah usia 35 tahun. Angkanya mencapai 44,2 persen. 

Lalu, dari segi tingkat pendidikan, para pemilih Jokowi-Ma'ruf sebagian besar meraih pendidikan minimal SMP yakni 62,2 persen. Sedangkan, pemilih Prabowo-Sandi minimal memiliki pendidikan setingkat SMA yakni 46,0 persen. 

4. Jokowi dinilai capres yang paling banyak kontribusinya terhadap umat Islam

Survei Cyrus Network: 63,1 Persen Nilai Ma'ruf Amin Wakili Umat IslamDok.IDN Times/Biro Pers Kepresidenan

Hasil survei lainnya yang penting diperhatikan oleh kubu paslon nomor urut 01 yakni sebagian besar responden menilai Jokowi adalah capres yang lebih taat menjalankan ibadah dan berkontribusi terhadap umat Islam. Ada 48,0 persen responden yang menilai Jokowi taat dalam menjalankan ibadah salat. Sementara, 22,5 persen responden menilai Prabowo Subianto rajin menunaikan ibadah salat. 

Sementara, 49,9 persen responden menyatakan Jokowi berkontribusi terhadap umat Islam. Sedangkan, 25,4 persen responden saja yang menyatakan Prabowo memberikan sumbangsihnya bagi umat Muslim. 

5. Jokowi dianggap pemimpin yang sederhana, Prabowo dinilai pimpinan yang tegas

Survei Cyrus Network: 63,1 Persen Nilai Ma'ruf Amin Wakili Umat IslamANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Dari survei Cyrus Network juga terungkap calon pemilih mengasosiasikan Jokowi sebagai pemimpin yang sederhana dan merakyat. Angkanya mencapai 69,3 persen. 

Sementara, calon pemilih mengunggulkan Prabowo karena dianggap sebagai pimpinan yang tegas. Angka tersebut mencapai 53,6 persen. Well, gimana pendapat kalian guys?

Baca Juga: Survei LSI: Gerindra Pepet PDIP Rebut Suara Pemilih Muslim 

Topik:

Berita Terkini Lainnya