Surya Paloh Absen di Harlah ke-25 PKB, Cak Imin: Gak Berani Hadir?

Cak Imin minta kader menangkan PKB agar tak diremehkan

Jakarta, IDN Times - Perayaan hari lahir (harlah) ke-25 Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) digelar secara meriah di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Minggu (23/7/2023). Acara tersebut dihadiri secara langsung oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo dan ibu negara. Ada pula pimpinan partai politik yang hadir lantaran diundang Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar. 

Namun, ada peristiwa menarik saat pria yang akrab disapa Cak Imin itu menyapa satu demi satu perwakilan parpol yang hadir. Cak Imin menyadari Partai NasDem diwakili anggota Komisi III DPR, Eva Yuliana. Ia pun menanyakan kepada Eva di mana keberadaan Surya Paloh. 

"Yang saya hormati Eva Yuliana mewakili Partai NasDem. Lho, Bang Surya Paloh mana kok gak berani datang? Padahal kami sangat berharap Bang Surya Paloh datang Mbak Eva," ujar Cak Imin seperti dikutip dari YouTube PKB.

Sedangkan, ketua parpol yang kali pertama disapa adalah Prabowo Subianto dari Partai Gerindra. Cak Imin pun meminta maaf kepada Ketua DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani lantaran menyebut nama Prabowo lebih dulu. 

"Mohon maaf Mba Puan, saya sebut nama Pak Prabowo lebih dulu karena kami sudah berkoalisi 11 bulan lamanya," kata dia yang direspons Puan dengan tawa. 

Selain Prabowo dan Puan, ada pula Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Sekjen PPP Arwani Thomafi, hingga perwakilan Partai Demokrat Amal Alghozali. Namun, PKS absen di acara tersebut.

1. Cak Imin minta kepada kader menangkan PKB agar tidak diremehkan

Surya Paloh Absen di Harlah ke-25 PKB, Cak Imin: Gak Berani Hadir?Suasana peringatan harlah ke-25 Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di Stadion Manahan Solo. (Tangkapan layar YouTube PKB)

Di acara tersebut, Cak Imin menyampaikan enam deklarasi perintah untuk kader PKB. Enam perintah itu disebut Cak Imin sebagai 'Dekrit Perintah Ketua Umum.'

Salah satunya, ia meminta kepada semua kader PKB agar mereka tetap setia kepada kepemimpinan Presiden Jokowi. Cak Imin menegaskan Jokowi adalah bagian dari rakyat. 

"Salah satu kebanggaan kita, kita bersama Jokowi. Seorang presiden dari kalangan orang biasa-biasa saja, bukan elit politik," ujarnya. 

Instruksi lainnya dari Cak Imin yakni memerintahkan kepada seluruh kader agar memenangkan Pilpres dan Pileg 2024. Ia mengaku khawatir bila PKB gagal menang maka parpolnya bakal diremehkan. 

"Tidak ada jalan lain, harus menangkan PKB! Jika tidak menang, kalian akan diremehkan kekuatan lainnya," tutur dia. 

Baca Juga: Puji Cak Imin, Jokowi Doakan Suara PKB Melejit di Pemilu 2024

2. Isi enam dekrit perintah ketua umum PKB yang disampaikan saat harlah ke-25

Surya Paloh Absen di Harlah ke-25 PKB, Cak Imin: Gak Berani Hadir?Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar hadir dalam rapat koordinasi Caleg PKB se-Kalimantan Selatan di Tanah Bumbu (dok. PKB)

Berikut adalah 6 Dekrit Perintah Ketua Umum yang disampaikan Cak Imin di Stadion Manahan, Solo:

Pertama, menjaga akar dan warisan perjuangan Kiai Haji Muhammad Hasyim Asy'ari sebagai pendiri sekaligus Rais Akbar organisasi Nadhlatul Ulama (NU). Adapun warisan nilai itu adalah terus merawat hubungan antara Islam dan negara, Islam dan pemerintahan, serta Islam yang menginspirasi pembangunan bangsa.

Kedua, Cak Imin memerintahkan agar para kader turut andil dalam menjaga toleransi di Indonesia. "Perintah saya sebagai Ketum PKB, jadilah pelindung sesama manusia khususnya kaum minoritas," ujarnya. 

Ketiga, Cak Imin memerintahkan untuk selalu setia pada kepemimpinan Jokowi hingga masa jabatannya sebagai Presiden RI berakhir tahun 2024

Keempat, Cak Imin meminta kadernya untuk selalu dekat dengan masyarakat. Kelima, kader diperintahkan untuk mencari solusi bagi rakyat kecil.

Kelima, Cak Imin mengimbau kadernya untuk mengamankan dana desa agar bebas dari korupsi. "Bekerjalah menjadikan desa sebagai pusat kemajuan baru," kata dia.

Terakhir, ia meminta agar seluruh kader turut menyukseskan pemenangan PKB dalam Pemilu 2024. "Saya ingin 2024, kita juara 2. Jaraknya agak dekat dengan PDIP," tutur dia lagi. 

3. Cak Imin juga minta kader PKB di Jateng agar pepet suara Puan Maharani

Surya Paloh Absen di Harlah ke-25 PKB, Cak Imin: Gak Berani Hadir?Ketua DPR Puan Maharani (dok. Pribadi/Puan Maharani)

Dalam harlah PKB, Cak Imin juga menyinggung perolehan suara partainya di Jawa Tengah yang terpaut jauh dengan PDIP. Untuk itu, ia berharap pada 2024, PKB dapat mengejar ketertinggalan tersebut hingga mendekati PDIP.

"Saya ingin 2024 kita juara dua (di Jateng) tapi jaraknya agak dekat dengan PDIP," kata Cak Imin. 

Instruksi itu disampaikan Cak Imin di hadapan Puan selaku Ketua DPP PDIP. "Mbak Puan, sanggup kita (capai target). Kalau kita nanti berhasil mepet PDIP, Mbak Puan jadi hormat ke PKB," tutur dia. 

Berdasarkan data Komisi Pemilihan Umum (KPU), PDIP di Pemilu 2019 berhasil meraih 29,71 persen suara di Jateng. PKB sudah mengekor di posisi kedua dengan raihan suara 14,04 persen. 

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: Cak Imin Minta Kiai dan Ulama Doakan PKB Juara Pemilu 2024

https://www.youtube.com/embed/v9alPt4aYTk

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya