Tiga Menteri "Diendus" KPK, Jokowi akan Lakukan Perombakan Kabinet?

Tiga Menteri itu Enggartiasto, Lukman dan Imam Nahrawi

Jakarta, IDN Times - Tiga Menteri di Kabinet Presiden Joko "Jokowi" Widodo-Jusuf "JK" Kalla mulai diendus oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Mereka adalah Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin, dan Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi. 

KPK telah menggeledah ruang kerja Enggar dan Lukman Hakim di kasus yang berbeda. Ruang kerja dan kediaman pribadi Enggar digeledah karena diduga ia memberikan suap senilai Rp2 miliar kepada anggota DPR Bowo Sidik Pangarso. Sedangkan, ruang kerja Lukman digeledah karena diduga ada barang bukti terkait praktik jual beli jabatan di Kementerian Agama. 

Sedangkan, Imam dipanggil sebagai saksi untuk kasus suap dana hibah dari Kemenpora ke KONI. Maka tak heran berhembus kabar akan ada perombakan kabinet yang diprediksi dilakukan setelah Idul Fitri. Namun, benarkah rumor tersebut?

Kepala Staf Kepresidenan, Jenderal (Purn) Moeldoko, mengatakan perombakan kabinet merupakan hak prerogatif Presiden Jokowi. 

"Perombakan kabinet ya presiden sudah mengatakan bisa iya atau tidak. Kita lihat kepentingannya. Intinya kita semua berharap jangan sampai terjadi karena waktu kerja kita kan (tinggal) beberapa bulan," kata Moeldoko yang ditemui di Istana Negara pada Kamis (2/5). 

Lalu, apa respons Jokowi soal tiga Menterinya yang diduga tersangkut kasus korupsi?

1. Jokowi mengaku tidak akan mengintervensi proses hukum yang ada di KPK

Tiga Menteri Diendus KPK, Jokowi akan Lakukan Perombakan Kabinet?Instagram.com/@jokowi

Moeldoko mengaku sejak awal Presiden Jokowi tidak akan ikut campur terhadap proses hukum di KPK yang diduga melibatkan tiga Menteri di Kabinet Kerja. Sikap serupa, kata Moeldoko, juga ditunjukkan oleh mantan Gubernur DKI Jakarta itu ketika mantan Menteri Sosial, Idrus Marham dijadikan tersangka oleh lembaga antirasuah. 

"Pada saat kasus menimpa Pak Idrus, Presiden dalam hal ini juga sama sekali tidak melakukan intervensi atas proses hukum. Sama juga dengan nanti akan diberlakukan terhadap Menteri-Menteri yang saat ini mungkin ada kaitannya dengan persoalan hukum," kata Moeldoko kemarin. 

Baca Juga: Setelah Kantor, Giliran Rumah Menteri Perdagangan yang Digeledah KPK

2. Menpora Imam Nahrawi sempat bertemu Jokowi di Istana

Tiga Menteri Diendus KPK, Jokowi akan Lakukan Perombakan Kabinet?(Menpora Imam Nahrawi ketika menjadi saksi di persidangan) ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Sebelumnya, Menpora Imam Nahrawi sempat bertemu dengan Jokowi di Istana Negara pada Selasa (30/4). Namun, ketika ditanya tujuan dari pertemuan itu, ia enggan membeberkannya kepada media. Santer terdengar, Imam meminta izin untuk mundur dari posisinya sebagai Menpora.

"Ini hanya silaturahmi saja," ujar Menteri dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu pada Selasa kemarin. 

Diketahui, Imam merupakan salah satu menteri Kabinet Kerja yang kerap mengobrol dengan wartawan usai pertemuan di Istana Negara. Namun, kali ini ia diam dan terlihat terburu-buru memasuki mobil dinasnya yang berpelat nomor RI 49. 

Kedatangan Imam ke Istana Negara sendiri tidak terjadwal dalam agenda resmi kepresidenan yang diberikan kepada media. Jokowi juga tidak dijadwalkan untuk menghadiri acara lain lantaran akan berangkat kunjungan kerja ke Kabupaten Boyolali, Jawa Timur, pukul 19.00 WIB.

Sementara, ketika dikonfirmasi ke Moeldoko, ia mengaku tidak tahu perihal rumor Imam yang hendak mengundurkan diri. 

"Aku belum tahu persis," kata dia lagi. 

Menurut dia, ketiga Menteri itu masih bisa bekerja secara optimal kendati namanya disebut tengah dibidik oleh KPK. 

3. PKB membantah Menpora Imam hendak mundur dari jabatannya

Tiga Menteri Diendus KPK, Jokowi akan Lakukan Perombakan Kabinet?(Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi) ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Sementara, ketika dikonfirmasi, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) membantah kader mereka hendak mundur. Menurut Ketua DPP PKB Abdul Kadir, tujuan kedatangan Imam ke Istana pada Selasa kemarin karena ingin melaporkan rencana penyelenggaraan SEA Games 2019. 

"Sudah konfirmasi ke Mas Imam. Mas imam ke Istana melaporkan rencana SEA Games 2019 di Filipina," kata Karding yang dikonfirmasi oleh media. 

4. Partai Nasdem meminta semua pihak untuk mengedepankan asas praduga tak bersalah

Tiga Menteri Diendus KPK, Jokowi akan Lakukan Perombakan Kabinet?IDN Times/Panji Galih Aksoro

Sementara, ketika dihubungi melalui pesan pendek, Ketua DPP Nasdem, Irma Suryani mengatakan soal perombakan kabinet merupakan kewenangan Presiden. 

"Silakan saja (melakukan reshuffle) sepanjang untuk memperbaiki kinerja kabinet," kata Irma melalui pesan pendek pada hari ini. 

Ia pun meminta kepada publik agar mengedepankan asas praduga tak bersalah. Ia mengatakan agar tidak ada yang mendahului proses hukum.

"Siapa pun wajib mengedepankan asas praduga tidak bersalah, jangan mendahului proses," kata dia lagi. 

Baca Juga: PKB Bantah Isu Menpora Imam Nahrawi Mundur dari Kabinet

Topik:

  • Wendy Novianto

Berita Terkini Lainnya