TNI AU Pamer Manuver Udara di Atas Langit Istana Merdeka

Jupiter Aerobatic Team berkolaborasi dengan Tim Pegasus

Jakarta, IDN Times - Salah satu atraksi yang dinanti tiap peringatan HUT ke-78 Indonesia di Istana Merdeka adalah manuver udara yang dilakukan personel TNI dan Polri. Pada HUT RI tahun ini, ada 30 pesawat milik TNI dan Polri yang dikerahkan pada Kamis (17/8/2023).

Atraksi pertama adalah manuver dari 10 unit jet tempur F16 Fighting Falcon. Penerbangan ini menggunakan kode sandi Garuda Flight. Letkol Pandu "Hornet" Eka Prayoga diketahui memimpin manuver ini.

Sehari-hari, ia bertugas sebagai Komandan Skadron 3 di Lanud Iswahjudi, Madiun, Jawa Timur. Letkol Pandu diketahui merupakan alumni Akademi Angkatan Udara (AAU) 2004.

Sebanyak 10 pesawat F16 itu membentuk formasi anak panah (arrow head formation). Mereka terbang di atas ketinggian 1.000 kaki dari permukaan tanah.

Atraksi kedua yakni merupakan gabungan helikopter milik TNI dan Polri. Mereka terbagi masing-masing menjadi 4 helikopter yang membawa bendera merah putih dalam berukuran besar. Kode penerbangan itu adalah Nusantara Flight.

Penerbangan Garuda Flight dipimpin oleh Letkol Pnb Ageng Wahyudi. Sehari-hari ia bekerja sebagai Komandan Skadron 6 di Lanud Atang Sanjaya, Bogor.

Penampilan spesial pada HUT ke-78 RI 2023 yakni kolaborasi spesial antara Jupiter Aerobatic Team dan Pegasus. Pegasus terdiri dari beberapa unit helikopter.

Tim JAT dipimpin oleh Kolonel Ripdho Utomo yang merupakan alumni AAU tahun 2004. Sementara, tim Pegasus dipimpin oleh Letkol Taufik Hidayat. Ia lulus dari AAU pada 2003 lalu.

Jupiter Aerobatic Team (JAT) melakukan sejumlah manuver berbahaya dengan melakukan penerbangan yang saling berhadapan. Sementara, tim Pegasus melakukan atraksi menari di udara ketika lagu Maumere diputar.

TNI AU Pamer Manuver Udara di Atas Langit Istana MerdekaDemo udara yang dilakukan saat upacara HUT ke-78 RI pada Kamis (17/8/2023). (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Baca Juga: Pasukan Upacara HUT ke-78 RI Mendadak Berjoget di Hadapan Jokowi

Baca Juga: Upacara HUT RI 2024 Ditarget di IKN, Begini Progres Pembangunannya

Baca Juga: Upacara HUT 78 RI di Istana, Ruas-Ruas Jalan Ini Ditutup 

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya