Yudo Sampaikan Pidato Perpisahan ke Prajurit TNI Jelang Pensiun

Yudo mengaku bangga TNI tetap dapat aktualisasikan diri

Jakarta, IDN Times - Panglima TNI Laksamana Yudo Margono menyampaikan pidato perpisahan sebelum memasuki masa pensiun, pada Senin (20/11/2023). Yudo bakal pensiun pada 26 November 2023. 

Di momen tersebut, Yudo juga melakukan exit briefing kepada semua prajurit TNI dan menyerahkan data aset unit organisasi Mabes TNI kepada Jenderal Agus Subiyanto yang segera menjabat sebagai panglima baru TNI. Yudo mengatakan, tujuan dari exit briefing dan penyerahan memorandum yakni agar Jenderal Agus mendapat gambaran awal mengenai semua program TNI yang telah, sedang, dan belum dilaksanakan. 

"Pergantian pimpinan pada suatu organisasi memiliki makna penting dan strategis dalam konteks manajemen organisasi maupun regenerasi di TNI secara profesional," ujar Yudo seperti dikutip dari keterangan tertulis, Selasa (21/11/2023). 

Ia pun menambahkan, masih perlu ada peningkatan program baik dalam pembangunan kekuatan maupun peningkatan kemampuan. "Saya merasa bangga dengan keterbatasan yang kita miliki, TNI tetap dapat mengaktualisasikan jati diri sebagai prajurit Sapta Marga," tutur mantan Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) itu. 

Yudo turut menitipkan pesan agar kesinambungan tugas TNI disesuaikan dengan dinamika lingkungan yang strategis, cepat, dan sulit diprediksi. "Kesiapan TNI untuk melaksanakan tugas pokoknya secara optimal merupakan sebuah keniscayaan," katanya. 

Apa pesan terakhir Yudo kepada para prajurit TNI? Ke mana Yudo akan melabuhkan langkah usai pensiun nanti?

1. Yudo sudah pamit ketika memberikan Sudirman Awards kepada prajurit TNI

Yudo Sampaikan Pidato Perpisahan ke Prajurit TNI Jelang PensiunPanglima TNI, Laksamana Yudo Margono melakukan exit briefing dan berpamitan dengan prajurit TNI di penghujung masa jabatan. (Dokumentasi Puspen TNI)

Lebih lanjut, Yudo juga sudah menyatakan pamit ketika membuka ajang penghargaan bagi prajurit TNI, Sudirman Awards, pada 13 November 2023 lalu di Balai Samudera, Jakarta Utara. Di momen itu, Komisi I DPR sudah menyetujui Jenderal Agus sebagai Panglima TNI yang diajukan oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo. 

"Sekaligus kami menyampaikan permohonan maaf bila ada hal-hal yang kurang berkenan. Kami sekaligus juga memohon pamit kepada semuanya, karena tadi Ibu Ketua Komisi I DPR sudah memimpin (uji kepatutan dan kelayakan) terhadap Panglima TNI baru. InsyaAllah dalam waktu dekat akan ada pelantikan Panglima baru TNI," ujar Yudo. 

Ia pun mengakui akan memasuki masa pensiun pada 26 November 2023. Yudo mengaku yakin di bawah kepemimpin Jenderal Agus Subiyanto, TNI akan semakin profesional, modern, dan tangguh.

"Saya juga mengharapkan agar acara-acara penghargaan terhadap prajurit diteruskan. Banyak sekali prajurit yang bertugas di wilayah perbatasan dan para atlet-atlet nasional yang ikut berlaga membanggakan Indonesia," tutur dia. 

Ia turut berpesan kepada Jenderal Agus agar memperhatikan bawahan. Memang sebagai prajurit TNI, semua dianggap tugas. 

"Tetapi, sebagai atasan tetap perlu memperhatikan prajurit TNI yang berprestasi," ujarnya lagi. 

Baca Juga: Profil Agus Subiyanto, Eks Danpaspampres yang Dilantik Jadi KSAD

2. Yudo minta prajurit TNI terus memperkaya penguasaan teknologi

Yudo Sampaikan Pidato Perpisahan ke Prajurit TNI Jelang PensiunPanglima TNI, Laksamana Yudo Margono. (www.instagram.com/@jenderaltniyudomargono)

Laksamana Yudo turut berpesan agar menjaga semangat perubahan dan modernisasi. Hal itu, kata Yudo, harus dijadikan motivasi yang kuat. 

"Di mana TNI terus meningkatkan profesionalisme, penguasaan teknologi dan memperkuat operasional yang tangguh sebagai respons terhadap dinamika dan kompleksitas tantangan yang akan dihadapi ke depan," ujar Yudo. 

Di bagian akhir pengarahannya, Yudo mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada seluruh pihak yang memberikan dukungan tanpa henti. "Bersama kita telah menjalankan banyak tugas dan tantangan yang membutuhkan keikhlasan, ketabahan dan keberanian serta keuletan," kata dia. 

3. Yudo berseloroh ingin jadi petani usai pensiun dari jabatan Panglima TNI

Yudo Sampaikan Pidato Perpisahan ke Prajurit TNI Jelang PensiunJenderal Dudung Abdurachman di Mabes TNI Angkatan Darat (AD) pada Jumat, 27 Oktober 2023. (IDN Times/Santi Dewi)

Sementara, Yudo pernah mengaku akan bertani usai pensiun dari jabatan Panglima TNI pada November 2023.

"Ya bertani. Wong sudah pensiun. Saya dari tani, pensiun, ya bertani lagi," ujar Yudo saat ditemui di Mabes TNI, Jakarta Timur pada 6 Oktober 2023 lalu. 

Yudo dilantik sebagai Panglima TNI oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo pada 19 Desember 2022.

https://www.youtube.com/embed/IWO6QlwpdJU

Baca Juga: Puan Sebut Agus Subiyanto Dilantik Jokowi Jadi Panglima TNI Besok

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya