Zulhas Bagi-bagi Rp50 Ribu, PAN: Itu Bukan Politik Uang Tapi Sedekah

"Di video itu tidak ada narasi untuk mengajak coblos PAN"

Jakarta, IDN Times - Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional, Viva Yoga Mauladi, mengatakan video TikTok PAN berisi Zulkifli Hasan bagi-bagi uang ke warga, bukan termasuk politik uang. Menurutnya, Zulkifli sudah terbiasa membagikan uang kepada warga di tengah kunjungan kerja dengan niat sedekah.  

"Hal itu tidak ada kaitannya dengan kampanye PAN. Tidak ada narasi untuk memilih atau mencoblos PAN. Makanya, tidak tepat bila dikatakan (aksi itu) menjurus ke politik uang," ujar Yoga di dalam keterangan tertulis pada Rabu (13/9/2023). 

Menurutnya, aksi bersedekah ala Zulkifli itu sudah ia lakukan di saat melakukan kunjungan kerja. Mulai dari di pasar, pelabuhan, kantor, di lapangan olahraga, masjid dan di rumah. 

"Aksi bersedekah itu dilakukan setiap waktu dan kegiatan," tutur dia. 

Ia menambahkan, sudah menjadi karakter pria yang juga menjabat sebagai Menteri Perdagangan itu untuk bersedekah. Yoga juga memuji sosok Zulkifli sebagai orang yang dermawan dan melaksanakan ajaran agama. 

"Kan menjadi seorang dermawan adalah sikap dan perilaku yang baik," ujarnya lagi. 

Aksi bagi-bagi uang ala Zulkifli justru terekam di akun TikTok resmi PAN. Di video itu, terlihat pria yang akrab disapa Zulhas membagikan uang senilai Rp50 ribu ketika sedang mengunjungi warga dan nelayan yang ada di pesisir. Namun, tidak diketahui kapan peristiwa itu terjadi. 

Di sisi lain, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) punya pandangan berbeda dengan cara Zulhas bagi-bagi uang Rp50 ribu. Apa kata mereka?

1. Zulkifli rutin membagikan sedekah karena dulu lahir dari keluarga dengan ekonomi tak mampu

Zulhas Bagi-bagi Rp50 Ribu, PAN: Itu Bukan Politik Uang Tapi SedekahMenteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan alias Zulhas meresmikan tiga pasar rakyat di Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah (Sulteng). (dok. Kemendag)

Baca Juga: Zulhas dan Anaknya Bagi Migor, Jubir Muda PAN: Beli dari Dana Pribadi 

Lebih lanjut, Yoga menjelaskan kebiasaan Zulhas membagikan sedekah tidak lepas dari latar belakangnya yang pernah mengalami kesulitan di masa lalu. Zulhas disebut-sebut lahir dari keluarga yang ekonominya tidak mampu. 

"Beliau lahir dari keluarga petani desa yang hidup serba sederhana dan nasihat emaknya agar jika kita akan makan maka harus berbagi dengan tetangga. Tetangga jangan hanya mencium baunya, tetapi juga harus dapat merasakan makanannya," tutur Yoga. 

Menurutnya, itu lah pesan yang membekas di hati Zulhas, sekaligus menjadi motivasi dia untuk terus berbuat baik. 

"Membantu rakyat dengan bersedekah uang, barang, sembako, ilmu atau pekerjaan baik adalah sifat yang mesti diteladani. Perlu menjadi seorang dermawan agar mendapatkan pahala dari Allah," katanya.

Bahkan, menurut Yoga, aksi sedekah Zulhas bukan semata-mata agar bisa meraup suara di daerah tersebut. 

Baca Juga: Bawaslu Usut Aksi Ketum PAN Zulhas Bagi-bagi Uang ke Warga

2. Zulhas pernah membagikan migor murah dan minta agar warga pilih puterinya

Zulhas Bagi-bagi Rp50 Ribu, PAN: Itu Bukan Politik Uang Tapi SedekahKetua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan ketika membagi-bagikan minyak curah kemasan, Minyak Kita pada 9 Juli 2022 di Lampung. (www.instagram.com/@amanatnasional)

Kejadian serupa juga pernah dilakukan Zulhas ketika blusukan bersama putrinya, Futri Zulya Savitri di Telukbetung Timur, Bandar Lampung pada Juli 2022. Futri merupakan calon anggota legislatif yang maju dari dapil Lampung. 

Pemberian migor subsidi kepada warga itu kemudian disusul dengan kalimat dari Zulhas ke warga, yang meminta agar tak lupa mencoblos foto putrinya di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Aksi itu juga terekam di kamera. 

Publik memprotes aksi bagi-bagi migor bersubsidi itu lantaran di momen yang sama stok minyak sedang tengah langka. Menurut juru bicara muda PAN, Dimas Prakoso Akbar, aksi bagi-bagi migor subsidi itu merupakan kegiatan PAN dan bukan Kementerian Perdagangan. 

"Pernyataan yang disampaikan oleh Zulhas, dalam rangka kegiatan yang digelar oleh PAN bukan oleh Kementerian Perdagangan atau bersifat kenegaraan. Makanya, kegiatan itu dinamakan PAN sar murah," ungkap Dimas kepada IDN Times ketika dihubungi melalui telepon. 

Kegiatan itu, kata Dimas, juga digelar pada akhir pekan dan bukan hari kerja. Menurutnya, pernyataan Zulhas agar memilih putrinya adalah sesuatu yang lumrah, karena diserukan di tengah acara partai. 

Dimas mengklarifikasi bahwa Kemendag tak pernah menyimpan stok minyak goreng. Hal itu berbeda dengan Bahan Bakar Minyak (BBM). Minyak Kita yang dibagikan oleh Zulhas kepada warga di Lampung diperoleh dengan cara membeli dari distributor lokal. 

"Jadi, itu diperoleh dari distributor minyak lokal yang ada di Lampung," kata Dimas.

3. KPK sentil aksi bagi-bagi uang Zulkifli Hasan jelang pemilu 2024

Zulhas Bagi-bagi Rp50 Ribu, PAN: Itu Bukan Politik Uang Tapi SedekahKepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri (IDN Times/Aryodamar)

Sementara, aksi bagi-bagi uang Rp50 ribu Zulhas turut disentil oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Juru Bicara Penindakan dan Kelembagaan KPK Ali Fikri mengatakan, pihaknya telah mengampanyekan anti politik uang melalui tagline dan program Hajar Serangan Fajar.

"Antikorupsi itu kan maknanya ya tidak dengan menebar uang untuk meraup suara misalnya, meraup dukungan dan sebagainya karena itu cara-cara curang, kan begitu ya," ujar Ali saat ditemui di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, pada Selasa kemarin. 

Menurut Ali, ajakan antipolitik uang itu disampaikan kepada penyelenggara pemilu, seperti Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), peserta pemilu, ataupun masyarakat. Tindakan ini menjadi salah satu upaya KPK mengawal Pemilu 2024.

Berdasarkan kajian KPK, kata Ali, aksi bagi-bagi uang merupakan tindakan koruptif yang berujung pada tindakan korupsi.

"Beberapa perkara yang ditangani oleh KPK itu motifnya sama, untuk mengembalikan modal yang sudah dikeluarkan. Saya kira tidak ingin terjadi kembali hal-hal seperti itu," ujarnya lagi. 

https://www.youtube.com/embed/pa5wMZBaEYs

Baca Juga: Politisi Demokrat Sentil Zulhas Kampanye Anaknya Manfaatkan Migor

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya