Comscore Tracker

12 Mei Hari Perawat Internasional: Ini Sejarahnya

Perawat adalah garda utama untuk merawat pasien

12 Mei diperingati sebagai Hari Perawat Internasional atau International
Nurses Day. Perawat adalah tenaga kesehatan yang bertugas merawat pasien yang
sedang tidak dalam kondisi kesehatan yang stabil agar kembali sehat.

Menurut data World Health Organization (WHO) jumlah perawat di dunia
kurang dari 28 juta orang. Sama seperti tenaga kesehatan lain, perawat memiliki peran yang penting untuk para pasien yang sedang melakukan perawatan di rumah sakit.

Yuk, simak informasi lengkap tentang sejarah serta cara merayakan Hari Perawat
Internasional di bawah ini!

1. Sejarah Hari Perawat Internasional

12 Mei Hari Perawat Internasional: Ini SejarahnyaIlustrasi perawat ICU RSPP Modular Simprug, Novi Citra Lenggana (Dok. Humas RSPP)

Hari Perawat Internasional atau Hari Perawat Sedunia berawal dari inisiatif seorang pejabat di Departemen Kesehatan, Pendidikan, dan Kesejahteraan Amerika Serikat bernama Dorothy Sutherland yang mengusulkan diadakannya Hari Perawat. Usulan ini tentunya tidak diterima begitu saja oleh presiden.

Namun, beberapa tahun setelahnya, tepat pada tahun 1965, Dewan Perawat Internasional atau International Council Nurses (ICN) sudah merayakan Hari Perawat ini sejak tanggal 12 Mei dan pada tahun 1974 akhirnya Hari Perawat Sedunia ini diresmikan.

12 Mei juga bertepatan dengan hari lahirnya ahli statisik, penulis, dan penemu keperawatan modern yaitu Florence Nightingale. Hari Perawat ini dirayakan dengan tujuan menghargai jasa yang telah diberikan oleh para perawat.

Baca Juga: Upah Perawat Rp500 Ribu Per Bulan, PPNI : Harusnya 3 Kali Lipat UMP 

2. Tugas perawat

12 Mei Hari Perawat Internasional: Ini SejarahnyaSeorang perawat bekerja di ruang pasien COVID-19 selama tur unit perawatan intensif (ICU) SSM Health St. Anthony Hospital di tengah pandemi penyakit virus corona (COVID-19) di Oklahoma City, Oklahoma, AS, Selasa (24/8/2021) (ANTARA FOTO/REUTERS/Nick Oxford)

Perawat bertugas memberikan perawatan kepada pasien baik dari sisi psikologis maupun fisik agar kondisi kesehatan pasien membaik. Dari sekian banyak jumlah perawat di sebuah rumah sakit, ada beberapa dari mereka yang bertugas memimpin para perawat lainnya agar tugas yang dijalankan sesuai dengan tanggung jawab dan kode etik.

Selain itu, perawat juga mengedukasi pasien serta keluarganya untuk menerapkan gaya hidup sehat agar pasien bisa kembali pulih dan mereka juga turut berpartisipasi dalam berbagai penelitian, hal ini dilakukan agar masa depan dunia keperawatan bisa berkembang.

Pada masa Covid-19, peran perawat ini sangat penting. Bersama dengan tenaga kesehatan lainnya, perawat menjadi garda utama dalam memberikan pelayanan kepada pasien yang menderita Covid-19.

3. Kegiatan spesial di Hari Perawat Internasional

12 Mei Hari Perawat Internasional: Ini SejarahnyaSurya, perawat yang rawat pasien COVID-19 di RS dr GL Tobing Tanjung Morawa, Deli Serdang (Dok.IDN Times/istimewa)

Setiap dirayakannya Hari Perawat Internasional, Dewan Perawat Internasional selalu memberikan informasi publik untuk digunakan oleh perawat. Informasi tersebut berupa laporan, studi kasus, hasil wawancara, dan video.

Selain itu, selalu ada kegiatan dengan tema yang berbeda-beda setiap tahunnya. Tahun lalu, sub tema yang menjadi pembahasan adalah "A Vision for Future Healthcare". Sementara tahun 2022 ini mengangkat tema "Nurses: A Voice to Lead - Invest in Nursing and respect rights to secure global health".

Di kegiatan tahun lalu tersebut, Dewan Perawat Internasional berharap ke depannya akan ada perubahan dan inovasi di masa depa dalam dunia keperawatan.

4. Cara merayakan Hari Perawat Internasional

12 Mei Hari Perawat Internasional: Ini SejarahnyaTenaga medis di RSPP (Dok. Humas RSPP)

Di Amerika Serikat, beberapa waktu lalu para perawat melakukan parade untuk memberi dukungan kepada perawat lainnya selama pandemi Covid-19. Lalu, sebagai masyarakat apa yang bisa kamu lakukan untuk turut berpartisipasi merayakan atau memperingati Hari Perawat Internasional ini?

Tentunya banyak! Pertama, kamu bisa mengungkapkan rasa terima kasihmu lewat sebuah surat dan hadiah sederhana. Di Amerika Serikat sendiri, hal ini kerap dilakukan oleh para pasien saat berada di rumah sakit ketika bertepatan dengan Hari Perawat Internasional.

Selanjutnya, kamu bisa membuat sebuah tulisan di media sosial tentang pentingnya peran para perawat, terutama selama masa pandemi Covid-19 ini. Di mana mereka bekerja tanpa henti, banyak para perawat yang terinfeksi saat berjuang merawat para pasien Covid-19, bahkan ada di antara mereka yang gugur.

Itu dia informasi seputar Hari Perawat Internasional. Tanggung jawab dan jasa para perawat ini besar, untuk itu hargailah mereka saat mereka sedang menjalankan tugasnya.

Baca Juga: 17 Maret Hari Perawat Nasional: Inilah Sejarahnya 

Topic:

  • Bunga Semesta Int
  • Langgeng Irma Salugiasih
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya